Suguhkan Atraksi Unik, 5 Destinasi Ini Bakal Bikin Liburan Imlekmu Lebih Spesial Lho

Sabtu, 26 Januari 2019 00:01 Penulis: Iwan Tantomi
Suguhkan Atraksi Unik, 5 Destinasi Ini Bakal Bikin Liburan Imlekmu Lebih Spesial Lho
© Shutterstock

Kapanlagi Plus - Tinggal beberapa minggu lagi, Tahun Baru Imlek bakal kembali menyapa. Agenda liburan pun perlu disiapkan dari sekarang. Apalagi momen spesial itu dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk pulang kampung dan merayakan Imlek bersama keluarga.

Nggak hanya dengan rangkaian doa dan tradisi, Imlek juga dimanfaatkan untuk liburan. Kamu bahkan bisa memanfaatkannya untuk staycation bareng keluarga maupun sahabat. Nah, supaya liburan Imlekmu tahun ini lebih berbeda, kunjungi beberapa atraksi unik saat Imlek di berbagai destinasi berikut ini.

Grebeg Sudiro di Solo

© Shutterstock

Lewat Grebeg Sudiro, kamu bisa melihat langsung bagaimana akulturasi budaya Tionghoa dan Jawa melebur sebagai satu toleransi yang hangat di Solo. Grebeg Sudiro dipusatkan di sekitar komplek Pasar Gede. Beragam kirab, atraksi barongsai, hingga kuliner khas Imlek bisa kamu nikmati selama Grebeg Sudiro berlangsung. Jangan lupa ikutan berburu gunungan di Grebeg Sudiro, karena dipercaya bisa memberikan keberutungan sepanjang tahun lho.

Gebyar Imlek Fair di Medan

© Shutterstock

Lain Solo, lain pula di Medan. Di ibukota provinsi Sumatera Utara tersebut, Imlek dirayakan lebih awal. Kamu bisa menemukan keseruannya lewat Gebyar Imlek Fair. Di festival tersebut beragam atraksi cosplay, fashion show hingga modern dance festival dipertunjukkan. Uniknya, kamu bakal melihat pemandangan akrab masyarakat pribumi dan Tionghoa, membaur menikmati ragam pertunjukan musik dari pop, jazz bahkan rock.

Pekan Budaya Tionghoa di Yogyakarta

© Shutterstock

Setiap tahun Yogyakarta merayakan Imlek dengan festival terkenal bernama Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta. Serba-serbi Imlek pun digelar tanpa menanggalkan budaya Jawa. Keunikan tersebut bisa kamu jumpai lewat pertunjukan Wayang Potehi, ataraksi Liong Samsi, Naga Barongsai, Jogja Dragon Festival, kirab budaya dan masih banyak lagi bazar Imlek yang nggak boleh dilewatkan begitu saja.

Pawai Tatung dan Debus di Singkawang

© Shutterstock

Bahas Imlek kurang lengkap rasanya tanpa memasukkan Singkawang. Selain disebut-sebut sebagai rumah bagi perayaan Cap Go Meh terbesar se-ASEAN, Singkawang juga menghadirkan beragam atraksi Imlek yang lain dari daerah-daerah lainnya. Akulturasi budaya Tionghoa dan Dayak, menghasilkan parade Tatung yang bakal bikin kamu berdecak kagum. Lebih-lebih buat kamu yang suka atraksi ekstrem, wajib banget merayakan Imlek di Singkawang.

Festival Cian Cui di Riau

© Shutterstock

Di Riau, perayaan Imlek lebih seru lagi. Lewat Festival Cian Cui di Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, kamu bisa ikut bermain air. Seperti namanya Cian Cui sendiri bermakna perang air. Menariknya, bukan hanya anak-anak, semua usia bisa ikut main perang air ini selama Imlek. Saking serunya, wisatawan dari luar negeri banyak yang tertarik ikutan.

Makanya, bikin liburan Imlekmu tahun ini lebih seru dan berbeda dengan mengunjungi salah satu destinasi tersebut. Dengan atraksi unik, tetapi masih kental tradisi, kamu bisa mendapatkan liburan Imlek yang lebih berkesan.

Kabar baiknya, untuk memudahkanmu pulang kampung selama liburan Imlek, Pegipegi kasih promo menarik bernama Banjir Hoki untuk memesan tiket pesawat, hotel dan juga kereta api dengan diskon hingga Rp1.888.000,-. Bagi kamu yang tidak merayakan Imlek pun tetap dapat memanfaatkan momen ini untuk liburan singkat di dalam kota bersama keluarga dan sahabat dengan staycation di hotel-hotel favorit kamu. Promo spesial Chinese New Year yang berlangsung dari 25 Januari sampai 7 Februari 2019 ini bisa kamu dapatkan lewat aplikasi Pegipegi. Jangan lupa, dapatkan promo menarik lainnya dari Pegipegi di sini.

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI