Prestasi & Fakta Unik Lilyana Natsir, Apa Yang Dilakukan Setelah Pensiun?

Minggu, 27 Januari 2019 18:35 Penulis: Rahmi Safitri
Prestasi & Fakta Unik Lilyana Natsir, Apa Yang Dilakukan Setelah Pensiun?
Lilyana Natsir © instagram.com/natsirlilyana


Kapanlagi Plus - Lilyana Natsir adalah salah satu atlet kebanggaan Indonesia dari cabang bulutangkis. Tepat di final ajang Indonesia Masters 2019, wanita yang biasa disapa Butet ini memutuskan untuk mengakhiri karir internasionalnya di lapangan badminton. Sayangnya di final, Butet yang berpasangan dengan Tontowi Ahmad gagal meraih gelar juara setelah kalah tiga set dari pasangan ganda campuran asal China.

Awal mula kiprah Butet di bulutangkis dimulai saat ia bergabung dengan PB Pisok Manado saat ia masih berusia 9 tahun. Tiga tahun kemudian ia memutuskan untuk lebih menyeriusi bulutangkis dengan bergabung PB Tangkas, Jakarta. Perjuangannya tak sia-sia karena di 2002, Butet berhasil masuk pelatnas.

Pasangan pertamanya di ganda campuran adalah Markis Kido, yang kemudian lebih dikenal sebagai salah pemain ganda putra. Tapi prestasi demi prestasi mulai ditorehkannya setelah dipasangkan dengan Nova Widianto. Bersama Nova, Butet pernah meraih dua kali juara dunia dan medali perak Olimpiade.

Setelah Nova pensiun, Butet sempat dipasangkan dengan Delvin Lahardi Fitriawan, sebelum akhirnya bersama dengan Tontowi atau Owi sampai pensiun. Bersama Owi, karir Butet makin melesat. Ia berhasil tiga gelar All England, dua kali juara dunia, dan emas di Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Buat yang belum tahu, Butet juga sempat bermain untuk nomor ganda putri dan berpasangan dengan Vita Marissa. Meski tak lama, tapi Butet dan Vita sempat meraih tiga gelar juara termasuk emas Sea Games dan Indonesia Open 2008.

(kpl/pit)

Editor:

Rahmi Safitri



MORE STORIES




REKOMENDASI