Strategi Lari Marathon Saat Cuaca Panas, Dokter Ahli Sarankan Penuhi Kebutuhan Hidrasi dan Mineral Tubuh

Penulis: Wuri Anggarini

Diperbarui: Diterbitkan:

Strategi Lari Marathon Saat Cuaca Panas, Dokter Ahli Sarankan Penuhi Kebutuhan Hidrasi dan Mineral Tubuh
(c) istimewa

Kapanlagi.com - Bukan rahasia lagi kalau olahraga seperti lari marathon punya banyak manfaat buat kesehatan tubuh. Namun, melakukan kegiatan fisik yang satu ini selama cuaca panas seperti yang terjadi beberapa waktu lalu jelas memiliki tantangan tersendiri, salah satunya adalah risiko dehidrasi.

Meskipun begitu, Jakarta Marathon 2023 sudah sukses digelar beberapa waktu lalu di tengah cuaca yang terbilang cukup panas. Saat event berlangsung, diperkirakan cuaca mencapai 30 derajat, lebih panas dari biasanya.

Keberhasilan tersebut tak lepas dari upaya panitia untuk mengantisipasi berbagai risiko dengan menyediakan hot environment risk protection, termasuk meletakkan water station Le Minerale sebagai cairan hidrasi. Penyelenggaraan kali ini dianggap memiliki kualitas di atas standar lho, bahkan menuai pujian dari para pelari baik itu dari dalam maupun luar negeri!

1. Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Hidrasi dan Mineral

Bagi yang ingin melakukan lari marathon saat cuaca panas, ada saran yang diberikan oleh dokter ahli. Yup, dr. Antonius Andi, Sp.KO, Medical Director Jakarta Marathon 2023, yang juga menjadi dokter olahraga pendamping Timnas dalam ajang Olimpiade memberikan sarannya dari sisi medis.

”Ada dua hal yang sangat penting untuk menghindari masalah kesehatan ketika berlari dalam cuaca panas, yaitu hidrasi tubuh dan memenuhi kebutuhan mineral. Kadang fokus pelari hanyalah cairan tubuh, namun perlu disadari juga bahwa menjaga kecukupan mineral ini juga sangat penting dalam menjaga performa.”

Mineral sendiri memiliki peran untuk membantu mengatur suhu tubuh agar tetap stabil di tengah kondisi panas. Selain itu, mineral yang terkandung dalam air mineral juga memiliki fungsi menyalurkan oksigen ke berbagai jaringan tubuh. Jika transfernya terhambat, banyak orang merasa pusing saat dehidrasi dan kepanasan.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Kualitas Le Minerale yang Sudah Terbukti

Kecukupan mineral dan hydration point jadi hal yang sangat penting. Hal ini yang membuat Medical Director Jakarta Marathon 2023 ini beserta panitia memilih Le Minerale sebagai official mineral water yang sudah terbukti kualitasnya. Selama event berlangsung, water station Le Minerale diletakkan di 25 titik strategis.

“Di tengah kondisi cuaca panas ini, kami berusaha untuk menjadikan Jakarta Marathon sebagai lomba lari dengan risiko terendah di Indonesia. Oleh karena itu, kami memperhatikan semua aspek terpenting, termasuk kualitas air mineral sebagai hydration partner. Air mineral terpilih harus yang memiliki mineral esensial berkualitas, dan ini  ditandai dengan rasa yang lebih segar, dan enteng ketika diminum. Mineral berkualitas Ini sangat penting bukan hanya untuk menjaga cairan tubuh, namun juga mengembalikan mineral yang hilang selama berlari dan pada akhirnya akan berdampak baik untuk jaga kebugaran tubuh para pelari,” ujar dr. Andi.

Dengan terpilihnya Le Minerale sebagai hydration partner, hal ini jadi bukti kepercayaan penyelenggara terhadap kualitas dan kandungan Le Minerale. Brand air mineral ini dipercaya memenuhi kebutuhan hidrasi pelari, terutama di tengah cuaca ekstrem. Kandungan mineral esensial alaminya telah teruji dan berstandar internasional. Di setiap titik water station yang ada, Le Minerale hadir untuk mengembalikan kebugaran tubuh pelari hingga garis finish.

dr. Tirta Mandira Hudhi atau yang dikenal sebagai Dokter Tirta, juga menjadi peserta yang mengunjungi water station Le Minerale. Ia mengatakan, “Dalam suhu yang cukup tinggi memang diperlukan hidrasi yang berkualitas. Dipilihnya Le Minerale oleh panitia, adalah pilihan tepat. Yang membedakan Le Minerale dengan air mineral lainnya adalah kandungan mineralnya, yang memang diperlukan untuk rehidrasi yang optimal,” jelasnya.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini

Rekomendasi
Trending