Primbon Wanita Menurut Hari Lahir dan Ciri Fisik, Bisa Menggambarkan Karakternya

Diterbitkan:

Primbon Wanita Menurut Hari Lahir dan Ciri Fisik, Bisa Menggambarkan Karakternya
Primbon Wanita Menurut Hari Lahir dan Ciri Fisik (credit: unsplash.com)

Kapanlagi.com - Primbon wanita mengandung catatan mengenai berbagai pembahasan seputar perempuan yang bisa berkaitan dengan sifat, karakter, kepribadian dan lainnya. Seperti primbon wanita menurut hari lahir dan ciri fisik ternyata dapat menunjukkan sifat tertentu.

Tanda dalam diri dalam primbon Jawa dapat menggambarkan karakter seseorang. Seperti primbon wanita ada bahasan mengenai sifat dan karakter perempuan berdasarkan hari lahir hingga ciri fisik.

Primbon wanita menurut hari lahirnya ini bisa dilihat dari hari pasaran dan hari lahir dalam sepekan. Di mana, masing-masing dapat menunjukkan sifat dan karakternya. Adapun pembahasan mengenai primbon wanita menurut hari lahir dapat kalian simak sebagai berikut.

1. Primbon Wanita Untuk Sifat & Karakter Sesuai Hari Kelahiran

Menurut primbon Jawa, setiap hari lahir memiliki weton yang dapat digunakan untuk mengetahui watak atau sifat seseorang. Seperti primbon wanita yang mana karakter seorang perempuan bisa dilihat dari hari kelahirannya. Sementara itu, berdasarkan primbon Jawa, setiap hari dalam sepekan bahkan hari pasaran memiliki jumlah neptunya sendiri-sendiri yang juga dapat menunjukkan karakter seseorang.

Seperti dalam primbon wanita yang berisikan beragam pembahasan seputar perempuan termasuk sifat dan karakternya berdasarkan hari lahir. Adapun pembahasan mengenai primbon wanita untuk sifat dan karakter sesuai hari lahir dapat kalian simak sebagai berikut,

1. Lahir Hari Minggu

Berdasarkan primbon Jawa, hari minggu memiliki neptu 5. Sedangkan, primbon wanita menurut hari lahir jika hari Minggu dapat menunjukkan karakternya yang baik. Namun terkadang apa yang dilakukannya tidak sesuai kata hati sendiri atau mengingkari kata hatinya. Sementara itu, sifat kurang baik dari hari lahir Minggu untuk wanita adalah pribadi yang kurang memiliki pendirian yang teguh.

2. Lahir Hari Senin

Berdasarkan primbon Jawa, hari Senin memiliki neptu 4. Untuk primbon wanita menurut hari kelahiran jika lahir pada Senin dapat menggambarkan sifatnya yang memiliki perilaku dan ucapan baik, luwes, dan sopan. Sementara itu, seseorang yang lahir di hari Senin diyakini cukup beruntung.

3. Lahir Hari Selasa: 3

Berdasarkan primbon Jawa, hari Selasa memiliki neptu 3. Sifat wanita yang lahir pada hari Selasa menunjukkan karakternya yang selalu merasa curiga dan pencemburu. Selain itu, hari kelahiran ini juga memperlihatkan sifat seseorang yang tidak mudah menaruh kepercayaan pada orang bahkan yang terdekat.

4. Lahir Hari Rabu: 7

Berdasarkan primbon Jawa, hari Rabu memiliki neptu 7. Primbon wanita yang lahir di hari Rabu memiliki sifat yang bertanggung jawab, perilaku dan ucapannya luwes, sopan, bahkan senang bercanda kepada siapapun.

5. Lahir Hari Kamis: 8

Berdasarkan primbon Jawa, hari Kamis memiliki neptu 8. Sementara itu, untuk primbon wanita yang lahir Kamis menjadi pribadi yang pandai dalam menganalisis atau menafsirkan beragam hal serta senang memberi pujian. Namun sifat buruknya adalah,

6. Lahir Hari Jumat: 6

Berdasarkan primbon Jawa, hari Jumat memiliki neptu 6. Sedangkan, primbon wanita yang lahir pada hari Jumat menunjukkan tindakan dan sifatnya yang tidak sesuai dengan aslinya. Selain itu, wanita lahir pada hari Jumat juga digambarkan sebagai sosok yang sok suci. Walau begitu, sisi baiknya ia adalah pribadi yang disiplin, teratur, dan suka kebersihan.

7. Lahir Hari Sabtu: 9

Berdasarkan primbon Jawa, hari Sabtu memiliki neptu 9. Primbon wanita yang lahir pada hari Sabtu menggambarkan pribadi yang cukup serakah. Selain itu, seseorang yang lahir pada hari Sabtu juga menunjukkan pribadinya angkuh serta cukup sombong.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Primbon Wanita Untuk Sifat & Karakter Berdasarkan Hari Pasaran

Selain dilihat dari hari kelahiran, ada pula primbon wanita yang sifat dan karakter dilihat berdasarkan hari pasaran Jawa. Seperti diketahui dalam penanggalan Jawa dikenal hari pasaran yang terdiri dari Kliwon, Legi, Pahing, Pon, dan Wage. Adapun primbon wanita menurut hari pasaran dapat menunjukkan sifat & karakternya sebagai berikut.

1. Hari Pasaran Kliwon

Primbon wanita yang lahir pada hari pasaran Kliwon dengan neptu 8 ini memiliki sifat yang pandai menyimpan rahasia, mudah memaafkan, dapat dipercaya. Selain itu sifat baik dari pemilik hari kelahiran pasaran Kliwon dalam pekerjaan lebih cocok jika bekerja sebagai pengacara lantaran pandai dalam berbicara. Ada pula yang menyebutkan kalau watak pasaran Kliwon sebagai sosok yang peduli terhadap sesama, pintar mencari uang namun boros, cerdas dan sensitif.

2. Hari Pasaran Legi

Apabila lahir di hari pasaran Legi maka menggambarkan primbon wanita yang sifatnya pemaaf, tidak pendendam, dan baik dalam bertutur kata. Selain itu disebutkan kalau perempan yang lahir di hari pasaran Legi menjadi pribadi yang punya sopan santun, disukai banyak orang, legowo. Sementara itu hari pasaran Jawa ini punya neptu 5.

3. Hari Pasaran Pahing

Primbon wanita yang lahir pada hari pasaran Pahing menggambarkan sosok yang ambisius, pintar, tidak mudah menyerah, tidak mudah tersinggung, punya pendirian. Inilah sifat dan karakter pemilik hari pasaran Pahing dengan neptu 9.

4. Hari Pasaran Pon

Apabila lahir pada hari pasaran Pon yang neptunya 7, maka seseorang digambarkan dengan sifatnya yang cukup angkuh, sedikit sombong, kurang teliti. Meski begitu, hari pasaran Pon juga disebut sebagai sosok yang pintar, mudah mencari rezeki, rela berkorban.

5. Hari Pasaran Wage

Primbon wanita yang lahir di hari pasaran Wage dengan neptu 4 juga digambarkan sebagai sosok yang hatinya keras, pendiam, punya pendirian kuat, kurang pandai. Namun, hari pasaran ini juga disebut sebagai sosok keras kepala serta apapun keinginannya harus segera terwujud.

3. Primbon Wanita Untuk Sifat & Karakter Dari Ciri Fisik

Primbon wanita untuk mengetahui sifat dan karakter ternyata tidak hanya dilihat dari hari kelahiran saja melainkan ada ciri fisik tertentu. Ya, ciri-ciri wanita dengan karakter dan sifat tertentu bisa dilihat dari ciri-cirinya sebagai berikut.

1. Ciri wanita dengan rambutnya hitam lembut, wajahnya panjang, berkulit gelap, ukuran kaki kecil dan kering, badan terlihat tegap dan kukunya panjang kecil digambarkan sebagai sosok yang seringkali marah maka akan kembali ke rumah orang tua. Wanita dengan ciri ini juga digambarkan sebagai sosok yang pandai dapat rezeki dan pribadinya baik. Karenanya sebutannya adalah wanita Emping Hijau.

2. Ciri wanita yang memiliki leher panjang, bentuk wajah bujur telur dan kulitnya tampak kemerahan digambarkan punya sifat yang mudah berkhianat dan berbohong. Dalam sebuah hubungan rumah tangga wanita dengan ciri ini juga dikatakan kurang baik. Maka sebutannya adalah wanita Durgasari.

3. Primbon wanita yang memiliki ciri berwajah manis, kulitnya hitam manis, matanya sayu, rambutnya lebar dan berombak digambarkan punya sifat yang senang jika bermesraan dengan pasangan suami. Wanita bercirikan ini punya sebutan sebagai Bintang Kesiangan.

4. Primbon wanita dengan ciri kulitnya gelap, rambutnya hitam, lembut, dan halus serta bertubuh besar digambarkan sebagai sosok yang sifatnya pendiam, baik hati, dan setia. Sebutan untuk wanita dengan ciri ini adalah Sinar Kencana.

5. Primbon wanita dengan ciri memiliki ukuran payudara besar, kulitnya kuning, rambutnya lembut, punya tahi lalat di telinga digambarkan sebagai sosok yang mudah boros dan kerap bertengkar dengan suami. Sementara itu, wanita dengan ciri ini disebut sebagai Beras Tumpah.

6. Primbon wanita yang dikenal dengan sebutan Kunci kencana digambarkan sebagai yang sifatnya mudah bosan dengan pasangan/suami. Cirinya yakni postur badan tinggi, kakinya pendek dan kulitnya gelap.

7. Primbon wanita yang memiliki ciri-ciri rambutnya di bagian ujung warnanya merah, kulitnya kuning dengan rambut keras dan halus digambarkan sebagai sosok yang seringkali menolak keinginan suami. Wanita ini disebut dengan Galak Ulet.

8. Wanita yang dikenal dengan sebutan Wanita Sari Maya digambarkan punya ciri-ciri badannya kurus, berambut kasar, parasnya tampak kemerahan. Maka sifatnya adalah menerima dan menerima keadaan.

9. Primbon wanita yang disebut Gandasari digambarkan sebagai pribadi punya gaya bicara lembut, bisa menahan emosi, dan memenuhi kewajibannya. Adapun cirinya yakni kulitnya kuning, rambut hitam berkilau, bentuk payudaranya menggantung, lehernya sedikit pendek, parasnya manis, dan gerakannya terlihat seperti orang malas.

10. Primbon wanita yang disebut Puspa Mekar digambarkan punya sifat memiliki kemampuan dalam melayani suami. Cirinya yakni ruas betisnya panjang, tulang tampak sedikit menonjol, dan kakinya seperti saling berhadapan saat berdiri.

11. Ciri-ciri wanita dengan badan kecil, kulitnya kemerahan, ada tanda sedikit kebiruan di muka, alisnya tebal digambarkan punya sifat yang spontan, pandai menyimpan rahasia, dan friendly. Wanita dengan ciri ini disebut Matahari Terbenam.

12. Primbon wanita dengan sebutan Matahari Jatuh digambarkan punya sifat yang penyabar, selalu berhati-hati dalam berucap, beruntung soal rezeki, sosok yang teliti melakukan pekerjaan, dan setia. Cirinya yakni parasnya manis, kulitnya kuning, terlihat uratnya warnanya hijau, matanya sayu dan alisnya lentik.

13. Primbon wanita dengan ciri jika berjalan seperti menendang tanah dan kakinya agak melintang ini disebut Sirih Telentang. Ia punya sifat cenderung suka berbuat tidak baik bahkan keji.

4. Primbon Wanita Untuk Sifat & Karakter Berdasarkan Tanggal Lahir

Menurut primbon Jawa masih ada cara untuk melihat watak wanita selain lewat hari lahir, pasaran, dan ciri fisiknya. Salah satu cara lainnya itu ialah dengan berdasarkan tanggal lahir. Ya menurut Primbon Jawa setiap tanggal lahir 1 sampai 31 ternyata juga bisa menunjukkan watak seorang wanita. Untuk mengetahui seperti apa gambaran watak wanita menurut tanggal lahir, simak daftar berikut ini:

- Tanggal 1

Menurut Primbon Jawa, wanita yang lahir tanggal 1 cenderung punya watak setia, pintar ngomong, dan pandai bergaul. Sifat negatifnya cenderung keras kepala dan mudah putus asa.

- Tanggal 2

Menurut Primbon Jawa, wanita yang lahir tanggal 2 mempunyai sifat mudah marah, gampang tersinggung, kurang terbuka, pemalu

- Tanggal 3

Wanita yang lahir tanggal 3 memiliki ciri, menurut Primbon Jawa punya watak romantis, suka berfoya-foya, boros, dan kurang sensitif.

- Tanggal 4

Wanita yang lahir tanggal 4 memiliki ciri, menurut Primbon Jawa punya watak setia kawan, rajin bekerja, pantang menyerah. Sayangnya, mereka juga cenderung kurang berani dan pesimis.

- Tanggal 5

Menurut Primbon Jawa, wanita yang lahir tanggal 5 mempunyai sifat bertanggung jawab, tak suka basa basi, apa adanya alias sederhana.

- Tanggal 6

Wanita yang lahir tanggal 6 memiliki ciri, menurut Primbon Jawa punya watak gemar menabung, berpikiran dewasa dan mudah mengerti.

- Tanggal 7

Menurut primbon Jawa, wanita yang lahir tanggal 7 memiliki watak kurang jujur tapi romantis kepada pasangan.

- Tanggal 8

Wanita yang lahir tanggal 8 memiliki ciri, menurut Primbon Jawa punya watak suka hidup sederhana, dermawan, mudah simpati, tapi mudah juga ditipu.

- Tanggal 9

Wanita yang lahir tanggal 9 menurut Primbon Jawa punya watak tidak suka menghabiskan uang, hemat, setia kepada anak dan keluarga.

- Tanggal 10

Wanita yang lahir tanggal 10 menurut Primbon Jawa punya watak cenderung sesuka hati dalam mengambil keputusan, berani mengambil resiko, suka hal yang menantang.

- Tanggal 11

Menurut Primbon Jawa wanita yang lahir tanggal 11 punya watak pemarah, tidak suka di kritik, dan gampang tersinggung.

- Tanggal 12

Wanita yang lahir tanggal 12 menurut Primbon Jawa mempunyai watak gampang bergaul, tapi punya sifat negatif seperti pandai bersandiwara dan suka berbohong.

- Tanggal 13

Wanita yang lahir tanggal 13 menurut Primbon Jawa punya watak suka pamer, pekerja keras, dan pantang mundur dalam mendapatkan keinginan.

- Tanggal 14

Menurut Primbon Jawa, wanita yang lahir tanggal 14 memiliki watak suka hidup sederhana, gemar menabung untuk masa depan, berpikiran dewasa, tidak suka berbohong, adil, punya sifat keibuan.

- Tanggal 15

Wanita yang lahir tanggal 15, menurut Primbon Jawa punya hati yang lapang dalam saran, suka berbicara, tapi kadang sok tau dan terkesan kurang ajar.

- Tanggal 16

Wanita yang lahir tanggal 16 menurut Primbon Jawa punya watak suka menolong, perhatian, sensitif. Sayangnya mereka juga kurang percaya diri dan mudah menyerah.

- Tanggal 17

Menurut Primbon Jawa, wanita yang lahir tanggal 17 punya watak manja, romantis, kurang mandiri, punya kharisma, tidak suka diatur, suka memberi.

- Tanggal 18

Wanita yang lahir tanggal 18 menurut Primbon punya watak baik hati, tidak sombong, kurang peka, pintar, tapi cerewet, pelit, dan mudah putus asa.

- Tanggal 19

Wanita yang lahir tanggal 19 punya watak suka berdandan, manja, mudah tersinggung dengan perkataan orang lain, royal, mudah jatuh cinta.

- Tanggal 20

Wanita yang lahir tanggal 20 menurut Primbon Jawa, punya watak suka jahil kepada teman, suka iri, tidak suka dibandingkan dengan orang lain.

- Tanggal 21

Menurut Primbon Jawa, wanita yang lahir tanggal 21 memiliki watak suka cari perhatian, banyak omong, susah diatur, dan kurang dewasa.

- Tanggal 22

Wanita yang lahir tanggal 22 menurut Primbon memiliki watak lembut, sopan dalam berperilaku, mudah diatur, tidak suka membantah, kurang cekatan, mudah dirayu, gampang bosan.

- Tanggal 23

Wanita yang lahir tanggal 23 menurut Primbon Jawa memiliki watak teliti, sabar, pelit dalam hal ilmu, kurang pandai bergaul, dan pendiam.

- Tanggal 24

Wanita yang lahir tanggal 24 menurut Primbon Jawa memiliki watak giat bekerja, telaten, optimis, kreatif, inovatif, dan mudah diatur.

- Tanggal 25

Wanita yang lahir tanggal 25 menurut Primbon memiliki watak pintar berbicara, bertanggung jawab, optimistis, dan percaya diri.

- Tanggal 26

Wanita yang lahir tanggal 26 menurut Primbon Jawa memiliki watak kurang beretika, suka mencari sensasi, suka mencari perhatian, suka menghalalkan segala cara, tidak jujur.

- Tanggal 27

Menurut Primbon Jawa, wanita yang lahir tanggal 27 memiliki watak mandiri, biasa hidup bersih, rajin bekerja, dan teliti.

- Tanggal 28

Wanita yang lahir tanggal 28 menurut Primbon memiliki watak sopan dalam bertutur kata, bersahaja, dan pekerja keras.

- Tanggal 29

Wanita yang lahir tanggal 29 memiliki watak punya jiwa pemimpin, suka membantu kepada siapa saja, punya banyak teman, tidak suka diatur.

- Tanggal 30

Menurut Primbon Jawa, wanita yang lahir tanggal 30 punya watak cuek, mudah bosan, suka bikin kesel, selalu ingin dipuji.

- Tanggal 31

Wanita yang lahir tanggal 31 menurut Primbon punya watak penyayang, tidak suka membeda-bedakan, sederhana, loyal kepada siapa saja, sabar, dan suka membantu.

5. Primbon Wanita Untuk Sifat & Karakter Berdasarkan Neptu Weton

Menurut primbon Jawa, sifat dan karakter seorang wanita juga bisa dilihat dari neptu wetonnya. Neptu merupakan angka bilangan khusus yang dimiliki setiap weton. Angka neptu diperoleh dari gabungan nilai hari lahir Senin (4), Selasa (3), Rabu (7), Kamis (8), Jumat (6), Sabtu (9), dan Minggu (5) dengan nilai pasaran Jawa Legi (5), Pahing (9), Pon (7), Wage (4), dan Kliwon (8).

Berikut adalah pembagian sifat dan karakter wanita menurut neptu wetonnya:

1. Watak Wanita dengan Neptu Weton 7

Wanita dengan neptu 7 memiliki watak sempit hati, pemalas, dan suka berbuat gegabah. Cenderung bercakap-cakap agak tersendat-sendat.

2. Watak Wanita dengan Neptu Weton 8

Wanita dengan neptu 8, lahir di weton Senin Wage dan Selasa Legi, cenderung memiliki watak panas hati, dengki, dan sering bermuka masam.

3. Watak Wanita dengan Neptu Weton 9

Wanita dengan neptu 9, lahir di weton Minggu Wage dan Senin Legi, memiliki watak lincah, suka berpindah-pindah, dan memiliki tujuan yang jauh.

4. Watak Wanita dengan Neptu Weton 10

Wanita dengan neptu 10, lahir di weton Selasa Pon, Jumat Wage, dan Minggu Legi, memiliki watak pendiam, cerdas, dan disebut berlaku seperti pelangi.

5. Watak Wanita dengan Neptu Weton 11

Wanita dengan neptu 11, lahir di weton Senin Pon, Rabu Wage, Selasa Kliwon, dan Jumat Legi, memiliki watak berani mati, besar malu, dan kadang suka mencuri.

6. Watak Wanita dengan Neptu Weton 12

Wanita dengan neptu 12, lahir di beberapa weton, memiliki watak menerima, pekerja keras, namun sering kehilangan dalam berumah tangga.

7. Watak Wanita dengan Neptu Weton 13

Wanita dengan neptu 13, lahir di weton Jumat Pon, Sabtu Wage, Minggu Kliwon, Kamis Legi, dan Senin Pahing, memiliki watak tidak mempunyai perasaan, lemah lembut, dan berjiwa petualang.

8. Watak Wanita dengan Neptu Weton 14

Wanita dengan neptu 14, lahir di weton Rabu Pon, Jumat Kliwon, Sabtu Legi, dan Minggu Pahing, memiliki watak serba mau, suka berbakti, dan disegani oleh orang lain.

9. Watak Wanita dengan Neptu Weton 15

Wanita dengan neptu 15, lahir di weton Kamis Pon, Rabu Kliwon, dan Jumat Pahing, memiliki watak suka memerintah, keras hati, dan tidak mau kurang makanan.

10. Watak Wanita dengan Neptu Weton 16

Wanita dengan neptu 16, lahir di weton Sabtu Pon, Kamis Kliwon, dan Rabu Pahing, memiliki watak lemah, sopan santun, dan sangat tegas jika sudah marah.

11. Watak Wanita dengan Neptu Weton 17

Wanita dengan neptu 17, lahir di weton Sabtu Kliwon dan Kamis Pahing, memiliki watak pendiam, lambat bekerja, dan sering ditipu oleh orang lain.

12. Watak Wanita dengan Neptu Weton 18

Wanita dengan neptu 18, lahir di weton Sabtu Pahing, memiliki watak panas, periang, tetapi mudah mengalah.

Itulah pembahasan mengenai primbon wanita menurut hari lahir dan ciri fisik. Walaupun dari primbon tersebut bisa menggambarkan karakter seorang wanita, namun bisa saja prediksi ini meleset atau kurang relate. Sehingga tidak dapat dijadikan patokan utama dalam menentukan sifat atau karakter seseorang.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP KAPANLAGI.COM BIAR NGGAK KETINGGALAN UPDATE DAN BERITA TERBARU SEPUTAR DUNIA HIBURAN TANAH AIR DAN JUGA LUAR NEGERI. KLIK DI SINI YA, KLOVERS!

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending