Primbon Usaha yang Sesuai dengan Hari Lahir, Cek Waktu Terbaik Mulai Bisnis

Selasa, 24 Januari 2023 15:33
Primbon Usaha yang Sesuai dengan Hari Lahir, Cek Waktu Terbaik Mulai Bisnis
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Ada banyak fungsi primbon Jawa yang digunakan untuk mengecek peruntungan, watak, ataupun hari baik. Seperti primbon usaha, dapat mengecek jenis usaha yang cocok serta hari terbaik untuk membuka bisnis.

Primbon hingga sekarang masih terjaga kelestariannya dan dipercaya untuk digunakan sebagai penentu hari baik, hari sial, watak hingga kecocokan jodoh. Termasuk untuk usaha, yang mana dalam primbon ada hari terbaik buat membuka bisnis.

Tidak hanya itu saja, ada jenis usaha yang cocok dalam primbon usaha berdasarkan hari kelahiran. Oleh karena itu, untuk tahu selengkapnya mengenai primbon usaha sesuai hari lahir dapat kalian cek di bawah ini.

 

1. Primbon Usaha dan Sifat Hari dalam Sepekan

Primbon merupakan catatan yang diturunkan secara turun temurun seringkali digunakan sebagai pedoman untuk menentukan suatu keputusan, tindakan, ataupun hal tertentu berkaitan dengan kehidupan manusia dan korelasi dengan alam semesta. Termasuk ada pembahasan mengenai primbon usaha yang digunakan sebagai penentu hari baik mulai usaha atau jenis usaha yang cocok berdasarkan weton hari lahir.

Sebelum mengulas lebih lanjut mengenai primbon usaha, setiap hari dalam sepekan dan pasaran Jawa ternyata punya karakter, sifat atau watak tersendiri bisa mengecek keberuntungan usaha. Karenanya, di bawah ini ada primbon usaha berdasarkan sifat hari dalam sepekan. Yuk cek peruntungan primbon usaha dengan mengecek sifat atau watak hari.

1. Senin: Senin memiliki sifat hari yang disebut baik untuk membuka dan menjalankan usaha. Karena, hari Senin punya perhitungan yang baik dan pas buat buka bisnis seperti berdagang.

2. Selasa: Primbon usaha hari Selasa juga dikatakan jadi awal yang baik untuk menjalankan usaha. Akan tetapi, hari Selasa juga memiliki kekurangan yakni berdasarkan primbon seseorang yang membuka bisnis hari Selasa di kemudian hari perlu menyiapkan diri untuk berbagai kemungkinan yang terjadi.

3. Rabu: Rabu dikatakan punya sifat yang baik. Sehingga cocok buat membuka usaha. Namun buat berdagang tidak sebaik Senin. Karena ada tantangan yang mungkin dihadapi apabila membuka usaha hari Rabu. Tapi tenang, tantangan tersebut terbilang masih bisa dikendalikan dengan baik.

4. Kamis: Primbon usaha Kamis dikatakan punya sifat yang kurang baik bahkan termasuk hari yang nggak cocok untuk membuka usaha. Karena kemungkinan besar seseorang akan menghadapi kesulitan jika membuka usaha hari Kamis.

5. Jumat: Hari Jumat juga termasuk hari yang tidak cocok untuk membuka usaha yang sifatnya kurang baik buat bisnis. Karena, seseorang mungkin akan menghadapi kesulitan, kesusahan, dan rintangan jika membuka usaha hari Jumat.

6. Sabtu: Hari Sabtu dikatakan sebagai hari kurang baik untuk buka usaha. Sebab, hari ini dipercaya akan memberikan kesulitan dan kesusahan. Bahkan, Sabtu disebut hari paling berat buat buka usaha.

7. Minggu: Hari Minggu punya sifat yang sedang-sedang saja untuk membuka usaha. Sehingga juga cocok buat membuka bisnis, meski peruntungannya mungkin tidak sebaik hari lainnya.

 

2. Primbon Usaha Sesuai Hari Lahir

Setelah tahu primbon usaha berdasarkan sifat hari dalam sepekan, saatnya memulai tahu apa saja jenis usaha yang cocok berdasarkan hari lahir. Karenanya, di bawah ini penjelasan mengenai primbon usaha sesuai hari lahir atau weton. Yuk cek apa saja primbon usaha sesuai weton hari lahir sebagai berikut.

1. Sabtu

Hari Sabtu memiliki nilai neptu 9. Di mana menurut primbon Jawa, Sabtu termasuk hari lahir yang cocok buat seseorang membuka jenis bisnis seperti berdagang. Jenisnya bisa berkaitan dengan hal berbau elektronik ataupun kendaraan. Selain itu, orang yang lahir di hari Sabtu punya firasat langit.

2. Senin

Hari Senin memiliki nilai neptu 4. Seseorang yang lahir di hari Senin dalam primbon usaha cukup cocok apabila membuka usaha dagang. Berbeda dari Sabtu, jenis usaha yang dipilih yakni seperti menawarkan kebutuhan bahan pokok. Selain itu, hari Senin mengandung firasat mewakili air.

3. Selasa

Menurut primbon Jawa, Selasa punya nilai neptu 3. Berkaitan dengan primbon usaha, seseorang yang lahir di hari ini cocok dengan usaha berdagang kebutuhan rumah tangga. Karena, sifat hari Selasa adalah punya firasat bumi.

4. Rabu

Menurut primbon Jawa, Rabu punya nilai neptu 7. Dalam hal ini, primbon usaha yang cocok untuk seseorang lahir pada Rabu adalah berdagang. Jenisnya bisa berdagang hewan ternak. Pasalnya, sifat hari Rabu memiliki firasat angin.

5. Kamis

Kamis menurut primbon Jawa memiliki neptu 8. Sehingga seseorang yang lahir di hari Kamis dalam primbon usaha disebut cocok berdagang buah-buahan. Selain itu, hari Kamis punya sifat firasat api.

6. Jumat

Hari Jumat dalam primbon Jawa memiliki nilai neptu 6. Dalam hal ini, seseorang yang lahir pada hari Jumat disebut cocok buat membuka usaha seperti barang aksesoris. Selain itu, Jumat dikatakan punya firasat awan.

7. Minggu

Sedangkan pada hari Minggu dalam primbon punya nilai neptu 5. Seseorang yang lahir hari ini disebut cocok buat buka usaha jenis dagang makanan. Hari Minggu juga punya firasat matahari.

 

3. Cara Terbaik Menentukan Mulai Usaha

Setelah tahu primbon usaha berdasarkan hari lahirnya, cek bagaimana cara terbaik menentukan waktu untuk memulai usaha. Di mana, penentuan hari baik buat memulai usaha dapat dihitung berdasarkan weton kelahiran. Nah, di bawah ini cara untuk menentukan waktu mulai usaha.

Sebelum menentukan hari baik untuk mulai usaha, ketahui dulu kalau dalam primbon Jawa ada beberapa istilah yang punya arti tertentu. Seperti istilah pancasuda yang mana menjadi hitungan jatuh atau kelebihan setelah dibagi lima berdasarkan hari pasaran. Nah, dalam pancasuda ada beberapa hal yang perlu disimak buat tahu waktu terbaik mulai usaha sesuai weton kelahiran.

- Apabila Sisa 1: Maknanya adalah Sandang berarti rejeki akan melimpah

- Apabila Sisa 2: Maknanya adalah Pangan berarti cukup

- Apabila Sisa 3: Maknanya adalah Bejo berarti kaya akan tetapi kurang disukai orang sekitar

- Apabila Sisa 4: Maknanya adalah Loro berarti sakit dan mengalami kerugian

- Apabila Sisa 5: Maknanya adalah Pati berarti usahanya akan mati atau gagal.

Sedangkan langkah menghitungnya yakni:

Kalian dapat memilih hari dalam sepekan dan hari pasaran untuk berdagang. Contohnya Rabu, kemudian pilih hari pasaran Legi lalu hitung dengan weton kelahiranmu. Misal weton kelahiran Sabtu Pon. Maka caranya yakni,

(Pilihan Hari Usaha) Rabu Legi = Nilainya 7 + 5

(Weton Kelahiran) Sabtu Pon = Nilai neptu 9 + 7

Kemudian di jumlahkan: 7 + 5 + 9 + 7 = 28

Setelah itu dibagi dengan 5, maka hasilnya sebagai berikut,

28 : 5 = 5 sisa 3

Maka hasil sisa inilah yang kemudian dapat kalian lihat dalam Pancasuda. Maka daftar sisa 3 dalam Pancasuda bermakna Bejo, berarti cocok buka usaha namun harus menghadapi tantangan yakni kurang disukai orang sekitar.

Itulah penjelasan mengenai primbon usaha yang perlu diketahui. Namun, prediksi mengenai primbon usaha di atas tidak bisa dijadikan patokan utama untuk mengetahui peruntungan usaha yang akan dijalankan.

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI