Pengangguran di Finlandia Ternyata Digaji 7,8 Juta Perbulan!

Rabu, 04 Januari 2017 16:18 Penulis: Ferry Sanjaya
Pengangguran di Finlandia Ternyata Digaji 7,8 Juta Perbulan!
Ilustrasi Pengangguran © Nigeriana

Kapanlagi Plus - Menjadi pengangguran tentunya bukanlah sesuatu yang mengenakkan. Namun jika kamu berada di Finlandia, mungkin kamu akan sedikit berlega hati, karena Finlandia akan 'menggaji' warganya yang pengangguran.

Ya, Finlandia bakal menjadi negara pertama Eropa yang akan memberikan uang kepada warganya yang menganggur. Ini merupakan  suatu eksperimen sosial yang diharapkan bisa menurunkan angka kemiskinan.

Eksperimen ini dilakukan kepada 2000 warga yang tidak bekerja, dan dipilih secara acak oleh pemerintah. Eksperimen ini sudah mulai dilaksanakan pada tanggal 1 Januari lalu, dan akan berlangsung selama 2 tahun lamanya.

Salah Satu Sudut Kota Helsinki, Finlandia © FortuneSalah Satu Sudut Kota Helsinki, Finlandia © Fortune


Para pengangguran ini akan diberikan uang sebesar 560 euro setiap bulannya, atau sekitar 7,8 juta rupiah. Meski bagi kita jumlah tersebut terlihat besar, namun bagi warga Finlandia, jumlah tersebut sangat jauh dengan rata-rata pendapatan warga yang sebesar 3500 euro atau sekitaran 49 juta perbulan.

Tujuan eksperimen ini adalah supaya para pengangguran tersebut bisa dan mau bekerja apapun tanpa khawatir kehilangan tunjangan sosial. Di Finlandia, beberapa orang biasanya menolak pekerjaan dengan gaji rendah atau masa kerja yang tak lama, karena takut 'dimakan' oleh sistem jaminan sosial Finlandia yang rumit.

Sementara itu, tingkat pengangguran di Finlandia adalah sebesar 8,1 % hingga bulan November tahun lalu. Penduduk Finlandia sendiri hingga kini tercatat ada sekitar 5,5 juta jiwa.

(for/frs)

Editor:

Ferry Sanjaya



MORE STORIES




REKOMENDASI