Percaya Nggak Kalau Kue Bulan Sebenarnya Nenek Moyang Pia?

Jum'at, 10 September 2021 17:30 Penulis: Iwan Tantomi
Percaya Nggak Kalau Kue Bulan Sebenarnya Nenek Moyang Pia?
Credit via Shutterstock.com

Kapanlagi Plus - Pernahkah berpikir, kenapa mooncake atau kue bulan tidak dimasukkan sebagai salah satu jenis pia? Keduanya memang punya ukuran dan bentuk yang hampir sama. Begitu pula dengan isinya, sama-sama menggunakan pasta dari bahan dasar kacang-kacangan.

Rupanya kemiripan tersebut bukanlah sebuah kebetulan. Banyak yang menyebut jika kue bulan dan pia punya asal muasal sejarah yang sama. Lantas, apakah hal tersebut memang benar adanya?

Kue Bulan Sebagai Nenek Moyang Pia

Credit via Shutterstock.comCredit via Shutterstock.com

Mooncake banyak ditemukan di restoran-restoran lawas Semarang, seperti Phien Thjwan Hiang, Pringgading. Restoran ini masih sering membuat kue bulan Cantonese-style. Selain jenis tersebut, ada pula Suzhou-style dan Tiociu-style yang masih terhitung banyak dijumpai di Semarang hingga sekarang.

Menariknya, Suzhou-stlyle dan Tiociu-style menjadi cikal bakal lahirnya kue pia. Hal ini dikuatkan dengan penyebutan kue bulan dalam dialek Hokkian, Pia, untuk pelafalan 'bing' atau ping dalam bahasa Mandarin.

Sejak saat itu, segala kue yang menyerupai kue bulan di Indonesia disebut sebagai pia. Kue pia ini memiliki kulit lebih renyah dan berlapis-lapis, sebagaimana kue bulan dengan Suzhou-stlyle dan Tiociu-style.

Mulanya Menggunakan Minyak Babi

Credit via Shutterstock.comCredit via Shutterstock.com

Sebelum jadi camilan masyarakat umum, kue pia yang diadaptasi dari kue bulan sebagai nenek moyangnya, menggunakan campuran lemak babi pada lapisan kulitnya. Hal ini tentu tak jadi masalah, karena hanya dikonsumsi masyarakat Tionghoa di Indonesia.

Namun, seiring berkembangnya waktu, kue pia sudah disesuaikan dengan budaya masyarakat di Indonesia. Bahkan, pia-pia modern sekarang ini sudah bebas dari lemak babi. Akan tetapi, bagi yang ingin menikmati pia spesial dengan isian daging babi tentu masih bisa menemukannya.

Kini kue pia bahkan sudah hadir menyesuaikan daerah khasnya masing-masing. Dari bakpia Jogja hingga pia Malang yang sama-sama lezatnya disantap dengan secangkir teh.

Serunya lagi, modernitas juga turut membawa kemudahan, sehingga pesan kue pia bisa dilakukan secara mudah dari rumah. Salah satunya dengan pre-order lewat manisdansedap.com.

Platform yang menjadi bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang juga menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com ini, menghadirkan beragam pilihan kue pie yang begitu menggugah selera, seperti:

Pia Isi Tankwe yang Dibuat dari Labu Putih

Credit: Manis dan Sedap/Pia & Mooncake Sari MurniCredit: Manis dan Sedap/Pia & Mooncake Sari Murni

Pia Kacang Hitam dengan Cita Rasa Klasik

Credit: Manis dan Sedap/Pia & Mooncake Sari MurniCredit: Manis dan Sedap/Pia & Mooncake Sari Murni

Pia Legong Campur Cokelat Keju

Credit: Manis dan Sedap/Pie Susu Asli Enaaak OfficialCredit: Manis dan Sedap/Pie Susu Asli Enaaak Official

Bakpia Kacang Hijau 

Credit: Manis dan Sedap/Bakpia MamahkeCredit: Manis dan Sedap/Bakpia Mamahke

Segera pesan kue-kue pie lezat tersebut di manisdansedap.com. Atau, mau pesan makanan lainnya dengan rasa gurih dan manis misalnya? Tenang, manisdansedap.com masih punya banyak pilihannya. Ini karena platform ini juga menjadi 'etalase' bagi para seller.

Para pemilik UMKM juga bisa memajang jualannya dan bisa melakukan transaksi terpisah dari platform, berkat fitur tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp seller.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI