Perbedaan Americano dan Long Black, Kopi Hitam yang Bikin Aktivitas Makin Nendang

Senin, 13 Juni 2022 18:55 Penulis: Jeffrey Winanda
Perbedaan Americano dan Long Black, Kopi Hitam yang Bikin Aktivitas Makin Nendang
(c) Shutterstock


Kapanlagi Plus - Dari sekian banyak variasi menu nikmat di coffee shop modern, kopi hitam klasik akan selalu memiliki tempat tersendiri di hati para penikmatnya.

Benar sekali, kopi hitam merupakan comfort drink yang biasa dinikmati ketika di rumah. Bahkan ketika di coffee shop pun, menu kopi hitam seperti americano atau long black tetap diburu dan bikin nagih.

Banyak yang beranggapan jika kopi hitam seperti americano atau long black bikin aktivitas yang dilakukan di coffee shop bisa lebih nendang. Lantas, apa sih perbedaan antara americano dan long black?

1. Americano

Sesuai namanya, menu yang satu ini berasal dari Amerika. Namun tetap saja menu yang satu ini sangat populer di Indonesia.

Americano dibuat dengan cara menyiapkan espresso terlebih dahulu di dalam cangkir. Setelah itu dituangkan air panas sekitar 150ml. Proses ini membuat permukaan Americano nggak meninggalkan crema.

2. Long Black

Pada dasarnya, long black merupakan menu yang sejenis dengan Americano yaitu mengombinasikan espresso dengan air panas. Namun yang membedakan adalah teknik penyajiannya.

Proses penyajian long black dimulai dengan menuangkan air panas sekitar 160ml ke dalam cangkir. Setelah itu baru dituangkan espresso ke dalamnya.

Long black pun identik dengan sisa krema yang masih ada di permukaan kopi. Hal ini bisa terjadi lantaran krema nggak terpecah akibat air panas yang disajikan terlebih dahulu sebelum menuangkan espresso.

3. Perbedaan Rasa yang Dihasilkan

Dari perbedaan proses penyajian antara Americano dan Long Black, tentu saja menghasilkan sensasi rasa yang berbeda pula. Long Black memiliki sensasi rasa yang sedikit lebih kuat dibanding Americano.

Hal ini disebabkan proses pembuatan Long Black yang menuangkan espresso di atas air panas cenderung dominan. Sementara Americano yang menuangkan espresso di awal membuat rasanya terpecah akibat siaraman air hangat. Rasa yang muncul pun juga dipengaruhi oleh crema yang ada.

(kpl/jef)

Reporter:

Jeffrey Winanda



MORE STORIES




REKOMENDASI