Primbon Jawa Cara Membuka Mata Batin, Sikapi Secara Bijak - Pahami Konsekuensinya

Diterbitkan:

Primbon Jawa Cara Membuka Mata Batin, Sikapi Secara Bijak - Pahami Konsekuensinya
Primbon Jawa Cara Membuka Mata Batin (credit: unsplash)

Kapanlagi.com - Mata batin jadi istilah sepertinya sudah tak begitu asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Secara umum, mata batin dikenal sebagai kemampuan untuk melihat hal-hal tak kasat mata di luar dunia fisik. Mata batin sangat dekat dengan dunia mistis. Tak semua orang mempunyai kemampuan mata batin. Namun menurut primbon Jawa diyakini ada beberapa cara membuka mata batin.

Mata batin juga dikenal dengan istilah indera keenam. Mata batin atau indera keenam membuat seseorang mempunyai kemampuan supranatural melihat berbagai hal yang tak bisa dilihat dengan mata telanjang, seperti roh, aura, bahkan peristiwa masa depan. Karenanya, tak heran banyak orang yang penasaran dan ingin mencoba cara membuka mata batin menurut primbon Jawa.

Dalam primbon Jawa, dipercaya ada beberapa cara atau ritual yang bisa ditempuh untuk membuka mata batin. Penasaran, seperti apa penjelasannya? Untuk mengetahuinya, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Pengertian Mata Batin

Mata batin atau yang sering disebut juga sebagai indera keenam adalah kemampuan supranatural atau batiniah. Mata ketiga secara visualisasi diyakini pada ruang di antara alis. Kemampuan ini tidak dimiliki oleh setiap individu, sehingga sering kali dianggap sebagai sebuah keistimewaan. Bagi yang mempunyai mata batin, mereka diyakini dapat merasakan energi-energi yang tidak terlihat oleh mata kasar.

Selain untuk melihat hal-hal yang tak bisa dilihat dengan mata telanjang, mata batin juga mempunyai banyak manfaat dalam kehidupan. Salah satunya, mata batin kerap digunakan dalam praktik penyembuhan, peramalan, dan sebagainya. Berfungsinya mata batin memungkinkan seseorang untuk mengakses pengetahuan dalam diri kita dan terhubung dengan dunia di sekitar kita dengan cara yang lebih mendalam.

Meskipun bisa dianggap sebagai kemampuan spiritual, memiliki mata batin juga bisa berpotensi membawa risiko. Pasalnya, penggunaan mata batin diyakini dapat menguras tenaga dan juga energi. Selain itu, mata batin juga membuat seseorang terlalu peka terhadap perasaan orang lain, yang bisa menyebabkan stres dan kelelahan emosional. Kemampuan ini juga bisa menarik perhatian entitas spiritual yang mengganggu kedamaian seseorang, menciptakan pengalaman negatif seperti kehadiran energi negatif atau roh jahat yang membuat ketidaknyamanan.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Cara Membuka Mata Batin Menurut Primbon

Menurut primbon Jawa, ada cara-cara yang bisa dilakukan untuk membuka mata batin, berikut beberapa di antaranya:

1. Meditasi

Melalui meditasi, seseorang dapat mereset pikiran dan emosi mereka sehingga lebih mudah untuk merasakan energi-energi halus yang ada di sekitar mereka. Sedangkan dengan yoga, seseorang dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental mereka sehingga lebih mudah untuk mencapai keadaan pikiran yang tenang dan fokus.

2. Ritual Puasa

Ritual puasa juga diyakini bisa menjadi jalan membuka mata batin. Namun puasa dalam hal ini bukan sebatas menahan makan dan minum, melainkan menahan diri dari godaan dan pikiran negatif selama beberapa hari. Dalam berpuasa membuka mata batin, juga dianjurkan untuk berusaha menjaga keseimbangan energi di dalam tubuh melalui pola makan yang sehat dan menghindari makanan atau minuman yang dapat mengganggu keseimbangan energi.

3. Melakukan Aktivitas Fisik

Selain meditasi dan puasa, cara membuka mata batin atau indera keenam juga dapat dilakukan melalui olahraga atau aktivitas fisik lainnya. Gerakan-gerakan yoga yang terfokus pada energi dalam tubuh, seperti yoga, dapat membantu dalam membuka mata batin. Selain itu, mempelajari seni bela diri tertentu juga dipercaya dapat membantu menguatkan indera keenam ini.

4. Melakukan Ritual Khusus

Selain itu, ada ritual khusus yang bisa dilakukan untuk membuka mata batin yang diyakini berada di antara kedua alis. Cara ritual tersebut dilakukan dengan membayangkan seperti membuka seperti bunga mekar berada di titik tersebut. Untuk membantu ritual tersebut tak jarang digunakan bantuan batu kristal atau lapis lazuli. Benda-benda tersebut diyakini bisa membantu mengaktifkan dan menyeimbangkan cakra mata ketiga.

3. Weton dengan Keistimewaan Mata Batin Terbuka

Menurut primbon Jawa, diyakini ada beberapa weton yang diberkahi khusus berupa mata batin yang mudah untuk dibuka. Berikut beberapa weton yang diyakini bisa dengan mudah membuka mata batin.

1. Selasa Kliwon

Orang yang lahir pada Weton Selasa Kliwon disebut memiliki kelebihan untuk memahami hal-hal gaib. Mereka dikatakan dapat melihat roh, makhluk halus, dan juga memiliki kemampuan meramal nasib seseorang.

2. Jumat Kliwon

Orang yang lahir pada Weton Jumat Kliwon juga dikatakan memiliki mata batin yang kuat. Mereka seringkali memiliki visi yang jelas tentang sesuatu yang akan terjadi di masa depan.

3. Minggu Legi

Orang yang lahir pada Weton Minggu Legi dipercaya memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan alam jin dan roh. Mereka seringkali menjadi perantara antara dunia manusia dan dunia gaib.

4. Sabtu Pahing

Orang yang lahir pada Weton Sabtu Pahing memiliki kemampuan untuk melihat kejadian masa lalu, sekarang, maupun masa depan dengan mata batin mereka. Mereka seringkali memberikan petunjuk atau nasihat kepada orang lain berdasarkan kejadian yang mereka lihat.

Itulah di antaranya beberapa penjelasan cara membuka mata batin menurut primbon Jawa. Semoga bermanfaat dan bisa disikapi secara bijak.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP KAPANLAGI.COM BIAR NGGAK KETINGGALAN UPDATE DAN BERITA TERBARU SEPUTAR DUNIA HIBURAN TANAH AIR DAN JUGA LUAR NEGERI. KLIK DI SINI YA, KLOVERS!

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending