Siapa Sangka, Batam Ternyata Jadi Surga Buat Para Pecinta Golf Dunia

Rabu, 22 Mei 2019 09:59 Penulis: Wuri Anggarini
Siapa Sangka, Batam Ternyata Jadi Surga Buat Para Pecinta Golf Dunia
┬ęShutterstock

Kapanlagi Plus - Batam kini mulai menunjukkan geliat pariwisatanya. Bukan hanya dari kehadiran deretan resort yang memanjakan para traveler saja. Batam juga mulai mencuri perhatian dunia sebagai surga buat para pecinta golf. Yup, daerah yang masih menjadi bagian dari Kepulauan Riau ini ternyata memiliki 6 lapangan golf bertaraf internasional yang pastinya bikin betah saat berwisata di destinasi tersebut.

Kementerian Pariwisata menilai kehadiran lapangan golf ini bakal menjadi daya tarik wisata yang menarik. Hal ini disampaikan oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar, Rizki Handayani.

“Keenam lapangan golf tersebut adalah Tering Bay Golf & Country Club, Palm Springs Golf & Country Club, Southlinks Country Club, Indah Puri Golf Resort, Padang Golf Sukajadi, dan Batam Hills Golf Resort,” ujar Rizki, Senin (20/5).

Menurut Rizki, lapangan-lapangan golf tersebut adalah hasil rancangan designer international. Maka, kualitas dan fasilitasnya pun memenuhi standar internasional. Tak heran jika penggemar olahraga golf betah bermain di situ.

Salah satu lapangan golf unggulan di Batam adalah Tering Bay Golf & Country Club yang sebentar lagi bakal menggelar kegiatan amal bertajuk Tering Bay Ramadhan Charity Golf Tournament. Rencananya event tersebut bakal digelar pada Jumat (24/5).

“Tering Bay Golf & Country Club dirancang oleh Greg Norman. Pengelola menawarkan fasilitas bintang lima, sehingga cocok bagi Anda yang ingin menjajal kemampuan bermain golf di sini. Sebagai bagian dari pengamanan, di sini Anda akan diawasi oleh security yang baik, serta CCTV yang tersebar di setiap sudut kawasan,” bebernya.

Sementara Palm Springs Golf & Country Club didesain oleh Larry Nelson & IMG. Lapangan ini memiliki luas 228 hektare, dengan 27 holes. Sesuai namanya, Palm Spring Golf and Beach Resort memiliki garis pantai sepanjang 1,2 km dengan pemandangan laut spektakuler berupa skyline negara Singapura.

Untuk Southlinks Country Club, lapangan ini dirancang desainer golf asal Jepang, Hisamitsu Ohnishi. Letaknya di wilayah sub-urban bilangan Dam Sungai Ladi, atau Sei Ladi, Kota Batam. Southlinks Country Club terdiri atas 18 holes dan 72 par, dengan panjang sekitar 6.000 meter. Lapangan golf ini mulai beroperasi dan terbuka untuk umum sejak tahun 1996.

Berikutnya, Indah Puri Golf Resort didesain oleh Ronald Fream. Tempat ini memiliki pemandangan pantai serta lanskap yang menantang bagi para pegolf. Lapangan ini menjadi salah satu favorit pegolf dari Singapura dan Malaysia. Lokasinya pun mudah dijangkau. Hanya 6 Km dari terminal ferry Sekupang, 45 menit dari Singapura, dan sekitar 15 menit dari Sekupang. Jika mengambil perjalanan udara, Indah Puri Golf Resort hanya berjarak sekitar 40 menit dari Bandara Hang Nadim.

Adapun Padang Golf Sukajadi, lapangan ini didesain oleh Wolveridge & Perret. Ini merupakan lapangan golf semi private yang berada di jantung Kota Batam. Lapangan ini  terbentang sepanjang 6.340 meter, dan menggunakan rumput Salam Seashore Paspalum. Padang Golf Sukajadi memiliki beragam fasilitas. Antara lain meeting room, spa & massage, restoran, serta pro shop yang menyediakan peralatan dan aksesoris golf premium. 

Terakhir, Batam Hills Golf Resort yang didesain oleh Max Wexler. Awalnya, lapangan golf ini dikenal sebagai Paradise Bay Golf Resort. Seiring berjalannya waktu, lapangan golf ini mengalami pembaharuan yang dilengkapi dengan beberapa fasilitas. Kini, Batam Hills Golf Club menjadi salah satu tempat golf termewah di Pulau Batam.

Tak heran jika pengelola lapangan golf membuat sejumlah kegiatan untuk menarik minat wisatawan. Khususnya, wisatawan crossborder asal Malaysia dan Singapura.

Salah satu kegiatan yang akan digelar adalah Tering Bay Ramadhan Charity Golf Tournament. Event ini adalah acara tahunan yang biasa diadakan pada bulan Ramadhan. Pada kesempatan ini, peserta dapat memberikan santunan atau donasi kepada banyak pihak. Mulai dari panti asuhan, masjid, dan yayasan kemanusiaan di sekitar wilayah Tering Bay (Nongsa).

“Kegiatan ini juga dilakukan untuk mendukung usaha Kementerian Pariwisata dalam mendatangkan wisatawan mancanegara. Dengan adanya partisipan dari Malaysia dan Singapura, artinya memang ada pergerakan wisatawan dalam acara tersebut,” kata Asdep Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati.

Selain pencapaian target kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik, event ini akan berimbas langsung terhadap sektor pendukung pariwisata lainnya. Dalam hal ini hotel, resort, restaurant, spa, shopping, dll. Contohnya dengan menyediakan Paket Golf Tournament 2D1N atau 3D2N dengan harga yang sangat attractive bagi para pegolf.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan, iklim investasi di Batam akan terus stabil dengan masuknya kembali para investor di sektor pariwisata atau pendukung pariwisata. Sehingga, perekonomian di Batam akan terus meningkat.

“Golf mempunyai pasar tersendiri. Ini semakin melengkapi keberadaan sport tourism yang selama ini sudah membuat pariwisata Kepri bergeliat. Kita tahu, sport tourism juga menjadi penyumbang wisman cukup banyak. Ini akan terus kita dukun dan kita harap golf di Batam semakin maju,” ungkapnya.

(*/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI