Seberapa Besar Sih Peluang Startup Indonesia Tembus Level Decacorn?

Senin, 11 Maret 2019 10:00 Penulis: Wuri Anggarini
Seberapa Besar Sih Peluang Startup Indonesia Tembus Level Decacorn?
(c) Pexels

Kapanlagi Plus - Istilah decacorn lagi booming dibicarakan di berbagai media, nggak terkecuali medsos. Bahkan, banyak meme decacorn yang bertebaran dan bikin ngakak para netizen. Decacorn sendiri mulai ramai dibahas sejak Grab mengumumkan dirinya berhasil menembus level decacorn yang pertama di Asia Tenggara. Pengaruh dan status decacorn juga nggak sebercanda meme-memenya. Lalu, seberapa besar sih peluang startup Indonesia tembus level decacorn?

Level Decacorn yang Nggak Mudah Diraih

Level unicorn masih jadi tempat berebut startup-startup lain. Status yang satu ini disematkan untuk perusahaan yang memiliki nilai valuasi di atas USD 1 miliar. Di saat yang lain masih rebutan unicorn, secara mengejutkan Grab sudah berhasil meraih status decacorn, yaitu istilah bagi startup yang berhasil menembus nilai valuasi lebih dari USD 10 miliar. Artinya decacorn punya posisi 10 kali lebih besar daripada unicorn.

Level decacorn ini nggak mudah diraih, karena hanya segelintir saja perusahaan yang mampu menembusnya. Tercatat, di dunia baru ada 16 perusahaan decacorn. Selain Grab, masih ada Airbnb, Pinterest, SpaceX, hingga Didi Chuxing.

Grab Raih Decacorn Berkat Inovasi Briliannya

Keberhasilan Grab menembus level decacorn berkat inovasi briliannya. Mengawali bisnis di tahun 2012 dalam format GrabTaxi, startup ini terus mengembangkan diri. Kini ada 3 layanan andalan yang bisa menunjang gaya hidup modern pengguna. Mulai dari ride hailing (GrabCar, GrabBike, GrabTaxi), fintech (GrabPay, GrabRewards), dan marketplace (GrabExpress, GrabFresh).

Grab bertransformasi menjadi Super App terkemuka di Asia Tenggara yang menawarkan solusi sehari-hari dengan layanan transportasi, pengiriman barang dan makanan, pembayaran mobile dan hiburan digital. Dengan filosofi platform terbuka yang diusung, Grab menyatukan para mitra untuk membuat hidup lebih baik.

Bukan Lagi Unicorn, Grab Decacorn Akankah Menjadi Hectocorn?

Resmi jadi decacorn, Grab jelas sudah berada jauh dari unicorn. Pertanyaannya, apakah Grab akan menjadi hectocorn? Istilah yang terakhir ini untuk startup super langka yang punya nilai valuasi di atas USD 100 miliar. Diperkirakan hanya segelintir saja perusahaan teknologi yang mampu capai level tersebut, seperti Apple, Microsoft, dan Facebook.

Bagaimana Peluang Startup Decacorn di Indonesia

Butuh perjalanan panjang bagi startup di Indonesia untuk meraih level decacorn. Ide jadi kunci nomor satu yang hanya bisa dieksekusi dengan adanya modal. Kalau startup punya modal kuat, mereka bisa melakukan research and development untuk mencari tahu apa yang paling dibutuhkan masyarakat zaman now. Dengan bisnis yang semakin berkembang, bukan tak mungkin startup dalam negeri lainnya bisa menyusul Grab ke dalam jajaran startup decacorn dunia.

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI