Sehatkan Indonesia, SOBAT Fest Ajak Senam Pernapasan di 77 Kota dari Sabang Sampai Merauke

Rabu, 17 Agustus 2022 05:17 Penulis: Iwan Tantomi
Sehatkan Indonesia, SOBAT Fest Ajak Senam Pernapasan di 77 Kota dari Sabang Sampai Merauke
Dokumentasi SOBAT FEST Jawa Barat

Kapanlagi Plus - Tak terasa HUT Kemerdekaan Indonesia tahun ini sudah di depan mata. Dalam Rangka HUT Kemerdekaan Indonesia ke 77, Komix Herbal mengadakan SOBAT (Solusi Batuk) Fest, Sehatkan Indonesia! di 77 Kota Se-Indonesia.

Dalam SOBAT Fest dilakukan SENAFAS (Senam Pernafasan) oleh ribuan ibu-ibu TP PKK & masyarakat luas dari Sabang sampai Merauke. Event ini dimeriahkan dengan Talkshow Kesehatan oleh dokter & Narasumber lain serta diramaikan dengan pembagian door prize untuk berbagai perlombaan yang ada. Lebih lanjut, berikut rangkuman keseruan SOBAT Fest kali ini!

Bentuk Apresiasi Kepada Masyarakat Indonesia

Menurut Head of Brand & PR PT Bintang Toedjoe Kalbe Group, Sumarwoto, SOBAT Fest ini merupakan bentuk apresiasi Komix Herbal kepada TP PKK & masyarakat umum, khususnya Ibu-ibu Pahlawan Rumah Tangga di seluruh Indonesia.

"Kegiatan SOBAT Fest ini digelar untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI dan HUT Jawa Barat ke-77 dan serentak juga dilakukan di 77 kota dari Sabang hingga Merauke," ujar Sumarwoto.

Berkontribusi Bagi Keluarga Indonesia Selama 28 Tahun Lamanya

Sesuai dengan namanya Solusi Batuk Festival atau SOBAT Fest, Sumarwoto menjelaskan bahwa obat batuk Komix telah berkontribusi untuk kesehatan masyarakat serta menjadi solusi batuk keluarga di Indonesia selama 28 tahun.

Dengan adanya perubahan tren ke arah natural/herbal, Komix melakukan launching Komix Herbal dengan kandungan daun lagundi dan jahe merah yang efektif meredakan batuk berdahak dan melegakan tenggorokan.

"Apalagi saat ini Pandemi covid 19 belumlah selesai , masyarakat tetap harus waspada dan hati-hati, karena batuk menjadi salah satu gejala umum yang paling sering muncul dalam kasus Covid," katanya.

Pertama Kali Diadakan di Bandung

Dokumentasi hybrid SOBAT FEST Jawa BaratDokumentasi hybrid SOBAT FEST Jawa Barat

Adapun event Sobat Fest ini pertama kali diadakan di Bandung dan dilanjutkan serentak pada 14 Agustus 2022 di seluruh Indonesia. Di Jawa Barat, Acara SOBAT Fest menjadi bagian dalam rangkaian HUT Jabar ke 77. Ribuan ibu-ibu TP PKK Jawa Barat & masyarakat umum begitu antusias dan semangat saat melakukan senam pernafasan dalam acara Sobat Fest Komix Herbal (Bintang Toedjoe) yang diadakan di SOR Arcamanik, Jalan Pacuan Kuda No 50, Sabtu (13/8/2022) maupun secara online dengan 27 TP PKK Kabupaten Kota Prov. JABAR.

Dalam kegiatan ini, Tribun Jabar berkolaborasi dengan Pokja IV TP PKK Jawa Barat dan Komix Herbal (Bintang Toedjoe) dalam rangka menyambut HUT ke-77 Republik Indonesia dan HUT ke-77 Provinsi Jawa Barat. Kolaborasi ini berupa penyelenggaraan kegiatan lomba Senam dan Sepak Bola Merdeka untuk memperebutkan Piala Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Ketua 1 Bidang Pembinaan Karakter Keluarga TP PKK Jabar atau Ibu Wakil Gubernur Jawa Barat, Lina Marlina Ruzhan mengatakan jika adanya kegiatan senam seperti ini membuat ibu-ibu TP PKK bahagia.

"Kader TP PKK yang hadir secara online dan offline dalam memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia dan HUT Jabar," ujar Lina. Ia berharap kader TP PKK semakin kompak dan bahagia, apalagi dengan adanya acara yang bertabur hadiah. "Ibu-ibu pasti semakin semangat untuk turun menyebarkan ilmu, menyebarkan motivasi untuk menggerakan 10 program PKK," ujarnya.

Selain Senam Juga Hadirkan Talkshow Interaktif

Dokumentasi Talkshow SOBAT Fest di Jawa BaratDokumentasi Talkshow SOBAT Fest di Jawa Barat

Dalam SOBAT Fest ini, selain senam ada juga talkshow interaktif "Inspirasi Wanita Merdeka dan Healthy Lifestyle Masa Kini" bersama Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Dokter Siska Gerfianti dan Dokter muda, dr Indah Kusuma. Dokter Siska  juga mengajak para ibu-ibu PKK untuk tidak hanya sehat secara fisik tetapi sehat juga secara mental. Keseruan talkshow pun disambut oleh dr Indah Kusuma yang tidak lupa mengingatkan akan pandemi covid yang belum berakhir.

"Covid saat ini dibagi dua, dan yang paling baru adalah Omicron dan lebih mudah terpapar tetapi tidak separah sebelumnya. Kalau omicron memang seperti flu yaitu sakit kepala, sakit tenggorokan yang lebih terasa," ujarnya. Salah satu gejala yang muncul adalah sakit tenggorokan dan kata Indahkus pengobatan herbal memang sudah lama dilakukan dan bisa membantu. Ketika tenggorokan merasa tidak enak maka akan muncul inflamasi atau sel jadi bengkak, akan terasa tidak enak seperti gatal, dan batuk. Adanya komix herbal ini akan bermanfaat mendinginkan dan meringankan gejala batuk.

Dilakukan Serempak di Seluruh Indonesia Secara Hybrid

Dokumentasi SOBAT FEST YogyakartaDokumentasi SOBAT FEST Yogyakarta

Serempak pada tanggal 14 Agustus 2022, kegiatan dilakukan dengan TP PKK Jawa Timur dan TPK PKK Yogyakarta secara hybrid, TP PKK Sabang dan TP PKK Merauke. Kegiatan SOBAT FEST Jawa Timur dilakukan di CFD Tunjungan tepatnya di depan Hotel Platinum, animo TP PKK Provinsi dan warga yang mengikuti CFD sangat baik. Sepanjang jalan dipenuhi oleh warga yang melakukan SENAFAS (senam pernafasan) serta dilanjutkan denga talkshow kesehatan.

SOBAT Fest Yogyakarta, dilakukan di Stadion Maguwoharjo. Ratusan Ibu-Ibu TP PKK Yogyakarta & masyarakat umum berbondong-bondong datang untuk mengikut SENAFAS (Senam Pernafasan) secara hybrid dan talkshow kesehatan. Selain itu, SOBAT Fest juga dilakukan di puluhan kota di Indonesia salah satunya Kota Sabang dan Kota Merauke. Antusiasme Ibu PKK dan masyarakat sekitar sangat baik, Komix Herbal mengajak masyarakat untuk melakukan gaya hidup sehat dengan rutin melakukan SENAFAS (Senam Pernafasan) setiap hari. Cek lebih lanjut video SENAFAS dapat dilihat di sini.

Ayo hidup sehat dengan SENAFAS dan merdeka dari batuk dengan Komix Herbal!

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI