Sumbul Siddiqui, Wanita Muslim Pertama yang Jadi Wali Kota Cambridge AS

Jum'at, 10 Januari 2020 18:35 Penulis: Guntur Merdekawan
Sumbul Siddiqui, Wanita Muslim Pertama yang Jadi Wali Kota Cambridge AS
Image Courtesy Marjorie Decker via Twitter


Kapanlagi Plus - Seorang wanita muslim bernama Sumbul Siddique baru saja mencatat sebuah sejarah baru di Amerika Serikat. Pada hari Senin (6/1) kemarin, wanita kelahiran Palestina itu diangkat jadi Wali Kota dari Cambridge, Massachusetts. Ini adalah kali pertama seorang muslim bisa menempati posisi Walikota di seluruh negara bagian AS.

Sumbu, 31, dipilih menjabat sebagai Wali Kota lewat voting yang dilakukan para Dewan Kota. Siddiqui akan bertugas sebagai Ketua Dewan Kota sekaligus Komite Sekolah. Selain itu, dia berwenang mengelola kota dan mengawasi lembaga dan layanan.

Sumbul tak ujug-ujug muncul dan jadi Wali Kota. Terhitung sejak tahun 2018 silam, Ia sudah menjadi salah satu anggota dewan, sebelum akhirnya menggantikan posisi Wali Kota Marc McGovern yang masa jabatannya telah habis, seperti dilansir dari situs bostonherald.com.

 

 

1. Sudah Tinggal di Cambridge Sejak Usia 2 Tahun

Siddiqui lahir di Kota Karachi, Pakistan. Saat berusia dua tahun, Ia pindah ke AS bersama kedua orangtuanya setelah memenangkan sebuah lotre dan membeli rumah dengan harga terjangkau di Cambridge. Dia meraih gelar sarjana kebijakan publik dari Brown University dan sarjana hukum dari Northwestern Pritzker School of Law.

"Sebagai wali kota, saya berkomitmen memimpin dewan ini untuk menatap dekade baru. Kami akan bangkit untuk mengatasi tantangan yang dihadapi komunitas kami," kata Siddiqui.

2. Program Kerja Sumbul Siddiqui

Beberapa program yang akan dijalankan Siddiqui yaitu penyediaan permukiman terjangkau, membuka peluang ekonomi untuk mengatasi kesenjangan, serta meningkatkan respon terhadap rasisme dan bisa di lembaga pemerintahan.

"Di waktu yang sama, kami akan terlibat dalam isu-isu regional seperti ketahanan iklim dan investasi dalam infrastruktur publik," sambungya.

(bos/gtr)



MORE STORIES




REKOMENDASI