Step by Step Membersihkan Lensa Kamera DSLR yang Berjamur, Capturing Moment Jadi Lebih Jernih

Senin, 11 Juli 2022 16:13 Penulis: Jeffrey Winanda
Step by Step Membersihkan Lensa Kamera DSLR yang Berjamur, Capturing Moment Jadi Lebih Jernih
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Kamera DSLR sudah lama menjadi senjata andalan dalam capturing moment. Mulai dari pemula hingga profesional, kamera DSLR memang kompatibel dengan semua jenis fotografi, mulai dari foto jurnalistik, street photography, dan masih banyak lagi.

Salah satu permasalahan yang dimiliki oleh para owner kamera DSLR adalah jamur yang muncul pada lensa. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti penyimpanan yang lembap hingga minimnya perawatan ketika penggunaan.

Akibatnya, hasil jepretan kamera berjamur pun menjadi kurang maksimal serta munculnya flek pada area tertentu. Namun, jamur pada lensa ini bisa diatasi melalui langkah-langkah berikut.

Siapkan Tool Kit dan Buka Lensa Terlebih Dahulu

Persiapan awal yang diperlukan dalam DIY membersihkan lensa kamera adalah menyiapkan tool kit secara lengkap. Tool kit ini meliputi berbagai perkakas seperti obeng, penjepit, kain karbon khusus kamera, serta cairan pembersih.

Kemudian siapkan juga kuas khusus untuk lensa kamera yang tersedia di pasaran. Jangan lupa juga blower untuk membersihkan debu pada permukaan lensa.

Bersihkan Layer Pertama

Bukan dan bersihkan layer pertama pada lensa. Lepas tiga sampai empat baut. Dari tahap ini, biasanya debu sudah banyak yang menempel sehingga kamu bisa membersihkannya dengan bantuan blower.

Arahkan blower ke arah debu dan keluar dari lensa. Hal ini penting agar debut nggak berpindah ke permukaan lensa yang lain.

Lanjutkan dengan Layer Kedua

Kemudian lanjutkan dengan membuka layer kedua. Setelah layer kedua terbuka, kamu bisa mengelap bagian lensa yang ditumbuhi jamur. Bila diperlukan, kamu bisa menggunakan kain microfiber atau karbon khusus kamera yang sudah dibasahi dengan cairan khusus lensa.

Pastikan untuk membersihkan lensa dengan lembut agar nggak menimbulkan goresan pada lensa. Bersihkan secara menyeluruh agar nggak ada sisa jamur atau debu yang menempel.

Pasang Kembali Lensa setelah Pembersihan Selesai Dilakukan

Setelah memastikan bahwa nggak ada lagi jamur pada lensa, kamu bisa memasang kembali setiap bagian seperti semula. Pastikan juga tutup lensa terhindar dari debu. Bagian ini sering dilewatkan dan justru tetap membuat lensa kotor.

Membersihkan lensa kamera memang memerlukan ketelitian dan skill yang mumpuni. Jika diperlukan, kamu bisa menggunakan professional tool kit serta tenaga ahli agar kamera tetap memiliki performa prima.

(kpl/jef)

Reporter:

Jeffrey Winanda



MORE STORIES




REKOMENDASI