Punya Financial Freedom di Usia Muda, Why Not? Begini Lho Rahasianya!

Rabu, 03 Agustus 2022 20:20 Penulis: Jeffrey Winanda
Punya Financial Freedom di Usia Muda, Why Not? Begini Lho Rahasianya!
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Siapa bilang financial freedom hanya bisa didapatkan ketika mapan di pekerjaan dan sudah berusia matang? Memang benar seiring dengan matangnya usia dan mapannya pekerjaan akan berbanding lurus dalam aspek finansial yang semakin stabil. Namun bukan berarti para generasi muda terutama Gen Z nggak bisa meraih financial freedom sejak dini lho!

Faktanya, financial freedom juga bisa didapatkan oleh generasi muda yang gigih dalam berusaha dan punya siasat cerdik dalam menggunakan uang. Gimana sih caranya?

Lakukan Side Hustle sesuai Hobi

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Pekerjaan tetap aja nggak cukup. Financial freedom bisa semakin cepat diraih jika seseorang memiliki passive income selain gaji bulanan.

Kabar baiknya, era digital 4.0 seperti saat ini mendukung insan kreatif memiliki passive income tambahan sesuai hobi. Kamu pun juga bisa lho melakukan side hustle sesuai kesenangan yang disukai.

Misalnya jika kamu memiliki hobi fotografi, nggak ada salahnya untuk mengambil beberapa project wedding photography atau stage photography ketika ada konser di dekat tempat tinggalmu. Dengan side hustle ini, kamu bisa tetap melakukan hobi sekaligus menghasilkan cuan!

Atur Pengeluaran Saat Remote Working di Coffee Shop

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Nggak lengkap rasanya jika remote working yang saat ini jamak terjadi dilakukan tanpa ditemani secangkir kopi. Maka nggak heran jika coffee shop adalah spot favorit untuk melakukan remote working.

Namun perlu diperhatikan, remote working di coffee shop berarti kamu harus mengeluarkan sejumlah uang untuk memesan menu favoritmu. Jika sudah begini, perlu siasat penting untuk mengakali pengeluaran agar nggak berlebihan.

Salah satu caranya adalah dengan meminimalisir pengeluaran harian lewat daily limit. Misalnya dalam satu hari pengeluaran tak boleh lebih dari Rp50.000 dan nggak membeli yang kurang diperlukan. Cara ini efektif untuk mencapai financial freedom lho!

Lakukan Transaksi Keuangan yang Bebas Biaya Admin

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Bukan cuma menerapkan daily limit, transaksi keuangan juga perlu dilakukan secara cermat. Salah satunya adalah dengan menggunakan dompet digital yang bisa bikin Bebas Bokek seperti DANA.

(c) DANA(c) DANA

Di DANA, kamu bisa Bebas Bokek saat menggunakan fitur Kirim Uang yang memberikan benefit gratis biaya admin hingga 10x per bulannya. Lumayan kan dengan adanya keuntungan tersebut, kamu bisa menambah tabunganmu tiap bulannya dan mendapatkan jumlah yang terbilang banyak di akhir tahun.

Yang lebih menariknya lagi, dengan pakai DANA, kamu juga bisa praktis Kirim Uang ke mana aja, mulai dari ke sesama pengguna DANA, ke atau antar bank, bahkan bisa via link pembayaran yang dikirim lewat sosmed.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, segara download dan pakai aplikasi DANA sekarang juga!

(kpl/jef)

Reporter:

Jeffrey Winanda



MORE STORIES




REKOMENDASI