Seorang Pria Alami Serangan Jantung Usai Mengikuti Tips Kesehatan Yang Jadi Viral

Rabu, 01 Agustus 2018 16:18 Penulis: Natanael Sepaya
Seorang Pria Alami Serangan Jantung Usai Mengikuti Tips Kesehatan Yang Jadi Viral
Heart Attack © Oddity Central/Pexels/Pixabay

Kapanlagi Plus - Kalau diperhatikan, sekarang ini ada banyak banget tips kesehatan yang beredar di media sosial. Hanya saja berbeda dengan kisah yang satu ini, di mana seorang pria justru mengalami serangan jantung karena mengikuti tips kesehatan yang viral secara online di media sosial.

Seperti dilansir dari Oddity Central, adalah Zhou Xin, pria 58 tahun dari Harbin China yang menjadi korban dari berita palsu online yang beredar di internet. Jadi, sebuah cuplikan berita yang viral mengklaim kalau kota kelahirannya akan mengalami 3 hari terpanas di tahun ini dengan suhu ekstrem.

Nah berita itu pun mengatakan kalau keadaan cuaca dan suhu yang ada akan membuat pengobatan jantung jadi tidak efektif, malah dalam beberapa kasus efeknya bisa sangat berbahaya untuk kesehatan. Karena melihat postingan berita itu, Zhou yang memiliki sakit jantung kronis kemudian berhenti meminum obat hariannya selama 3 hari yang dimulai dari 17 Juli kemarin.

Pria paruh baya yang sudah sempat menjalani 2 kali operasi pemasangan pembuluh darah itu juga sama sekali tidak berkonsultasi dengan dokternya sebelum berhenti mengkonsumsi obat hariannya. Tiga hari terpanas di kota kelahirannya pun berlalu, semua tampak normal, hanya sampai ketika Zhou mengeluh dada yang sakit dan pingsan ke lantai setelah makan malam bersama seorang teman.

Ia pun lalu dilarikan ke rumah sakit di mana dokter ER gagal menghidupkan jantungnya lagi. Kematian Zhou kemudian dikaitkan dengan serangan jantung yang menimpanya. Xu Shanshan selaku Wakil Direktur Departemen Darurat di Rumah Sakit Pertama di Harbin mengatakan pada Sinchew News kalau Zhou sudah menjadi korban dari berita 'tiga hari terpanas' di tahun ini. Malah pada minggu sebelumnya Xu menangani 3 kasus serangan jantung yang sama-sama berhubungan dengan rumor yang menjadi viral secara online.

Ketiga orang tersebut juga meninggal dunia, sampai akhirnya Dokter Harbin menyarankan untuk siapapun yang menderita sakit jantung untuk tidak berhenti menjalani perawatan medisnya tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mereka. Juga setiap pasien juga harus rajin mengkonsumsi obat mereka saat hari panas karena risiko serangan jantung lebih tinggi pada saat-saat seperti itu. Jadi, jangan gampang percaya dengan apa yang beredar di internet deh!

(odd/ntn)

Editor:

Natanael Sepaya



MORE STORIES




REKOMENDASI