Sojahaus Setia, Kafe Tempe dan Tahu Indonesia Pertama di Jerman

Agista Rully | Senin, 20 Maret 2017 11:18
Sojahaus Setia, Kafe Tempe dan Tahu Indonesia Pertama di Jerman
© Facebook.com/Sojahaus Setia

Kapanlagi.com - Salah satu makanan yang paling disukai oleh sebagian rakyat Indonesia adalah Tempe dan Tahu. Bisa dibilang dua makanan ini tak boleh absen di atas meja makan. Dua produk yang dibuat dari kedelai ini memiliki kandungan protein tinggi. Dan yang paling membanggakan adalah dua makanan ini merupakan warisan asli leluhur Indonesia.

Meningkatnya konsumen vegetarian dan keberadaan pelajar Indonesia di Eropa membuat tempe semakin dicari. Apalagi tempe kini mulai dilirik sebagai pengganti daging oleh para vegetarian Eropa. Berasal dari ide sederhana untuk memenuhi kebutuhan vegetarian sekaligus mengobati rasa rindu akan rumah, Indonesia, dua orang Indonesia bekerja sama dengan membuka sebuah kafe yang menjual makanan dari abad ke-12 ini.

Setia Nugraha, pemilik Sojahaus Setia kafe penjual tempe buatan pertama di Jerman © Franken FernseherSetia Nugraha, pemilik Sojahaus Setia kafe penjual tempe buatan pertama di Jerman © Franken Fernseher

Sojahaus Setia adalah kafe yang didirikan oleh Setia dan Katharina Nugraha. Kafe ini mendapatkan sorotan media internasional karena menjadi kafe pertama yang memperdagangkan tempe dan tahu ala Indonesia. Setia bahkan memproduksi sendiri tempe dan tahu yang digunakan sebagai bahan dasar menu kafenya.

Sementara itu kedelai yang digunakan merupakan kedelai berkualitas yang mereka dapatkan dari supplier kedelai Jerman. Rupanya kafe milik Setia dan Katharina yang terletak di Nuernberg, Jerman, ini mendapatkan tanggapan positif. Di kafe tersebut, Setia memperkenalkan bermacam kuliner vegetarian Indonesia seperti pecel, sambal goreng tempe, dan gado-gado. Bisa mengobati rindu pada Indonesia deh pokoknya!

Kafe yang dipunyai oleh Setia ini memang memiliki desain interior modern namun makanan yang disajikan Indonesia banget! © Facebook.com/Sojahaus SetiaKafe yang dipunyai oleh Setia ini memang memiliki desain interior modern namun makanan yang disajikan Indonesia banget! © Facebook.com/Sojahaus Setia

Produk tahu dan tempe yang diproduksi Setia pun tak hanya satu macam namun ada Tahu Sumedang, Tahu Bandung, dan Tahu biasa. Bisa dibilang usaha tempe yang benar-benar dibuat sendiri oleh orang Indonesia milik Setia ini adalah yang pertama di Jerman.

Sebelumnya memang telah sering ditemui tempe yang dijual di pasar tradisional Eropa namun makanan yang terbuat dari kedelai tersebut biasanya diimpor. Selain Setia Nugraha, seorang perempuan Prancis, Ana Laderet juga memulai berbisnis tempe di Swiss. Wah, tak butuh waktu lama bagi tempe untuk jadi makanan kesukaan warga dunia ya KLovers? (kpl/agt)




Kinoy galau gaes... - KapanLagi #LUPAINMANTAN

PLUS TERKAIT

LATEST UPDATE




REKOMENDASI