Polisi Queensland Punya Senjata Untuk Menumbangkan Drones di Commonwealth Games

Selasa, 27 Maret 2018 14:18 Penulis: Natanael Sepaya
Polisi Queensland Punya Senjata Untuk Menumbangkan Drones di Commonwealth Games
DroneGun © DroneShield

Kapanlagi Plus - Sekarang ini ada banyak banget orang yang mulai menggemari drone. Selain karena bentuknya yang semakin ringkas, drone juga memudahkan orang-orang untuk mengabadikan berbagai momen penting, baik dalam foto ataupun video. Tapi nggak sedikit juga yang memanfaatkannya untuk hal lain.

Misalnya saja nih, drone bisa dipakai untuk merekam sebuah pertandingan olahraga penting dan kemudian disiarkan secara gratis untuk umum. Menyenangkan, tapi broadcast partners kan jadi rugi. Karena itu dilansir dari Buzzfeed, saat ini Kepolisian Queensland dibekali senjata untuk menumbangkan drone yang tengah mengudara.

Menteri Australia, Hon Christopher Pyne, juga ikutan berpose dengan senjata penakluk drone ini lho! © buzzfeed.com/DroneShieldMenteri Australia, Hon Christopher Pyne, juga ikutan berpose dengan senjata penakluk drone ini lho! © buzzfeed.com/DroneShield

Hal ini dilakukan untuk mengamankan jalannya acara di Commonwealth Games pada bulan April mendatang dan tentu saja agar tidak merugikan broadcast partners karena hak siarnya yang dicuri oleh para pelaku drone. Menariknya, senjata ini sama sekali nggak akan menghancurkan drone lho.

DroneShield selaku perusahaan yang memproduksi senjata itu menjelaskan kalau senapan buatan mereka hanya menembakkan sinyal yang membuat drone lumpuh dan kembali ke titik awal mereka mengudara. Selain itu, senjata ini juga bisa membuat drone cuma melayang di udara atau langsung mendarat sesuai dengan kontrol jarak jauhnya, bukan langsung jatuh ke tanah.

Presiden Perancis, Emmanuel Macron, juga nggak mau kalah kok © buzzfeed.com/DroneShieldPresiden Perancis, Emmanuel Macron, juga nggak mau kalah kok © buzzfeed.com/DroneShield

Senjata penumbang drone ini juga bakal melumpuhkan kamera yang ada lho. Pasti berguna banget untuk menghabiskan drone liar yang berusaha merekam sebuah acara dan menyiarkannya secara gratis. Bahkan beberapa waktu lalu Polisi juga berhasil menemukan sebuah drone yang berjarak beberapa ratus meter dari batas pengecualian yang telah diatur khusus untuk Commonwealth Games.

Hanya saja pihak Kepolisian Queensland sendiri enggan membahas berapa biaya yang mereka keluarkan untuk menggunakan teknologi keren yang bisa melumpuhkan drone liar. Nah, kalau kamu termasuk orang yang suka merekam sebuah event besar seperti Commonwealth Games tanpa izin, hati-hati lah.

(buz/ntn)

Editor:

Natanael Sepaya



MORE STORIES




REKOMENDASI