Pariwisata Indonesia Hits Banget di Malaysia, Udah Tahu?

Minggu, 28 April 2019 12:56 Penulis: Ayu Miranti
Pariwisata Indonesia Hits Banget di Malaysia, Udah Tahu?
(c)shutterstock

Kapanlagi Plus - Indonesia memang punya jajaran keindahan alam, budaya serta adat yang luar biasa beragam dan unik. Nggak heran kalau pariwisata Indonesia begitu hits di mancanegara. Begitu juga di Malaysia, ternyata banyak sekali wisatawan di sana yang tertarik banget untuk datang ke Indonesia. Beberapa destinasi yang populer adalah Bali, Lombok, Bromo, Kawah Ijen hingga Raja Ampat.

Potensi pariwisata Indonesia yang begitu dikenal di Malaysia ternyata juga berkat promosi yang sangat masif. Salah satu yang berperan dalam promosi itu, adalah Generasi Wonderful Indonesia (GenWI) Malaysia. Untuk memperkuat posisinya, GenWI Malaysia menggelar Konsolidasi dan Kampanye Wonderful Indonesia, Sabtu (27/4).

Konsolidasi dan Kampanye Wonderful Indonesia digelar di iSpace Green Room, Kuala Lumpur. Hadiri dalam kespatan itu Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Media dan Komunikasi Don Kardono.

“Promosi pariwisata Indonesia di Malaysia luar biasa aktif. Terutama di media sosial. Kita beruntung memiliki GenWI Malaysia. Merekalah yang menggerakkan promosi tersebut melalui platform media sosial. Langkah GenWI sangat membantu. Mereka sangat aktif,” papar Don Kardono.

Diterangkannya, GenWI Malaysia mempunyai lebih dari 20 akun Instagram dengan ribuan follower. Di tahun 2018, GenWI Malaysia mengirim 6000 posting. Dan mempertegas mereka sebagai media promosi wisata Indonesia melalui platform digital.

“Yang harus diingat, GenWI Malaysia baru diresmikan sejak 2017. Hebatnya, GenWI tidak hanya aktif di media sosial. Mereka juga terlibat aktif dalam berbagai event," ujar Don Kardono.

GenWI juga aktif di sport tourism event di Malaysia, kemudian Sales Mission di Kuala Lumpur, serta Travel Axpo Wonderful Indonesia di berbagai kota di Malaysia.

Berbagai rancangan kegiatan juga sudah disiapkan untuk tahun 2019. Seperti melakukan Workshop Wegenerasi GenWI. Sekaligus, merangkul anggota baru. Kehadiran anggota baru diyakini akan semakin memperluas jangkauan promosi Wonderful Indonesia di Malaysia.

Tidak hanya itu. GenWI Malaysia juga akan menggelar Community Marketing dan Community Marketing di Kuala Lumpur. Dua event ini juga menjadi bagian promosi pariwisata Indonesia.

Tidak mengherankan jika Kementerian Pariwisata terus menggoda pasar Malaysia melalui berbagai promosi. Sebab, kunjungan wisman Negeri Jiran ke Indonesia selalu tumbuh positif.

Berdasarkan realisasi wisman pada tahun 2018, kunjungan wisatawan Malaysia ke Indonesia mencapai 2.501.594 (meningkat 17,9% dibandingkan tahun 2017 sebesar 2.121.888).

"Sedangkan untuk di tahun 2019, target Kemenpar untuk pasar Malaysia sebanyak 2.900.000 kunjungan wisatawan, sehingga diperlukan pendekatan yang tepat dan inovatif untuk menggarap pasar ini," tuturnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan tren wisatawan dunia memang telah mengalami pergeseran, menjadi lebih digital.

“Pariwisata adalah sektor utama penyumbang devisa Indonesia. Dan kita harus mengikuti tren wisatawan dunia. Oleh karena itu, kita sudah beralih ke digital untuk promosi. Makanya kita membentuk komunitas GenWI. Semangat genwi adalah untuk mempromosikan pariwisata Indonesia melalui komunitas Indonesia yang ada di negara-negara pasar utama. Terlebih yang memiliki banyak jejaring melalui sosial media,” papar Menpar.

Oleh karena itu, Menteri yang sangat sangat digital itu mengharapkan GenWI untuk aktif mempromosikan pariwisata Indonesia. Caranya, melalui media sosial masing-masing.

“GenWI telah terbentuk di 10 negara. Dan mereka sangat aktif mempromosikan pariwisata Indonesia. Termasuk juga GenWI Malaysia. Kita berharap mereka terus melakukan inovasi dan membuat promosi yang semakin gencar,” harapnya.

Biar pariwisata Indonesia makin hits lagi nih di mata dunia!

 

(kpl/ayu)

Editor:

Ayu Miranti



MORE STORIES




REKOMENDASI