Rangkaian Doa Setelah Sholat Taubat, Hapus Segala Khilaf dan Dosa di Masa Lalu

Diperbarui: Diterbitkan:

Rangkaian Doa Setelah Sholat Taubat, Hapus Segala Khilaf dan Dosa di Masa Lalu
Rangkaian Doa Setelah Sholat Taubat (credit: unsplash)

Kapanlagi.com - Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan dan dosa dalam kehidupannya. Dalam Islam, salah satu cara untuk membersihkan diri dari dosa-dosa tersebut adalah melalui pelaksanaan sholat taubat. Sesuai namanya, sholat ini jadi langkah tepat untuk menunjukkan penyesalan atas kesalahan dan memohon ampun kepada Allah SWT. Namun untuk melengkapi amalan tersebut, ada bacaan doa setelah sholat yang juga dianjurkan untuk dibaca.

Sholat taubat dan bacaan doa setelahnya, jadi kesempatan bagi seorang muslim untuk membersihkan diri dari dosa-dosa masa lalu serta mendekatkan diri kepada Allah SWT. Saat melaksanakan sholat taubat, seorang Muslim mengucapkan doa khusus yang mengungkapkan permohonan ampun kepada Allah SWT. Doa ini mencerminkan keyakinan akan sifat Allah SWT sebagai yang Maha Pengampun dan Maha Penyayang.

Berikut adalah ulasan terkait tata cara dan bacaan doa setelah sholat taubat yang penting untuk diketahui setiap muslim:

1. Sekilas Tata Cara Sholat Taubat

Tata cara pelaksanaan sholat taubat sejatinya sama dengan sholat wajib atau sunnah lainnya. Satu-satunya perbedaan utama terletak pada niat dan tujuan pelaksanaan. Adapun niat sholat taubat yaitu:

"Ushalli sunnatal taubati raka'ataini lillahi ta'ala.

Artinya:

"Aku niat bersembahyang sunnah taubat dua rakaat karena Allah Ta'ala."

Waktu pelaksanaan sholat taubat dapat dilakukan kapan saja kecuali pada waktu yang dilarang untuk sholat. Namun, banyak ulama menyarankan untuk melaksanakannya pada sepertiga malam seperti sholat tahajud. Mengenai jumlah rakaat, sholat taubat dapat dilakukan dalam jumlah rakaat ganjil antara 2, 4, atau 6 rakaat. Kemudian dilanjutkan doa-doa yang dianjurkan.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Membaca Istifghfar (33x atau 100x)

Rangkaian bacaan doa setelah sholat taubat dimulai dengan berdzikir atau membaca istighfar sebagaimana bacaan berikut:

"Astaghfirullaahal'adziim, alladzii laa ilaaha illa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaiih."

Artinya:

"Saya mohon kepada Allah Yang Maha Agung, Dzat yang tiada Tuhan melainkan hanya Dia Yang Maha Hidup lagi Berdiri Sendiri. Aku bertaubat kepada Nya."

3. Membaca Doa Taubat

Selesai membaca dzikir istighfar, umat muslim dianjurkan membaca doa yang berisi pernyataan taubat. Berikut bacaan doa taubat yang bisa dibaca setelah seholat taubat:

"Astaghfirullaahal azhiimal-ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyumu wa atuubu ilaihi taubata 'abdin zhaalimin laa yamliku linafsihi dharran wa laa naf'an wa laa mautan wa laa hayaatan wa laa nusyuuran."

Artinya:

"Aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan kecuali Dia yang Maha Hidup lagi Maha Tegak, aku bertaubat (kembali) kepada-Nya selaku taubatnya seorang hamba yang telah berbuat kezhaliman, yang tiada lagi mempunyai untuk dirinya sendiri madharat atau pun manfaat, mati, hidup ataupun kebangkitan dari kematian nanti."

4. Membaca Doa Mohon Ampunan

Untuk melengkapi doa taubat, juga dianjurkan untuk berdoa mohon ampun atas segala dosa dan kesalahan yang pernah diperbuat. Berikut adalah bacaan doa mohon ampunan yang bisa dibaca setelah sholat taubat:

"Allaahumma anta rabbii laa ilaaha illaa anta khalaqtanii wa ana'abduka wa ana'alaa 'ahdika wa wa'dika mastatha'tu a'uudzubika min syarri maa shana'tu. abuu ulaka bini'matika 'alayya wa abuu u bidzanbi fahghfirlii fa innahu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta."

Artinya:

"Wahai Tuhan, Engkau adalah Tuhanku, tiada yang patut disembah melainkan hanya Engkau, Engkaulah yang menjadikan aku dan aku adalah hamba-Mu, dan aku dalam ketentuan dan janji-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku dan aku mengakui dosaku, karena itulah ampunilah aku, sebab tidak ada yang dapat memberi ampunan melainkan Engkau wahai Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan apa yang telah aku perbuat."

5. Doa Penutup Sholat Taubat

Selesai membaca dzikir, doa taubat, dan doa mohon ampun, berikut adalah doa penutup yang bisa dibaca:

"Allahumma antas salamu wa minka salam, tabarakta ya Dzal Jalaali wal Ikhram."

Artinya:

"Ya Allah, Engkaulah Dzat yang Maha Memberi Keselamatan dan dari-Mu lah keselamatan. Maha Suci Engkau, wahai Dzat Yang Memiliki Keagungan dan Kemurahan."

6. Membaca 3 Surah Qul (Surah Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Nas)

Untuk melengkapi dzikir dan doa setelah sholat taubat di atas, juga dianjurkan bagi muslim untuk membaca 3 surah Qul atau surah Al-Ikhlas, surah Al-Falaq, dan surah An-Nas. Selain itu, umat muslim juga dianjurkan untuk memperbanyak dzikir dan memastikan diri bahwa dia berdoa dengan penuh kerendahan hati diniatkan untuk memohon ampun.

Itulah di antaranya ulasan terkait beberapa bacaan doa setelah sholat taubat. Semoga bermanfaat, bisa menambah wawasan, serta meningkatkan keimanan sebagai seorang muslim. Amin.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending