Advertorial

Seru-seruan di Festival Bamboo Rafting Loksado, dari Susur Sungai hingga Menikmati Kuliner Lezatnya!

Penulis: Gloria Trivena May Ary

Diperbarui: Diterbitkan:

Seru-seruan di Festival Bamboo Rafting Loksado, dari Susur Sungai hingga Menikmati Kuliner Lezatnya!
Festival Bamboo Rafting Loksado (c) Jelajah Merdeka

Kapanlagi.com - Eksplorasi kekayaan budaya yang ada di Nusantara bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan mengikuti gelaran festival tahunan yang jadi ajang untuk mengenal lebih dekat budaya di suatu daerah. Kali ini, tim Jelajah Merdeka ajak kamu untuk mengikuti Festival Bamboo Rafting Loksado, event tahunan yang digelar oleh masyarakat Loksado, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan.

Ada banyak keseruan yang bisa dinikmati dalam rangkaian event ini, penasaran?

1. Petualangan Susur Sungai dengan Rakit Bambu

Setiap tahunnya, event yang satu ini selalu menarik perhatian para wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Kamu akan diajak mengikuti petualangan seru, yaitu naik rakit bambu untuk menyusuri Sungai Amandit yang berlokasi di Desa Loksado, Hulu Sungai Selatan.

Ternyata, rakit bambu ini bagian dari kehidupan tradisional masyarakat Loksado, karena dulunya digunakan untuk mengangkut hasil kebun. Namun, kini rakit bambu digunakan untuk berwisata menyusuri sungai sambil menikmati keindahan alam pegunungan Meratus.

Di beberapa kesempatan, Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor, juga ikut serta dalam pelepasan peserta Rafting Bambu yang dilaksanakan di Loksado, lho.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Festival Mahumbal

Setelah menikmati keseruan menyusuri Sungai Amandit, nggak berhenti sampai di situ saja. Ada lagi Festival Mahumbal di mana kamu bisa menikmati aneka kuliner khas masyarakat Dayak. Uniknya, di dalam festival ini ada makanan yang dimasak di dalam bambu, lho!

Ya, kamu bisa menyaksikan proses pembuatan nasi dan ikan bapalan di dalam ruas bambu yang sudah diberi bumbu. Kuliner ini dikenal dengan nama nasi humbal yang kemudian menjadi asal mula nama festival yang satu ini.

Menarik banget kan gelaran Festival Bamboo Rafting Loksado yang menjadi acara tahunan masyarakat di daerah tersebut? Jadi penasaran, ada keseruan apa lagi yang bisa kamu jelajahi di Kalimantan Selatan? Tungguin tim Jelajah Merdeka kasih rekomendasi jalan-jalan seru lagi ya! Yuk, tonton keseruan perjalanan lainnya di video ini!

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/glo)

Reporter:

Wuri Anggarini

Rekomendasi
Trending