Parade Festival Budaya Bakal Warnai Kemeriahan HUT ke-20 Kota Depok

Kamis, 18 April 2019 09:07 Penulis: Wuri Anggarini
Parade Festival Budaya Bakal Warnai Kemeriahan HUT ke-20 Kota Depok
┬ęShutterstock

Kapanlagi Plus - Fun dan penuh kegiatan menyenangkan. Inilah kata-kata yang tepat buat menggambarkan konsep acara yang bakal memeriahkan HUT ke-20 Kota Depok pada 27 April 2019. Ada sederet festival budaya dan perlombaan yang akan dihadirkan pada perhelatan tersebut, mulai dari parade budaya, pameran, perlombaan Depok Fashion Festival, dan nggak ketinggalan acara social seperti donor darah.

Rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Depok yang ke-20 ini sendiri akan berlangsung mulai 20-28 April 2019. Kemeriahan akan dibuka dengan lomba band antar pelajar SMA/SMK se-kota Depok yang kemudian dilanjutkan oleh lomba senam berlatar musik tradisional di lapangan Balaikota.

“Juga akan ada kegiatan gowes sejauh 20 kilometer dengan lokasi dari Situ ke Situ yang ada di kota Depok. Ini akan melibatkan berbagai komunitas,” jelas Dadang Wihana, Ketua Panitia Hari Jadi ke-20 Kota Depok.

Pada tanggal 20 April itu pula, akan diadakan senam bocah yang melibatkan 20 siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan SD. Kemudian ada kegiatan donor darah dengan melibatkan sebanyak 220 pendonor. Kegiatan tersebut akan diadakan di lapangan Balaikota Depok.

“Di tanggal tersebut juga ada kegiatan kongkow milenial di Hotel Bumi Wiyata. Kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan semangat generasi milenial untuk berkarya,” ujar Dadang.

Kemudian, tanggal 24-26 April akan diadakan lomba hias gapura antar kelurahan. Acara ini akan spesial, karena syarat dari hiasan itu harus daun kelapa dan ornamen-ornamen khas Depok di setiap RT dan RW.

Berikutnya, tanggal 25-27 akan diadakan berbagai pameran yaitu pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), pameran perikanan, dan pameran pendidikan di Balaikota Depok. Jumlah stan yang disediakan sekitar 200 unit.

“Tanggal 26 April juga diadakan kegiatan tapak tilas dengan melibatkan 20 orang yang akan melibatkan 11 kecamatan di kota Depok. Kegiatan ini akan dilakukan dengan membawa pataka Merah Putih dan pataka kota Depok,” terang Dadang.

Puncak peringatan hari jadi kota Depok akan dilangsungkan pada tanggal 27 April. Kegiatan akan diawali dengan upacara bendera. Kemudian dilanjutkan dengan festival budaya dan mobil hias. Kegiatan tersebut terpusat di lapangan Balaikota Depok.

Pada tanggal 28 April, kata Dadang, akan diadakan lomba lari yang melibatkan 2020 pelajar SD dan SMP di kota Depok. Rute yang akan ditempuh dimulai dari Balaikota sampai Simpang Juanda.

“Kemudian ada Depok Fashion Festival (DeFF) di Mal Pesona Square dan great sale 20 persen di pusat-pusat perbelanjaan. Serta Festival Cinangka di Kelurahan Cinangka,” katanya.

Ketua Dekranasda Kota Depok, Elly Farida mengatakan, pelaksanaan kegiatan DeFF direncanakan mulai tanggal 15-28 April di Mal Pesona Square, Jalan Juanda, Depok.

“Kegiatan ini akan berkolaborasi dengan beberapa dinas terkait yaitu Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) dan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM),” tuturnya.

Elly menjelaskan, dalam festival tersebut akan menampilkan berbagai produk kerajinan dari pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) kota Depok. Mulai dari batik, lukisan, dan hasil kerajinan lainnya.

“Melalui festival ini kita ingin mengangkat berbagai potensi yang dimiliki kota Depok, sehingga, bisa dikenal oleh masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut, pada puncak acara Depok Craft Festival, yaitu tanggal 28 April akan diadakan peragaan busana muslim dengan motif batik Depok. Peragaan busana ini akan menampilkan hasil karya dari desainer Kota Depok.

“Busana yang diperagakan nanti adalah hasil desain dari para pemenang lomba desain fashion busana muslim dengan motif batik Depok. Untuk pendaftaran lombanya, sudah kita buka sejak tanggal 18-29 maret 2019,” pungkasnya.

Menpar Arief Yahya memandang setiap event HUT Kota atau Kabupaten itu harus punya dua kekuatan. Pertama kekuatan budayanya, yang biasa disebut dengan cultural value.

Di sisi lain, juga harus bisa menghasilkan economic impact kepada masyarakat sekitarnya. Ini yang oleh Mantan Dirut PT Telkom itu disebut sebagai commercial value, atau financial value. Event itu harus punya nilai keekonomian.

”Bagi masyarakat dan wisatawan yang sedang merencanakan kunjungan ke Depok sebaiknya agendakan hadir dalam event tahunan yang meriah ini. Event ini pun diharapkan bisa majukan Pariwisata di Depok dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan dan pemerataan taraf kesejahteraan Warga Depok dan sekitarnya, salah satunya dari sektor Pariwisata,” kata Menpar Arief Yahya.

(adv/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI