Podcast Adalah Sebuah Media Konten, Berikut Sejarah, Jenis Cara Membuatnya

Kamis, 02 September 2021 16:22 Penulis: Dhia Amira
Podcast Adalah Sebuah Media Konten, Berikut Sejarah, Jenis Cara Membuatnya
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Saat ini podcast menjadi sebuah hiburan yang sangat digemari dalam konten media. Bahkan pembahasan yang unik dan menarik bisa membuat podcast jadi banyak penonton loh. Podcast adalah sebuah hiburan yang saat ini digemari oleh berbagai kalangan, bahkan podcast bisa menjadi sebuah sumber informasi baru bagi masyarakat, terutama untuk pembahasan yang unik dan informatif.

Tentu saja podcast saat ini bukan menjadi hal yang tabu, bahkan bagi anak millenial, podcast menjadi sebuah pilihan dalam hiburan konten. Bagi kalian yang ingin membuat sebuah podcast, tentu kalian harus tahu tentang pengertian podcast dan jenis-jenisnya. Sehingga kalian bisa memulai podcast tanpa asal-asalan. Ada banyak kok jenis podcast yang bisa kalian pilih bila ingin membuat podcast sendiri.

Nah, untuk itu telah dilansir dari berbagai sumber, inilah pengertian podcast beserta dengan jenis dan cara membuatnya. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Pengertian Podcast

Podcast adalah hasil rekaman audio yang membahas suatu topik tertentu, seperti bisnis atau perjalanan yang dapat didengarkan. Podcast dapat didengarkan oleh khalayak umum melalui media internet. Berbeda dengan radio yang harus dilakukan dan ditayangkan secara langsung dalam frekuensi tertentu.

Namun, podcast dapat diimplementasikan kapanpun serta dapat didengarkan melalui berbagai media elektronik yang ada. Podcast banyak digunakan oleh masyarakat untuk mendengarkan berita, ilmu pengetahuan, dan sharing ilmu pengetahuan yang bersifat dapat diulang. Podcast menjadi salah satu konten yang cukup diminati, karena kontennya dapat didengarkan kapan saja.

Saat ini kita juga dapat menggunakan podcast melalui aplikasi pihak ketiga yang dinamakan dengan Anchor. Karena sifatnya yang on-demand, podcast sangat digemari oleh pengguna internet saat ini daripada mendengarkan siaran dari radio yang memiliki keterbatasan dalam akses, frekuensi, serta waktu.

 

2. Sejarah Podcast

Setelah mengetahui pengertian dari podcast, kalian juga perlu tahu nih tentang sejarah podcast sendiri. Yup! Ternyata podcast ditemukan dalam waktu dekat ini loh. Sejarah mengenai Podcast pertama kali muncul dalam artikel buatan Ben Hammersley di surat kabar The Guardian pada tahun 2004 lampau.

Podcast sendiri awalnya berasal dari kata Pod yang merupakan singkatan dari kata Playable on Demand. Podcast pada awalnya memang dirancang untuk dapat diputar pada gadget melalui sistem iOS seperti Mac dan juga iPod. Podcast ini diadopsi oleh perusahaan Apple, pada produk iPod dan Apple Podcasts. Kemudian, Apple merilis fitur podcast pada tahun 2005.

Siaran audio tersebut sudah bermunculan pada berbagai jaringan radio yang ada, seperti BBC, NPR, CBC Radio One, dan lain sebagainya. Untuk sekarang, tidak hanya perusahaan besar yang dapat menayangkan sendiri podcastnya, namun masyarakat biasa juga dapat melakukannya sendiri. Podcast pun semakin populer dari tahun ke tahun dan mencapai puncak popularitasnya pada 2007 lalu.

Podcast pun terus berkembang cepat sampai dengan saat ini. Dengan perkembangan zaman yang sekarang makin canggih, cara mengakses dan berlangganan podcast pun menjadi semakin mudah. Sistem akses yang fleksibel inilah yang semakin membuat Podcast menjadi banyak diakses oleh para pendengar. Apalagi saat ini di Indonesia pun, podcast menjadi salah satu pilihan untuk sebuah hiburan dan sumber informasi.

 

3. Jenis Podcast

Ternyata podcast sendiri memiliki 3 jenis loh. Y, mungkin dari kita banyak yang tidak tahu akan hal ini. Namun nyatanya podcast sendiri memiliki 3 jenis. Dan berikut ini beberapa jenis podcast yang bisa kalian ketahui:

1. Interview podcast

Untuk jenis podcast yang pertama yaitu ada, interview podcast. Podcast jenis ini merupakan podcast dimana host akan melakukan sesi wawancara kepada tamu atau narasumber yang berbeda setiap episodenya.

2. Solo podcast

Kemudian yang kedua yaitu ada solo podcast. Ya, podcast jenis ini merupakan podcast yang dilakukan oleh host sendiri atau monolog. Tujuan dari solo podcast sendiri adalah untuk menyampaikan sebuah opini, berbagi informasi, atau melakukan sesi tanya jawab. Dimana, dilakukan oleh host dan pendengar.

3. Multi host podcast

Dan yang terakhir yaitu ada multi host podcast. Ya, podcast jenis ini merupakan podcast yang memiliki host lebih lebih dari satu orang. Tujuan dari multi host podcast sendiri adalah untuk menawarkan diskusi dan mempunyai pendapat serta perspektif yang berbeda, untuk mengembangkan diskusi yang lebih menarik.

4. Manfaat Podcast

Bukan hanya menjadi sebuah hiburan semata, nyatanya manfaat podcast ada banyak loh. Selain dapat dengan mudah diakses kapanpun, podcast juga dapat mengatur topik dari tayangan audio yang ingin kalian dengarkan. Ya, kalian bisa mulai dari topik ringan, tentang pendidikan, musik, diskusi, dan sebagainya. Berikut beberapa manfaat dari podcast tersebut:

1. Banyak pilihan topik

Ya, manfaat yang pertama yaitu, podcast memiliki banyak sekali topik bahasa yang digunakan, mulai dari kategori komedi, musik, film, politik. Tentu ini bisa menjadi hiburan sekaligus sumber informasi yang baik, bahkan dapat menjadi sebuah ilmu baru.

2. Tidak menayangkan iklan

Berbeda dengan radio yang selalu menyelipkan iklan, podcast tidak memiliki iklan. Sehingga hal ini tentu akan membuat kita sebagai kontennya akan terasa lebih nyaman dan fokus dalam pembahasan di podcast tersebut.

3. Fleksibel dan bisa didengarkan di mana saja

Dan yang terakhir yaitu, podcast dapat didengar tanpa batasan waktu dan tempat. Podcast juga dapat diakses ketika berangkat atau pulang kerja, sebelum tidur, atau ketika merasa bosan. Jadi kalian bisa memilih waktu yang nyaman saat ingin mendengarkan sebuah podcast.

5. Cara Membuat Podcast Sendiri

Dan yang terakhir yaitu, kalian bisa membuat sendiri podcast yang kalian inginkan. Kalian bisa memilih jenis aplikasi apa yang ingin kalian gunakan untuk menyiarkan podcast milik kalian. Dan berikut beberapa tahapan dalam pembuatan podcast. Yuk langsung saja dicek:

1. Menentukan tema

Ya, untuk cara membuat podcast yang pertama yaitu dengan menentukan tema. Banyak podcast ditayangkan secara massal melalui layanan musik digital. Beberapa media podcast biasanya menyediakan tayangan berdasarkan kategori semacam komedi, berita politik, komentar olahraga, musik, film dan lain-lain. Pilihlah topik atau niche yang sesuai dan sebisa mungkin kalian memahami materi yang nantinya akan dilakukan.


2. Menyiapkan tempat

Tahapan yang kedua yaitu dengan menyiapkan tempat atau studio khusus yang kedap suara. Hal ini agar saat recording Podcast tidak ada noise (gangguan). Sehingga yang menonton ataupun yang mendengarkan podcast tidak merasa terganggu.


3. Menyiapkan peralatan

Kemudian cara membuat podcast yang ketiga yaitu dengan menyiapkan peralatan untuk podcast. Peralatan podcast sendiri ada, microphone, audio recording, software editing, dll. Tentukan peralatan yang sesuai dengan kebutuhan kalian.


4. Menentukan niche

Selanjutnya yaitu pilih niche podcast dengan memilih topik yang dikuasai agar mempermudah dalam proses pembuatan Podcast. Kalau kalian tidak paham sama sekali tentang bola, maka kalian pilih hal yang mungkin kalian pahami, misalnya saja seni. Itu agar kalian tidak kualahan saat menentukan sebuah pertanyaan.


5. Menguasai materi

Hal penting dalam sebuah podcast yaitu, menguasai materi. Ya, dengan menguasai materi yang akan dibawakan sebelum merekam akan membuat podcast lebih menarik. Lebih baik lagi jika membuat naskah untuk lebih memperlancar proses rekaman.


6. Edit hasil podcast

Dan yang terakhir yaitu, dengan melakukan editing hasil podcast. Memaksimalkan hasil recording yang telah jadi tentu akan berfungsi untuk mempertahankan volume yang konsisten, menambahkan intro dan outro, memperbaiki kesalahan dan menghilangkan celah udara kosong. Kalian bisa menggunakan aplikasi untuk membantu memperlancar editing hasil rekaman podcast.

Itulah pengertian dari podcast, beserta dengan sejarah, pengertian, dan cara membuatnya. Tentu setelah mengetahui banyak tentang info podcast ini, kalian bisa mulai membuat podcast secara profesional.

 

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI