Primbon Jawa Lengkap, Rejeki Dilihat dari Hari Lahir dan Cara Menghitungnya

Diterbitkan:

Primbon Jawa Lengkap, Rejeki Dilihat dari Hari Lahir dan Cara Menghitungnya
Ilustrasi Primbon Rejeki Dilihat dari Hari Lahir dan Cara Menghitungnya (credit: pixabay.com)

Kapanlagi.com - Bagi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jawa, tentu mengenal tentang primbon. Ya, primbon adalah sebuah buku yang di dalamnya terdapat ramalan tentang kehidupan manusia di dunia. Terutama, primbon Jawa lengkap rejeki.

Ya, primbon Jawa lengkap rejeki ini bisa kalian lihat dari hari lahir ya KLovers. Kalian bisa melihat dari hari lahir neptu, dan juga hari lahir weton. Kalian juga bisa menghitung hari lahir kalian, apakah pembawa keberuntungan, terutama dalam rejeki.

Untuk itu, dilansir dari berbagai sumber, inilah penjelasan tentang primbon Jawa lengkap rejeki, beserta dengan cara menghitungnya dilihat dari hari lahir. Yuk, langsung saja dicek KLovers.

1. Neptu Primbon Jawa

Neptu Jawa erat kaitannya dengan weton serta primbon, sebab ketiganya saling berhubungan untuk membaca suatu hal sesuai dengan kepentingan seseorang. Arti neptu jawa adalah nilai tertentu dari masing-masing hari dari hari Senin hingga Minggu atau tujuh hari dalam seminggu.

Dan nilai dari hari pasaran dalam Jawa yaitu lima hari dalam satu minggu. Ya, dengan mengetahui neptu hari kelahiran dapat membantumu mengecek peruntungan rezeki yang dimiliki. Adapun beberapa hari kelahiran dengan neptunya dapat kalian simak sebagai berikut:

1. Minggu nilainya adalah (5)

2. Senin nilainya adalah (4)

3. Selasa nilainya adalah (3)

4. Rabu nilainya adalah (7)

5. Kamis nilainya adalah (8)

6. Jumat nilainya adalah (6)

7. Sabtu nilainya adalah (9)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Weton Primbon Jawa

Bagaimana dengan weton Jawa? Dalam primbon Jawa lengkap rejeki, arti weton sendiri adalah kata dalam bahasa Jawa yang artinya adalah hari kelahiran. Weton Jawa dihitung dengan cara menggabungkan hari dalam seminggu dengan lima hari pasaran Jawa.

Hari dalam satu minggu adalah Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu, sedangkan hari pasaran Jawa ada lima yaitu Pahing, Kliwon, Wage, Legi dan Pon. Jadi saat berbicara weton, seseorang akan ditanyai hari apa dia lahir dan bertepatan dengan hari pasarannya.

Mengetahui weton kelahiran beberapa orang meyakini bahwa fungsinya bisa menentukan hari baik, mengetahui peruntungan baik, mengetahui watak dan kepribadian. Sedangkan ada beberapa jenis Weton yang dikenal masyarakat. Berikut ini weton primbon Jawa tersebut:

1. Legi nilainya adalah (5)

2. Pahing nilainya adalah (9)

3. Pon nilainya adalah (7)

4. Wage nilainya adalah (4)

5. Kliwon nilainya adalah (8)

3. Cara Menghitung Neptu Weton

Setelah mengetahui penjelasan dan jumlah dari weton dan juga neptu. KLovers juga bisa mengetahui bagaimana cara menghitung primbon Jawa lengkap rejeki. Cara menghitungnya juga mudah kok KLovers.

Apabila kalian lahir pada hari Senin dengan weton Legi, maka hasil dari neptu weton adalah 4 + 5= 9. Itulah jumlah neptu weton kelahiran yang bisa kalian cek peruntungan rezeki.

Selain itu untuk mengecek seperti apa Primbon Jawa tanggal lahir berdasarkan peruntungan dan rezeki secara praktis dapat dilakukan dengan mengunjungi sejumlah situs Primbon Jawa.

Sebut saja seperti situs Primbon.com yang mana ada langkah untuk menghitung weton kelahiran berdasarkan Primbon Pal Srigati. Pasalnya, ada beberapa situs yang umum digunakan untuk mengetahui peruntungan rezeki, jodoh, dan hari baik.

4. Cara Menghitung Rezeki Menurut Primbon

Secara umum, primbon Jawa mengungkap bahwa besar rezeki seseorang disebut sebanding dengan jumlah neptunya. Artinya, semakin besar angka neptu, maka diyakini besar juga peluang rezekinya.

Namun, primbon Jawa secara lebih lanjut juga mengungkap cara menghitung rezeki. Adapun hitungan rezeki primbon Jawa juga dilakukan dengan sebuah metode hitungan khusus melibatkan neptu weton. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan membagi "jumlah neptu" dengan bilangan 5. Dari hasil pembagian ini, akan diperoleh angka sisa yang dipergunakan sebagai referensi untuk melihat prediksi atau ramalan rezeki primbon.

Sebagai contoh:

Seseorang dengan weton Senin Legi, sehingga neptunya adalah 9. Jika dimasukkan ke dalam rumus:

9 : 5 = 1 (sisa 4)

Angka sisa 4 inilah yang dipergunakan untuk dicocokkan dengan daftar isi ramalan rezeki primbon berikut ini:

- Sisa 1 Disebut "Sri"

Kata "sri" berarti pengasih, menunjukkan bahwa orang tersebut akan disenangi oleh banyak orang. Kehidupannya mungkin dipenuhi dengan koneksi dan hubungan yang menjadi rezeki utama. Namun, ujian terbesar mungkin terletak pada tanggung jawab dan kejujuran.

- Sisa 2 Disebut "Rezeki"

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, sisa 2 menandakan rezeki yang terus-menerus datang. Rezeki ini dapat berupa materi, uang, kesehatan, dan sejenisnya. Meskipun demikian, ujian terbesarnya mungkin adalah penyakit iri hati.

- Sisa 3 Disebut "Gedong"

"Gedong" menandakan bahwa sejak lahir, orang tersebut sudah memiliki bakat istimewa. Ujian terbesarnya mungkin terletak pada tingkat kesombongannya.

- Sisa 4 Disebut "Loro"

"Loro" berarti sakit, yang mungkin menjadi ramalan yang kurang menguntungkan. Orang tersebut dapat mengalami penyakit fisik atau mental. Untuk menghindari hal tersebut, disarankan untuk melakukan tirakat atau ritual khusus.

5. Hari Lahir Pembawa Keberuntungan

Namun, ada loh hari-hari lahir yang memang dikenal sebagai pembawa keberuntungan. Ya, primbon Jawa lengkap rejeki dilihat dari hari lahir ini, dipercaya memang memiliki keberuntungan secara mutlak, terutama dalam hal rejeki, baik itu keuangan, jodoh, hingga kesehatan. Apa saja ya primbon Jawa lengkap rejeki dari hari lahir tersebut?

Berikut ini beberapa hari-hari keberuntungan tersebut, beserta dengan penjelasannya:

1. Minggu Wage

Menurut Primbon Jawa tanggal lahir weton ini memiliki peruntungan yang baik. Di mana, karakter orang dengan weton tersebut dipercaya punya perilaku baik dan sangat dermawan. Sifatnya inilah yang kemudian akan membawa rezeki bagi pemilik weton Minggu wage.

2. Selasa Pon

Menurut Primbon Jawa tanggal lahir, weton tersebut membawa keberuntungan yang positif karena mudah mendatangkan rezeki.

3. Rabu Pon

Menurut Primbon Jawa tanggal lahir weton Rabu pon diyakini akan membawa banyak keberuntungan. Mulai dari rezeki berupa materi ataupun non-materi, akan mudah diperoleh bagi pemilik weton Rabu pon.

4. Rabu Pahing

Menurut Primbon Jawa tanggal lahir, weton tersebut juga mudah mendatangkan rezeki. Orang pemilik weton ini diketahui sangat pintar sehingga bisa membawanya dalam banyak keberuntungan.

5. Kamis Legi

Menurut Primbon Jawa tanggal lahir weton ini juga mudah mendatangkan rezeki karena punya kecerdasan tinggi serta beruntung dalam sebuah usaha.

6. Kamis Kliwon

Menurut Primbon Jawa tanggal lahir weton Kamis kliwon memiliki peruntungan yang juga pembawa rezeki baik bagi pemiliknya. Di mana, arti weton Kamis kliwon dipercaya punya hati yang baik, ikhlas sehingga akan memberikan dampak positif bagi diri pemiliknya.

7. Jumat Kliwon

Primbon Jawa tanggal lahir menyebut weton Jumat kliwon memiliki keberuntungan berupa kekayaan hingga kehidupannya yang Makmur.

