Panduan Doa Keselamatan dalam Islam, Mohon Selamat dari Api Neraka - Saat Bepergian

Diterbitkan:

Panduan Doa Keselamatan dalam Islam, Mohon Selamat dari Api Neraka - Saat Bepergian
Panduan Doa Keselamatan dalam Islam (credit: unsplash)

Kapanlagi.com - Dalam kehidupan seorang muslim, ancaman api neraka merupakan sesuatu yang sangat ditakuti. Karenanya, banyak umat muslim mengharap perlindungan dan keselamatan baik di dunia maupun di akhirat pada Allah SWT. Salah satu cara untuk memohon perlindungan dari api neraka ialah dengan memanjatkan doa keselamatan pada Allah SWT.

Dalam ajaran Islam, memohon perlindungan kepada Allah SWT dari siksa api neraka merupakan bagian dari menjaga kesucian iman. Siksa api neraka, yang disebut dalam banyak ayat Al-Quran dan Hadis, adalah konsekuensi bagi mereka yang melakukan kejahatan dan kemaksiatan. Untuk itu, umat Islam diasuh untuk senantiasa berdoa dan memohon kepada Tuhan mereka agar dijauhkan dari siksa yang pedih tersebut.

Tak hanya pada ancaman api neraka, doa keselamatan juga bisa dipanjatkan untuk melindungi diri dari berbagai mara bahaya lainnya. Setiap muslim, sudah semestinya tahu bacaan doa keselamatan dalam Islam sebagai bentuk keimanan dan kepasrahan pada Allah SWT.

Berikut beberapa bacaan doa keselamatan menurut Islam yang wajib diketahui setiap muslim.

1. Bacaan Doa Selamat dari Siksa Api Neraka

Dalam kerangka keimanan Islam, doa merupakan sebuah benteng spiritual yang kuat. Bacaan doa agar dijauhkan dari siksa api neraka adalah salah satu bagian penting dalam praktek keagamaan sehari-hari bagi umat Islam. Melalui doa ini, seseorang memohon perlindungan kepada Allah SWT agar terhindar dari siksa yang pedih di akhirat. Bukan hanya untuk diri sendiri, namun juga untuk keluarga dan umat manusia pada umumnya.

Doa ini harus dipanjatkan dengan penuh khusyuk dan kesadaran bahwa hanya dengan menjalankan amal kebaikan serta menghindari larangan-Nya, seseorang dapat terhindar dari azab neraka. Nabi Muhammad SAW telah mengajarkan umatnya untuk senantiasa mengingat dan memohon perlindungan dari kepedihan siksa api neraka.

Setidaknya, ada dua doa selamat dari api neraka yang dipanjatkan umat muslim. Keduanya, mempunyai makna yang mulia dan luar biasa. Berikut adalah bacaan doa yang dapat diamalkan

  1. Doa Dijauhkan dari Api Neraka:

"Allahumma ajirni minan-nar."

Artinya:

"Ya Allah, lindungilah aku dari api neraka."

  1. Doa Dijauhkan dari Api Neraka Lainnya:

"Allahumma qini adzabika yauma tabatsu ibadaka"

Artinya:

"Ya Allah, lindungilah aku dari siksa-Mu pada hari Engkau bangkitkan hamba-hamba-Mu."

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Doa Selamat Dunia Akhirat

Doa untuk keselamatan di dunia dan akhirat sangatlah penting bagi umat Islam. Ini adalah doa yang memohon kepada Allah agar diberikan kebaikan, perlindungan, dan keselamatan baik di dunia ini maupun di hari kiamat. Salah satu bacaan doa yang bisa diamalkan adalah sebagai berikut:

"Rabbana aatina fiddunya hasanah wa fil akhirati hasanah wa qina 'azabannar."

Artinya:

Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta lindungilah kami dari siksa api neraka.

3. Doa Selamat dari Fitnah Dajjal

Fitnah Dajjal yang muncul jelang akhir zaman menjadi satu ancaman bagi umat Islam. Karenanya, umat muslim dianjurkan untuk senantiasa berdoa memohon keselamatan dari fitnah Dajjal. Berikut bacaan dan arti doa fitnah Dajjal:

"Allahumma inni a'udzubika min fitnatil-Masih ad-Dajjal."

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari fitnah al-Masih ad-Dajjal."

4. Doa Memohon Selamat dan Lindungan dari Bencana

Kehidupan manusia di dunia sepenuhnya berada di tangan Allah SWT. Maka dari itu, sudah semestinya setiap umat muslim memohon keselamatan kehidupannya, termasuk dari berbagai bencana alam yang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Berikut bacaan dan arti doa selamat dari bencana:

"Bismillahil ladzi laa yadurru ma'ismihi syai'un fil ardli walafissamaa-i wahuwas samii'ul 'aliim."

Artinya:

"Dengan nama Allah yang dengan namanya tidak ada satupun yang membahayakan, baik di bumi maupun di langit, dan Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

5. Doa Selamat saat Bepergian

Saat bepergian atau dalam upaya mendapatkan berbagai kebaikan dalam kehidupan, doa selamat sering dipanjatkan oleh umat Islam. Doa ini merupakan permohonan agar seseorang senantiasa diberikan perlindungan, keberkahan, dan keselamatan dari segala bahaya yang mungkin dihadapi. Contoh bacaan doa saat bepergian adalah:

"Allahumma inna nas'aluka fi safarina haza al-birra wal-taqwa, wa minal 'amali ma tardha."

Artinya:

"Ya Allah, kami memohon kepada-Mu dalam perjalanan ini kebaikan dan ketakwaan, serta amalan yang Engkau ridhai."

Itulah di antaranya ulasan terkait bacaan doa keselamatan dalam agama Islam, meliputi doa selamat dari api neraka, keselamatan dunia akhirat, hingga selamat saat bepergian. Semoga bermanfaat, bisa menambah wawasan khususnya terkait agama Islam, serta bisa meningkatkan keimanan sebagai seorang muslim. Amin.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending