Program Revitalisasi TMII, Dukung Penyelenggaraan Presidensi G20 2022

Selasa, 08 Februari 2022 13:45
Program Revitalisasi TMII, Dukung Penyelenggaraan Presidensi G20 2022
TMII / Credit Foto: Dokumentasi Pribadi


Kapanlagi Plus - PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) selaku pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang ditunjuk oleh Pemerintah melalui Perpres Nomor 19 Tahun 2021, terus berkomitmen mewujudkan TMII sebagai destinasi kebanggaan bangsa. Mengusung konsep Indonesia Opera, TMII bertransformasi menjadi The Ultimate Showcase of Indonesia.

PT TWC bekerja sama dengan berbagai stakeholder, antara lain Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Kementerian BUMN dalam melaksanakan sejumlah revitalisasi, baik sarana maupun prasarana yang ada.

Renovasi sejumlah sarana penunjang yang ada di TMII ini ditargetkan selesai sebelum Oktober 2022. Program pemerintah untuk merevitalisasi ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi awal serta marwah TMII sejak pertama kali didirikan. Selain itu, renovasi ini dilakukan untuk mendukung kegiatan Presidensi G20 Indonesia 2022.

1. Dukungan Pemerintah

Dukungan pemerintah untuk revitalisasi TMII dilakukan berdasarkan Perpres Nomor 116 Tahun 2021 tentang Percepatan Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur untuk Mendukung Penyelenggaraan Acara Internasional di Provinsi Bali, Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan Provinsi Nusa Tenggara Timur. Melalui Perpres ini, dilakukan percepatan pelaksanaan pembangunan atau renovasi infrastruktur, salah satunya renovasi kawasan TMII.

"Kami bersama stakeholder terkait terus melakukan revitalisasi, baik sarana maupun prasarana di lapangan serta melaksanakan reaktivasi program budaya dengan melibatkan potensi potensi dari anjungan dari setiap provinsi. Kami harap wisatawan bisa memaklumi pembenahan fasilitas, serta mendukung adanya proses ini. Kami berkomitmen menghadirkan TMII menjadi kebanggaan bangsa Indonesia," terang Direktur Utama PT TWC Edy Setijono dalam acara Coffe Morning bersama media di TMII, Rabu (26/1/2022).

2. Kembalikan Fungsi TMII Seperti Semula

Dalam renovasi ini, PT TWC sebagai member PT Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney ini menekankan pentingnya mengembalikan fungsi TMII seperti semula terkait mengembalikan fungsi kawasan sebagai Ruang Terbuka Hijau. Hal ini selaras dengan komitmen Pemerintah Indonesia untuk menggaungkan konsep green economy dalam perhelatan Presidensi G20 2022. Selain itu, revitalisasi ini dilakukan meningkatkan kualitas pelayanan sehingga memberikan experience baru kepada wisatawan yang berkunjung.

"Banyak bangunan yang direnovasi karena kondisinya yang kurang terawat, sehingga harus dilakukan pembenahan dengan tujuan untuk menambah kenyamanan pengunjung. Untuk bangunan yang dirobohkan, dilakukan untuk mengembalikan fungsi TMII sebagai ruang Ruang Terbuka Hijau serta menata lanskap yang ada di sekitar Danau Archipelago sebagai pusat aktivitas TMII ke depan," ungkapnya.

Renovasi TMII dilakukan pada area gerbang utama, Joglo (Sasono Utomo, Sasono Langen Budoyo, Sasono Adiguno). Kemudian, dilakukan penataan lanskap pulau-pulau di Danau Archipelago, renovasi museum dan Keong Mas. PT TWC terus berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait untuk mendorong percepatan pembangunan ini. Selain itu, PT TWC juga sedang menyiapkan skema kunjungan wisatawan yang datang ke TMII di selama proses renovasi ini.

(kpl/gtr)



MORE STORIES




REKOMENDASI