Penjelasan Arti Done dalam Bahasa Indonesia, Ketahui Juga Bedanya dengan Do, Does, dan Did

Diterbitkan:

Penjelasan Arti Done dalam Bahasa Indonesia, Ketahui Juga Bedanya dengan Do, Does, dan Did
Ilustrasi (credit: unsplash)

Kapanlagi.com - Bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional, yang digunakan sebagai sarana komunikasi di berbagai negara. Sehingga, penting untuk menguasai bahasa Inggris, atau paling tidak metahui arti beberapa kata, terutama yang biasa dipakai di keseharian. Dari banyaknya kata yang ada, arti done adalah salah satu yang perlu dipahami karena belakangan cukup sering dipakai.

Di Indonesia sendiri, bahasa Inggris sudah jadi mata pelajaran khusus yang diajarkan sejak di bangku SD. Oleh karena itu, meski mungkin tidak fasih dalam berbicara, sebagian kata dalam bahasa Inggris tetap akan terdengar familiar. Apalagi, di era global dan media sosial seperti saat ini, kata-kata dalam bahasa Inggris seolah sudah jadi ragam tersendiri dalam bahasa sehari-hari.

Misalnya, penggunaan kata done yang sudah cukup umum dipakai ketika dua saling berkabar atau melaporkan sesuatu. Lantas, sebenarnya apa arti done dalam bahasa Indonesia? Simak ulasannya berikut ini, yang telah kapanlagi.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Arti Done

Secara umum, dalam kamus arti done dinilai sepadan dengan kata 'selesai', 'sudah', atau 'telah dilakukan' dalam bahasa Indonesia. Oleh karena itu, kata ini seringkali dipakai dalam komunikasi sebagai respons untuk suatu validasi atau konfirmasi.

Dalam bahasa Inggris sendiri, kata done diketahui sebagai bentuk ketiga dari kata "do" atau "does", serta kata "did" sebagai bentuk lampau. Seperti yang kita tahu, kata do tersebut dalam bahasa Indonesia berarti melakukan.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Macam-Macam Arti Done

Dilansir dari fabelia.com, arti done ternyata tidak hanya satu. Sehingga, arti dari kata done dalam suatu kalimat akan tergantung pada konteksnya. Berikut beberapa arti done yang perlu kalian ketahui dan pahami.

1) Done berarti selesai

Kata done bisa berarti 'selesai' apabila konteks kalimatnya menyangkut suatu pekerjaan yang telah dikerjakan.

contoh: My homework si almost done (Pekerjaan rumahku hampir selesai)

2) Done berarti setuju

Kata done bisa berarti 'setuju' apabila konteks kalimatnya menyangkut suatu kesepakatan.

contoh:

Resa: I will give you 5 milion for that job (Saya akan beri kamu 5 juta untuk pekerjaan itu)

Sesa: Done (setuju)

3) Done berarti mengerjakan

Kata done bisa berarti 'mengerjakan' apabila dalam kalimat tersebut berkedudukan sebagai bentuk ketiga dari do.

Contoh: I have done my homework (saya telah menyelesaikan pekerjaan rumah)

4) Done berarti ditolerir

Kata done bisa berarti tolerir apabila bersangkutan dengan tindakan pemakluman.

Contoh: Spitting on the floor is just not done in our society (bagi masyarakat kita meludah sembarangan di lantai, tidak bisa ditolerir)

5) Done berarti matang

Tak saja berkaitan dengan pekerjaan, ternyata arti done juga bisa berarti kematangan pada makanan.

Contoh: Is the food done? (Apakah makanannya sudah matang?)

6) Done berarti habis

Arti done berikutnya bisa berarti habis, hal ini apabila berkaitan dengan kondisi barang yang digunakan secara terus menerus.

Contoh: When the water is done, we will only be able to go on for a few days (Jika airnya habis, kita hanya mampu bertahan beberapa hari)

7) Done berarti tamat

Kata done juga bisa berarti tamat atau berakhirnya sesuatu. Dalam hal ini, done dapat muncul digunakan sebagai bentuk ancaman.

Contoh: If you bang my friend, you are done (Jika kamu memukul temanku, tamat riwayatmu)

8) Done berarti putus

Terakhir, kata done juga bisa dipakai untuk menyatakan berakhirnya suatu hubungan.

Contoh: We done! (kita putus)

 

3. Perbedaan Penggunaan Do, Does, Did, dan Done

Untuk lebih memahami arti done, sebaiknya kalian juga mempelajari arti dan penggunaan dari do, does, dan did. Sebab, dengan mengetahui masing-masing arti dan penggunaannya, kalian tidak akan bingung dan tertukar saat menggunakannya di komunikasi sehari-hari. Selain itu, hal ini juga sangat penting dipelajari karena do, does, did, dan done merupakan kata yang sangat sering dipakai.

1) Penggunaan Do

Do digunakan untuk ubjek I, you, they, dan we (subjek jamak) dalam bentuk present (sekarang).

2) Penggunaan Does

Does digunakan untuk merujuk subjek he, she, dan it (subjek tunggal) dalam bentuk present (sekarang).

3) Penggunaan Did

Did digunakan untuk merujuk subjek I, you, they, we, he, she, dan it (subjek tunggal dan jamak) dalam bentuk past (lampau).

4) Penggunaan Done

Done digunakan sebagai bentuk past participle (bentuk ketiga) untuk menyatakan "telah".

Itulah di antaranya penjelasan macam-macam arti done serta perbedaan penggunaannya dengan do, does, dan did. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan!

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending