Pangeran Mohammed Yang Tampan Resmi Jadi Putera Mahkota Arab

Kamis, 22 Juni 2017 13:18 Penulis: Agista Rully
Pangeran Mohammed Yang Tampan Resmi Jadi Putera Mahkota Arab
© New York Post

Kapanlagi Plus - Butuh waktu yang tidak sedikit untuk memahami betul silsilah dan hierarki kerajaan Arab Saudi. Namun secara singkat ada tiga jabatan sentral yang berkaitan dengan warisan tahta kerajaan yang dipimpin oleh Raja Salman bin Abdul Aziz tersebut, yakni Raja, Putera Mahkota, dan Wakil Putera Mahkota.

Nah, belum lama ini Raja Salman melantik Putera Mahkota baru yakni putra pertamanya dari istri ketiga, Pangeran Mohammed. Pelantikan si Menteri Pertahanan termuda di dunia sebagai Putera Mahkota bertujuan untuk mengisi kekosongan jabatan yang semula dipegang oleh sang sepupu Mohammed bin Nayef.

Dikutip dari BBC, Mohammed bin Nayef dipecat sebagai Putera Mahkota dan digantikan oleh Pangeran Mohammed. Padahal pergantian putera mahkota ini seharusnya terjadi apabila Pangeran Mahkota terpilih meninggal. Barulah Wakil Putera Mahkota dapat memegang jabatan kosong.

Pangeran Mohammed ditunjuk sebagai Putera Mahkota yang nantinya akan menggantikan Raja Salman memimpin Arab Saudi bila sang Raja meninggal ©  My News HubPangeran Mohammed ditunjuk sebagai Putera Mahkota yang nantinya akan menggantikan Raja Salman memimpin Arab Saudi bila sang Raja meninggal © My News Hub

Jabatan yang dipegang oleh Pangeran Mohammed membuatnya semakin dekat dengan tahta kekuasaan Raja Arab Saudi. Apalagi Raja Salman yang telah berusia 81 tahun dikabarkan mengalami penurunan masalah kesehatan. Sehingga bisa jadi Pangeran Mohammed akan menjabat sebagai Raja Arab Saudi di usia yang masih muda.

Pelantikan Pangeran Mohammed sebagai Putera Mahkota pun telah mendapatkan persetujuan 31 orang dari 34 orang anggota dewan Kerajaan Arab Saudi. Dulunya, Raja Salman juga memegang jabatan Wakil Putera Mahkota dulu sebelum ditahbiskan menjadi Raja Arab Saudi. Like father, like son bukan?

Pangeran Mohammed sendiri dikenal sebagai pangeran dengan kecerdasan di atas rata-rata. Di usia 31 tahun dirinya telah sukses menjadi Menteri Pertahanan sekaligus memegang jabatan kunci di perusahaan minyak negara Arab Saudi, Aramco. Hebat ya?

(kpl/agt)

Editor:

Agista Rully



MORE STORIES




REKOMENDASI