PT Denka Global Indonesia Rugi Puluhan Juta Saat Daftar INASPORT Festival 2022, Diduga Karena Alami Kebocoran Data

Minggu, 24 Juli 2022 14:24
PT Denka Global Indonesia Rugi Puluhan Juta Saat Daftar INASPORT Festival 2022, Diduga Karena Alami Kebocoran Data
PT Denka Global Indonesia diiduga alami penipuan / Credit Foto: Shutterstock/EDHAR


Kapanlagi Plus - PT Denka Global Indonesia diduga menjadi korban penipuan karena adanya kebocoran data perusahan distributor produk peralatan industri saat mendaftarkan diri ke acara pameran olahraga INASPORT Festival 2022 yang digelar PT Wahyu Promo Citra. Gara-gara itu, perusahaan mengalami kerugian puluhan juta rupiah.

Kepada awak media, Alfian, karyawan PT Denka Global Indonesia menceritakan awal mula kejadian dari insiden ini. Kala itu, perusahaan tempatnya bekerja akan mengikuti pameran yang digelar PT Wahyu Promo Citra. Setelah memenuhi sejumlah persyaratan yang ditentukan, tim marketing PT Wahyu Promo Citra mengirimkan biaya dan detail acara.

"Setelah ditanda tangani pemimpin PT Denka, pihak marketing (PT Wahyu Promo Citra) memberitahukan bahwa beberapa hari ke depan ada yang menghubungi PT Denka atas nama Aris Ismail," kata Alfian saat dihubungi awak media, Selasa (12/7/2022).

Dan benar saja, beberapa hari kemudian, muncul seorang yang mengaku bernama Aris Ismail menghubungi PT Global Indonesia, mengaku sebagai utusan PT Wahyu Promo Citra.

1. Kejanggalan yang Ditemukan

Tak lama setelahnya, tepatnya pada Selasa (31/5/2022), pelaku yang mengatasnamakan dirinya Aris Ismail kembali menghubungi PT Denka Global Indonesia.

"Dia muncul kembali memberikan form palsu, namun ada tanda tangan pimpinan PT Denka Global serta adanya tanda tangan pimpinan perusahaan penyelenggara pameran," jelas Alfian.

Pada saat itu, pria yang mengaku sebagai pihak finance PT Wahyu Promo Citra itu meminta PT Denka Global untuk segera menyelesaikan pembayaran dana senilai Rp 44.145.000.

"Kami pun PT Denka segera menyelesaikan pembayaran dengan nomor rekening yang tertera di form pelaku, atas nama Nurhayani. Dan setelah itu dari pelaku bilang bahwa progressnya akan diteruskan oleh panitia penyelenggara," kata Alfian.

Namun beberapa hari kemudian, seorang pria bernama Aris Ismail lagi-lagi menghubungi PT Denka Global Indonesia, meminta untuk menyelesaikan pembayaran. Dari situlah Alfian merasa bahwa perusahaannya telah ditipu oleh orang yang mengatasnamakan PT Wahyu Promo Citra sebagai penyelenggara pameran.

Namun ada satu yang dirasa janggal oleh PT Denka Global Indonesia,  yakni mengapa tanda tangan pimpinan perusahaan mereka dapat dipalsukan oleh sang pelaku.

"Sedangkan data tanda tangan itu kami kirim kepada marketing acara resmi," kata Alfian.

Selain itu, mengapa penipu bisa mengetahui nama asli dari pihak finance PT Wahyu Promo Citra dan mengetahui tanda tangan pimpinan perusahaannya. Padahal, kata Alfian dokumen yang mereka berikan dikirimkan ke marketing resmi PT Wahyu Promo Citra.

"Mereka terus mengklaim bahwa jelas-jelas kita salah besar, karena tidak dicek kembali nomor rekeningnya dan atas namanya," kata Alfian.

2. Dilaporkan ke Polsek Metro Penjaringan Jakarta Utara

Kasus ini pun telah dilaporkan PT Denka Global Indonesia ke Polsek Metro Penjaringan, Jakarta Utara dengan nomor LP/B/12022/SPKT/POLSEK METRO PENJARINGAN/POLRES METRO JAKUT/POLDA METRO JAYA. Mereka berharap agar kasus ini diusut, demi mengantisipasi adanya perusahaan lain menjadi korban.

"Pihak kepolisian segera menindak lanjutin peristiwa ini, dikarenakan kenapa data confidential bisa bocor ke oknum penipu. Yang di mana data tersebut hanya di serahkan ke pihak penyelenggara," kata Alfian.

(kpl/gtr)



MORE STORIES




REKOMENDASI