Advertorial

Cara Unik Masyarakat Dunia Jaga Kesehatan Mulut, Dari Tradisional Sampai Paling Mutakhir

Penulis: Zaki Mursidan Baldan

Diterbitkan:

Cara Unik Masyarakat Dunia Jaga Kesehatan Mulut, Dari Tradisional Sampai Paling Mutakhir
(c) Pepsodent

Kapanlagi.com - Mulut dan gigi itu termasuk organ vital manusia yang harus selalu dijaga kesehatannya, KLovers. Rutin gosok gigi sebelum tidur jadi salah satu upaya yang paling sering direkomendasikan. Namun, pernah kebayang nggak kira-kira bagaimana cara masyarakat dunia di masa dulu membersihkan dan menjaga kesehatan gigi dan mulut?  

 

1. Siwak yang Dipakai Masyarakat Timur Tengah dan Afrika

Meski sudah jarang dilakukan di Indonesia, membersihkan gigi dan mulut memakai siwak ternyata masih cukup populer dilakukan masyarakat di negara-negara Timur Tengah atau Afrika. Siwak sendiri dibuat dari batang atau ranting pohon arak (Salvadora persica) dan dipercaya mempunyai beragam manfaat. Di antaranya mencegah gigi berlubang, mencegah bau mulut, dan melindungi gusi. Selain itu, siwak juga dipercaya memiliki beragam kandungan alami, seperti fluoride, chloride, sodium, silica, alkaloid, dan lain sebagainya.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Orang Indonesia Lebih Akrab Pakai Sirih

Waktu kecil, pernah bertanya-tanya dong kenapa kakek atau nenek kamu sering mengunyah sirih? Aktivitas yang dalam Bahasa Jawa disebut nginang ini dilakukan oleh masyarakat di beberapa wilayah tanah air. Di antaranya Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, NTT, Maluku, dan Papua. Jangan salah, ternyata kebiasaan tradisional ini memang punya banyak manfaat, dari mengurangi bakteri dalam mulut hingga mencegah gigi bengkak. 

3. Lalu Terbiasa Pakai Sikat Gigi Manual

Mulai periode 90-an, masyarakat dunia mulai terbiasa menggunakan sikat gigi dan pasta gigi untuk membersihkan mulut. Cara ini dirasa lebih praktis karena kandungan-kandungan yang diperlukan buat menjaga kesehatan gigi dan mulut, seperti fluoride, chloride, dan lain sebagainya ada di dalam pasta gigi terbaik. 

4. Berkembang Lagi Jadi Sikat Gigi Elektrik

Lebih canggih lagi, kemudian muncul inovasi yakni sikat gigi elektrik, di mana kamu nggak perlu capek-capek menggosok gigi. Yang perlu dilakukan cuma menggunakan sikat gigi elektrik pada sudut 45 derajat dan biarkan sikat bergerak dengan sendirinya. Alat pembersih gigi dan mulut mutakhir ini biasanya juga dilengkapi dengan beragam fitur seperti timer. 

5. Benang Gigi atau Dental Floss untuk Sela Gigi

Selain sikat gigi elektrik, cara lain yang juga dilakukan masyarakat dunia modern untuk membersihkan gigi dan mulut adalah dental floss atau benang gigi. Fungsinya adalah untuk membersihkan kotoran di sela-sela gigi yang tak terjangkau oleh sikat gigi.

Menarik ya memperhatikan cara-cara unik untuk menjaga kesehatan mulut di atas, dari yang tradisional sampai yang paling mutakhir? Mesti diperhatikan, membersihkan mulut dan gigi itu penting banget, terlebih di masa self-quarantine gara-gara COVID-19 seperti sekarang. Asal kamu tahu, kesehatan gigi ternyata dapat berpengaruh pada kesehatan keseluruhan anggota tubuh lho. Jadi, jangan disepelekan ya!

Yuk tanamkan kebiasaan menggosok gigi, apalagi pada buah hati. Masa-masa self-quarantine manfaatkan juga untuk menanamkan habit baik ini pada mereka ya. Misal setelah diajak beraktivitas bareng seharian, seperti masak atau nonton film, malamnya sebelum tidur ajak gosok gigi bersama. Pasti seru!

Jangan sampai kesehatan gigi bermasalah ya, karena di masa pandemi seperti sekarang karena sangat jarang dokter gigi yang praktek. Kecuali emergency, ada anjuran untuk menunda kunjungan ke dokter gigi untuk menghindari penyebaran infeksi virus. Jadi, pastikan selalu kesehatan gigi dan mulut terjaga ya agar terhindar dari masalah. Salah satu cara mudah yang bisa dilakukan adalah dengan rutin gosok gigi di malam hari.

(c) pepsodent

Saking pentingnya kebiasaan #SikatGigiMalam, tanggal 20 Maret 2020 kemarin digelar Night Brushing Hour sebagai puncak perayaan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia yang diprakarsai oleh Pepsodent. Tujuannya untuk menghimbau seluruh keluarga di Indonesia agar membiasakan #SikatGigiMalam.

Nggak tanggung-tanggung, event ini turut menggandeng 1.000 dokter gigi dari 75 PDGI cabang. Kalau #SikatGigiMalam bisa dibiasakan, dijamin kesehatan gigi dan mulut bakal terus terjaga. Penasaran nggak, tentang gimana cara seru menanamkan kebiasaan gosok gigi malam hari? Cari tahu yuk di E-book 21 Days Brush Day and Night yang bisa kamu dapatkan di www.tanyapepsodent.com. Cek sekarang juga yuk!

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/zki)

Rekomendasi
Trending