6. Hari Lahir yang Kurang Beruntung

Sudah disebutkan sebelumnya, bahwa ada beberapa hari lahir yang diyakini membawa keberuntungan. Namun selain itu, ternyata ada beberapa weton atau hari lahir yang kurang beruntung dalam hal nasib dan rezeki. Penasaran, weton atau hari lahir apa sajakah itu? Langsung saja simak daftarnya berikut ini.

1. Senin Pahing

Menurut Primbon Jawa, seseorang yang lahir pada Senin Pahing terbilang kurang beruntung. Pemilik Senin Pahing cenderung tidak mempunyai kekuatan untuk kemenangan. Namun tak boleh terlalu khawatir, sebab ketekunan dan keteguhan hati, seseorang yang lahir Senin Pahing tetap bisa menjaga kestabilan dalam hidup.

2. Selasa Legi

Menurut Primbon Jawa, disebut-sebut mempunyai sifat Wulung Geni. Sifat ini disebut membawa masalah dalam hidup Selasa Legi. Sehingga meskipun cerdas, mereka terbilang jadi orang yang rentan menjadi korban penipuan, bahkan oleh orang-orang terdekat yang memanfaatkan kepolosan mereka.

3. Rabu Kliwon

Menurut Primbon Jawa, weton Rabu Kliwon dalam hidupnya akan menghadapi berbagai ujian. Namun tak perlu cemas, ujian hidup tersebut menjadi titik awal bagi mereka untuk mencapai kehidupan yang tenang dan bahagia di masa depan.

4. Sabtu Wage

Menurut Primbon Jawa, pemilik weton Sabtu Wage disebut akan menghadapi tantangan hidup yang cukup berat. Hal tersebut membuat mereka sulit dalam menjalankan bisnis, pekerjaan, hingga dalam meningkatkan kualitas hidup. Berpuasa weton diyakini bisa menjadi kunci untuk meningkatkan keberuntungan dalam hidup.

5. Minggu Pon

Menurut Primbon Jawa, Minggu Pon juga menjadi weton yang disebut-sebut memiliki nasib kurang baik. Jika tidak berhati-hati, seorang yang lahir di Minggu Pon akan mengalami masalah finansial karena pengeluaran yang tak terkendali. Sama seperti Sabtu Wage, berpuasa weton bisa menjadi alternatif cara untuk meningkatkan keberuntungan dan memperbanyak rezeki.

7. Cara Meningkatkan Keberuntungan Rezeki Menurut Primbon

Dalam primbon Jawa, juga diyakini ada beberapa amalan yang diyakini bisa meningkatkan keberuntungan rezeki. Dengan melakukan amalan-amalan tersebut, dipercaya pintu rezeki seseorang akan semakin terbuka lebar. Berikut beberapa hal yang bisa meningkatkan rezeki menurut primbon Jawa:

1. Pahami Karakter Weton

Untuk meningkatkan keberuntungan, langkah pertama adalah mengenal karakteristik weton seseorang, yang mencakup rezeki dan keberuntungan. Penting untuk tahu weton berdasarkan hari lahir dan pasaran dalam kalender Jawa.

2. Ketahui Nilai Neptu Weton

Setelah mengetahui neptu weton, pemahaman terhadap nilai neptu diperlukan. Neptu mencerminkan tingkat keberuntungan, semakin besar nilainya, semakin tinggi potensi keberuntungan. Dengan mengerti jumlah neptu, seseorang dapat mempertimbangkan peluang bisnis, investasi, atau saat berbelanja.

4. Cari Pasangan yang Tepat

Pilihan pasangan juga berpengaruh pada rezeki dan keberuntungan. Oleh karena itu, bijaklah dalam memilih pasangan yang memiliki weton yang sesuai, serta selalu pertimbangkan weton pribadi dan pasangan untuk hubungan yang harmonis dan sukses.

4. Puasa Weton dan Rayakan Ulang Tahun

Untuk meningkatkan keberuntungan, disarankan merayakan setiap weton dan ulang tahun. Pilih tanggal dan hari pasaran sesuai dengan weton bulan kelahiran. Perayaan weton dan ulang tahun diyakini membawa keberuntungan dan kesejahteraan lebih besar.

Itulah penjelasan tentang primbon Jawa lengkap rejeki yang bisa KLovers ketahui dan pahami dilihat dari hari lahir. Beserta cara menghitung primbon Jawa lengkap rejeki dan juga hari-hari keberuntungan dalam primbon Jawa.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP KAPANLAGI.COM BIAR NGGAK KETINGGALAN UPDATE DAN BERITA TERBARU SEPUTAR DUNIA HIBURAN TANAH AIR DAN JUGA LUAR NEGERI. KLIK DI SINI YA, KLOVERS!

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending