Pertama Kali Hadir di Perangkat Foldable, Ini 3 Inovasi Samsung Galaxy Z Fold3 yang Semakin Memanjakan Pengguna

Senin, 16 Agustus 2021 08:30 Penulis: Jeffrey Winanda
Pertama Kali Hadir di Perangkat Foldable, Ini 3 Inovasi Samsung Galaxy Z Fold3 yang Semakin Memanjakan Pengguna
(c) Samsung

Kapanlagi Plus - Samsung Galaxy Z Fold3 5G telah resmi dirilis. Dilihat dari seri sebelumnya, device yang satu ini dibekali berbagai pengembangan teknologi terkini yang tentunya memulai babak baru dari inovasi foldable device. Nggak cuma layar lipat dan form factor berkualitas tinggi, Galaxy Z Fold3 juga menawarkan terobosan penting lain bahkan hadir untuk pertama kalinya di sepanjang sejarah foldable gadget. Hasilnya, Samsung Galaxy Z Fold3 5G mampu menawarkan pengalaman multitasking melalui perangkat foldable di tingkat tertinggi.

“Samsung merancang Galaxy Z Fold3 sebagai powerhouse bagi konsumen yang mengharapkan cara-cara baru dalam menjalani produktivitas dan menikmati hiburan. Hal tersebut diwujudkan melalui fitur-fitur pertama di perangkat foldable yang dihadirkan Galaxy Z Fold3, mulai dari under display camera, sertifikasi IPX8 untuk ketahanan air, hingga S Pen. Galaxy Z Fold3 benar-benar menjadi jawaban akan perangkat foldable yang lebih immersive, lebih tangguh, dan lebih serba guna yang selama ini telah dinanti-nanti oleh konsumen,” ujar Selvia Gofar, Head of Product Marketing IT & Mobile Samsung Electronics Indonesia.

Lantas, apa saja inovasi unggulan yang membuat Samsung Galaxy Z Fold3 menjadi gawai lipat paling canggih?

Hadirkan Pengalaman Menonton Tanpa Interupsi Lewat Dukungan Layar Immersive

(c) Samsung(c) Samsung

Samsung Galaxy Z Fold3 hadir dengan layar super lega berupa Infinity Flex Display berukuran 7,6 inci. Nggak main-main, pemberian nama "infinity" ini pun lantaran Samsung benar-benar menghadirkan layar penuh tanpa interupsi notch maupun punch hole. Hal ini dapat terealisasi berkat teknologi under display camera dari Samsung yang pertama kali hadir di foldable device.

Samsung juga telah menyematkan teknologi under display camera sedemikian rupa dengan mengurangi jumlah piksel yang terdapat di bagian atas kamera. Sementara itu, jarak piksel yang berada di bagian atas kamera juga telah dioptimalkan untuk memungkinkan cahaya melewati celah kamera. Dengan demikian, didapatkan smartphone lipat dengan tampilan lebih luas untuk menonton film, bermain game, melakukan video call, hingga menggunakan facial recognition dengan lebih seamless.

Layar immersive yang diusung dengan under display camera di Samsung Galaxy Z Fold3 juga semakin lengkap dengan pemanfaatan teknologi layar Eco². Dengan teknologi ini, dihasilkan tingkat kecerahan lebih tinggi 29% dibanding edisi Samsung Galaxy Z Fold2 meskipun memiliki konsumsi energi yang lebih rendah. Pengguna pun bsia menikmati layar lebih responsif dan scrolling mulus berkat Super Smooth 120 Hz. 102Hz Adaptive refresh rate ini pun bisa dinikmati di Cover Screen yang telah dikembangkan.

Samsung Galaxy Z Fold3 Jadi Smartphone Foldable Pertama yang Mendapat Sertifikasi Tahan Air

(c) Samsung(c) Samsung

Rentetan inovasi teranyar nggak cuma tersemat di bagian layar. Samsung Galaxy Z Fold3 pun menjadi smartphone foldable pertama yang mendapatkan sertifikasi IPX8. Dengan tingkat ketahanan air yang sama baiknya dengan Galaxy S, Samsung Galaxy Z Fold3 bakal memberikan kenyamanan dan rasa aman bagi pengguna saat gadget ini tersiram air di aktivitas sehari-hari. Sertifikasi IPX8 ini sendiri diberikan melalui serangkaian uji coba perendaman di air tawar pada kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Jika biasanya foldable smartphone identik dengan kompleksitas berupa celah diantara bagian yang telipat, Samsung pun memproteksi area ini secara detail. Celah antara bodi dan engsel didesain sekecil mungkin. Sementara itu, komponen elektronik dalam Samsung Galaxy Z Fold3 juga diberikan lapisan karet khusus agar terlindungi dari potensi air yang masuk. Nggak cuma itu, bagian engsel pada device ini juga diberi lapisan anti karat yang melindungi dari potensi korosi. Detail kecil yang diperhatikan Samsung ini pun akan semakin memberikan rasa aman dan nyaman bagi para penggunanya.

Maksimalkan Produktivitas dan Kreativitas dengan S Pen Pertama di Foldable Smartphone

(c) Samsung(c) Samsung

Dengan layar super lega dan immersive tanpa adanya interupsi, Samsung Galaxy Z Fold3 pun diibaratkan sebagai device layaknya tablet versi mobile dan bisa dibawa kemanapun. Meski begitu, kurang lengkap rasanya jika performa ala tablet ini nggak didukung dengan produktivitas lengkap seperti S Pen. Samsung Galaxy Z Fold3 pun menghadirkan S Pen yang telah dicintai penggemar gadget Samsung untuk menjadikannya sebagai foldable smartphone yang powerful.

Ada banyak hal yang bisa digunakan pengguna berbekal S Pen di Samsung Galaxy Z Fold3 ini. Seperti menulis catatan sambil melakukan video call, hingga memeriksa to-do list saat membaca email. Menariknya, S Pen ini hadir dengan fitur Pen to text yang membuat pengguna bisa menyempurnakan tulisan dengan waktu cepat hanya dengan gerakan simpel tanpa typing yang ribet.

S Pen yang dihadirkan untuk Samsung Galaxy Z Fold3 ini pun muncul dalam dua varian, yaitu S Pen Fold Edition dan S Pen Pro, sesuai dengan kebutuhan user. Samsung juga memastikan bahwa ini adalah pengalaman S Pen paling mutakhir hingga saat ini, yang membuat pengalaman menulis, menggambar, mengedit dokumen, hingga berkirim pesan menjadi lebih seamless dan intuitif. Hal ini bisa terjadi berkat kedua versi S Pen yang dibekali Pro tip lebih lembut dan force limit technology guna melindungi layar dari tekanan berlebih serta latensi rendah.

(c) Samsung(c) Samsung

Dapatkan sensasi luar biasa dari foldable smartphone paling canggih dalam bentuk Samsung Galaxy Z Fold3 mulai harga Rp24.999.000 (12GB/256GB) dan Rp26.999.000 (12GB/512GB). Samsung Galaxy Z Fold3 hadir dengan tiga pilihan warna seperti Phantom Black, Phantom Green, dan Phantom Silver.

(c) Samsung(c) Samsung

Kamu bisa melakukan pre-order melalui www.galaxylaunchpack.com atau Indosat Gallery dan XL Center hingga 29 Agustus 2021. Dapatkan penawaran khusus hingga Rp5.239.000 berupa proteksi Samsung Care+ selama satu tahun, e-voucher hingga Rp1.500.000 untuk pembelian aksesori di Samsung e-Store, dan cashback dari bank tertentu hingga Rp1.000.000. Selain itu, tersedia juga program buy-back 60% untuk pembelian smartphone foldable seri berikutnya di tahun depan dan program cicilan 0% sampai 24 bulan melalui mitra-mitra bank berikut: Mandiri, BRI, Panin Bank, Citibank, HSBC, BCA, Maybank, BNI, DBS, CIMB Niaga, OCBC, Standard Chartered, dan Bank Mega. Dapatkan informasi lengkap dari Samsung Galaxy Z Fold3 dengan klik di sini.

(kpl/jef)

Reporter:

Jeffrey Winanda



MORE STORIES




REKOMENDASI