Siapa Bilang Nabung Jadi Hal yang Sulit Dilakukan Bagi Milenial?

Kamis, 23 September 2021 08:00 Penulis: Iwan Tantomi
Siapa Bilang Nabung Jadi Hal yang Sulit Dilakukan Bagi Milenial?
Credit via Shutterstock.com

Kapanlagi Plus - Bicara gaya hidup memang nggak pernah ada habisnya. Apalagi buat milenial yang sudah mampu mendapatkan penghasilan sendiri, menikmati gaya hidup menjadi salah satu hal yang sulit buat dihindari. Mulai berangkat kerja mampir ke kafe buat beli kopi, saat makan siang tiba order online makanan favorit, lalu waktu malam dinner bareng teman-teman atau pasangan.

Hal ini belum ditambah godaan promo belanja yang nyaris selalu datang bertepatan dengan tanggal gajian. Merasa punya uang, belanja ini-itu pun dilakukan modal pencet-pencet e-commerce di HP tanpa keraguan. Tahu-tahu jelang akhir bulan, gaji sudah menipis hingga terpaksa harus makan mi instan sampai tanggal gajian tiba.

Dengan pola hidup semacam itu, wajar jika orang-orang tua kerap mengecap para milenial sebagai generasi konsumtif. Namun, bukan artinya nabung jadi hal yang sulit dilakukan bagi milenial, kan? Asal tahu caranya, menikmati gaya hidup dan nabung bisa kok dijalani beriringan oleh para milenial. Caranya?

Ubah Mindset: Nggak Semua Produk Terbaru Harus Dimiliki

Credit via Shutterstock.comCredit via Shutterstock.com

Demi gengsi, kadang para milenial nggak sadar terjebak dalam perangkap hidup boros, dengan nyaris selalu upgrade produk, khususnya barang-barang mewah yang baru saja diluncurkan. Ubahlah mindset ini. Daripada mengeluarkan banyak uang sekadar beli produk baru yang sebenarnya tak terlalu banyak inovasi atau perbedaan dengan produk yang kamu miliki sebelumnya, mending alokasikan untuk kebutuhan lain maupun ditabung.

Ambil contoh HP, selama masih bisa digunakan untuk menunjang pekerjaan dan gaya hidup macam buka sosmed atau foto-foto, tak perlulah buru-buru membeli yang baru. Begitu juga dengan fashion, maupun kebutuhan sekunder atau tersier lainnya. Kecuali kamu seorang model atau trendsetter yang memang mampu meraih penghasilan tambahan dengan selalu upgrade barang-barang terbaru. Namun, jika sekadar buat gaya-gayaan di media sosial, agar dapat likes atau comment bagus, mending nggak deh!

Sadar Diri Kamu Nggak Gajian Setiap Hari

Credit via Shutterstock.comCredit via Shutterstock.com

Begitu juga jika punya hobi jajan online atau keluar-masuk kafe buat beli kopi, sekali dua kali nggak masalah. Namun, selalu ingat kamu nggak gajian setiap hari. Kadang harga secangkir kopi yang kamu beli, bisa untuk membeli kebutuhan pokok lainnya. Mulai dari beras, sayuran, ikan, telur, mi instan, yang tentunya bakal lebih hemat jika bisa masak sendiri. Prinsip ini pun penting dimiliki, ketika gajimu pas-pasan dan kamu tinggal mandiri di perantauan. Sadarlah, jangan asal membelanjakan uang buat kesenangan sehari anak muda, akhir bulan masih lama!

Yuk Lebih Serius Bikin Financial Planning

Credit via Shutterstock.comCredit via Shutterstock.com

Biar lebih gampang dalam mengatur financial planning kamu bisa mengandalkan Simpedes BISA. Bukan hanya menghadirkan fasilitas tabungan dengan fitur transaksi di tabungan induk atau saving untuk mewujudkan impian dengan menabung jangka pendek. Lebih dari itu, Simpedes BISA juga bisa kamu andalkan untuk investasi jangka panjang dengan 2 pilihan, yaitu BRIFINE Umum dan Syariah dengan return lebih tinggi dari tabungan (5-6%), sehingga bisa diandalkan untuk persiapan hari tua maupun keperluan lainnya.

Tak sampai di situ, Simpedes BISA juga memiliki fitur proteksi yang memberikan nasabah kemudahan akses membeli langsung polis Asuransi Mikro seperti AM-KKM, RumahKu dan Kerusakan Tempat Usaha. Selain 3 fitur utama tersebut, Simpedes BISA juga punya fitur tambahan lainnya, seperti bebas biaya admin tabungan bulanan, minimum setoran awal Rp50 ribu, bebas saldo mengendap, setoran tetap minimum bulanan impian dan investasi sebesar Rp50 ribu dengan autodebet, punya fasilitas kartu ATM dan akses BRIMO, serta impian dapat ditambahkan sampai 3 akun.

Semua fasilitas tersebut bisa kamu peroleh dalam 1 produk, sehingga kebutuhan nasabah dalam mengelola keuangannya, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang dapat terpenuhi dengan baik. Makanya, daripada gaji habis tanpa sisa sekadar buat menikmati gaya hidup saja, yuk mulai kelola uang secara tepat lewat Simpedes BISA. Apalagi syarat pembukaan rekeningnya nggak ribet kok. Selain WNI berusia minimal 17 tahun, kamu hanya perlu datang ke kantor BRI atau BRIMO dengan membawa e-KTP dan NPWP. Pastikan juga punya email aktif ya. Cek informasi selengkapnya dengan klik di sini.

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI