Pengertian Persamaan Kata atau Sinonim, Fungsi, Macam Beserta Contohnya

Jum'at, 10 September 2021 12:22 Penulis: Anik Setiyaningrum
Pengertian Persamaan Kata atau Sinonim, Fungsi, Macam Beserta Contohnya
Ilustrasi (Credit:Pixabay)


Kapanlagi Plus - Istilah persamaan kata atau sinonim dalam bahasa Indonesia, seperti bahasa lainnya, bisa tercipta karena pada dasarnya setiap kosakata bisa saling berhubungan. Hal tersebut secara tak langsung menguntungkan penutur dalam berkomunikasi. Dengan adanya persamaan kata, kalian tak perlu menggunakan satu kata secara berulang.

Asal memiliki makna yang sama atau juga bisa mirip, kalian bisa menggunakannya agar tulisan atau pembicaraan yang kalian ungkapkan tak menimbulkan kebosanan. Pembaca atau pendengar pun akan lebih tertarik dengan topik yang kalian sampaikan. Oleh sebab itu, memahami persamaan kata bisa mendatangkan keuntungan bagi kalian.

Sekilas, persamaan kata atau sinonim memang terlihat sederhana. Namun, jika kalian ingin memahaminya lebih jauh, berikut ini terdapat penjelasan secara detail yang cukup menarik untuk disimak. Jika punya pemahaman lebih tentang hal ini, kemampuan kalian dalam mengungkapkan cerita atau gagasan pun akan meningkat.

1. Pengertian Persamaan Kata

Persamaan kata bisa disebut juga sinonim. Secara etimologis, kata sinonim berasal dari bahasa Yunani Kuno syn yang berarti 'dengan' dan onoma yang berarti 'nama'. Dengan begitu, sinonim bisa diartikan sebagai dua kata atau lebih yang memiliki makna sama. Berdasarkan pengertian dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sinonim adalah bentuk bahasa yang maknanya mirip atau sama dengan bentuk bahasa lain.

Kridalaksana dalam buku "Kamus Linguistik" menyatakan bahwa jika suatu kata dapat disubstitusi (diganti) dengan kata lain dalam konteks yang sama dan makna konteks tidak berubah, kedua kata itu dapat dikatakan bersinonim. Pengertian lain menurut Menurut Soedjito dalam buku "Sinonim", sinonimi adalah persamaan arti atau makna, dua kata atau lebih yang memiliki makna sama.

Meski sudah mengetahui beberapa pengertian persamaan kata di atas, diperlukan kepekaan untuk menentukan sinonim suatu kata. Pasalnya, persamaan kata juga punya beberapa macam yang penting untuk diperhatikan. Agar lebih paham, simak penjelasan mengenai macam persamaan kata berikut ini.

 

2. Macam-Macam Persamaan Kata

Persamaan kata atau sinonim punya beberapa macam. Berikut ini merupakan penjelasan tentang macam-macam sinonim yang disertai contohnya agar kalian lebih mudah dalam memahami.

1. Sinonim Selaras

Persamaan kata atau sinonim selaras adalah beberapa kata yang memiliki komponen makna sama, tapi satu di antaranya memiliki komponen makna yang agak luas (berkaitan dengan luas dan sempitnya makna). Terkadang ada satu kata sebagai atasan dan dua atau lebih kata sebagai hiponim dalam satu kelompok yang bersinonim dalam satu kelompok unsur.

Contoh:

-Senjata dan pistol

Kata senjata memiliki acuan yang lebih luas daripada kata pistol. Makna senjata lebih luas dan mencakup makna pistol atau pisau atau senjata tidak hanya terdiri atas dua jenis benda yang disebutkan. Sebaliknya, pistol pasti termasuk jenis senjata dan begitu pula halnya dengan pisau.

2. Sinonim Mutlak

Sinonim mutlak merupakan kata yang mengandung kemiripan semantik satu sama lain. Pasangan kata bisa dikatakan sinonim mutlak jika memiliki makna yang benar-benar sama dalam segala konteks.

Contoh:

Surat kabar-koran

Wanita-perempuan

Orang-manusia

3. Sinonim Kognitif

Sinonim kognitif adalah pasangan kata yang memiliki fungsi sintaksis yang sama, seperti nomina atau verba. Kesamaan makna bisa terjadi dalam satu konteks kalimat, tapi bisa jadi tidak sama dalam konteks lainnya.

Contoh:

-Meninggal dan mati

Pada kalimat "Nenekku meninggal kemarin" dan "Nenekku mati kemarin" mengandung sinonim kognitif. Kata "mati" dan "meninggal" sebenarnya punya makna yang sama, tapi terdapat perbedaan pada kondisinya. Kata "meninggal" lebih halus daripada kata "mati".

 

3. Fungsi Persamaan Kata dalam Bahasa

Persamaan kata dalam bahasa berfungsi untuk menambah variasi pada kalimat. Dengan menggunakan persamaan kata, kalimat yang dibangun bisa lebih bervariatif dan tidak membosankan. Kata-kata yang bersinonim mampu menghidupkan dan mengonkretkan pemakaian bahasa seseorang. Sebagai penutur bahasa, kalian bisa memilih kata yang paling tepat untuk digunakan agar sesuai dengan konsep dan situasi yang ingin disampaikan.

Meski begitu, kalian perlu memahami bahwa tak semua kata dalam bahasa Indonesia mempunyai sinonim. Misalnya, kata beras, salju, batu, dan kuning tidak memiliki sinonim. Ada juga kata-kata yang memiliki persamaan hanya pada bentuk dasar dan tidak pada bentuk jadian. Misalnya, kata benar dengan kata betul, tapi "kebenaran" tidak bersinonim dengan "kebetulan".

Selain itu, ada kata-kata yang tidak memiliki sinonim pada bentuk dasar, tapi bersinonim pada bentuk jadian. Misalnya, kata "jemur" tidak punya sinonim, tapi kata menjemur mempunyai sinonim, yaitu mengeringkan. Ada pula kata yang dalam arti sebenarnya justru tidak mempunyai sinonim, tapi punya dalam arti kiasan. Misalnya, kata "hitam" dalam makna sebenarnya tidak ada sinonimnya, tapi punya sinonim "gelap" dalam arti kiasan.

Dengan memahami fungsi kata persamaan di atas, kalian bisa menentukan diksi atau pilihan kata dengan sesuai.

Nah, KLovers, ternyata persamaan kata tak sesederhana persamaan arti atau makna. Terdapat berbagai faktor, seperti konteks atau kondisi dalam suatu kalimat untuk menentukan kesinoniman suatu pasangan kata.

 

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI