Susul Kaset Tape, Format Musik MP3 Kini Mulai Ditinggalkan

Selasa, 16 Mei 2017 16:18 Penulis: Agista Rully
Susul Kaset Tape, Format Musik MP3 Kini Mulai Ditinggalkan
engadget

Kapanlagi Plus - Sejak zaman dahulu, orang-orang selalu menemukan cara untuk menyimpan alunan musik. Berawal dari penggunaan alat dengan ukuran besar hingga kini berubah jadi media penyimpanan 'gaib' alias bermodal streaming online saja. Salah satu alat yang dekat dengan anak-anak generasi 90-an adalah kaset tape dan CD yang dapat didengarkan melalui walk man.

Seiring berkembangnya teknologi, rasanya media penyimpanan mulai ditinggalkan. Buktinya kini orang-orang dapat dengan mudah mendengarkan musik favorit dengan berlangganan iTunes, Spotify, atau Joox. Kabar buruk pun lagi-lagi menimpa generasi 90-an sebab sebentar lagi tak akan ada format MP3.

Media pemutar musik MP3 populer, Winamp pun telah menyatakan bahwa mereka tak akan lagi menyiapkan update sejak tahun 2013 lalu. Hal ini menandakan bahwa masa depan unduh musik mulai ditinggalkan, begitu pula format filenya.

Format MP3 tak akan lagi digunakan karena penciptanya memutuskan untuk melepaskan lisensi paten format tersebut  channel news asiaFormat MP3 tak akan lagi digunakan karena penciptanya memutuskan untuk melepaskan lisensi paten format tersebut channel news asia

Institusi penelitian Jerman yang membuat format MP3, The Fraunhofer Instititute of Integrated Circuits mengumumkan bahwa mereka telah memutus lisensi untuk paten format file MP3. Dengan kata lain, pencipta format ini tak lagi membiarkan format MP3 terus hidup atau digunakan.

Penyebab hal ini tak lain dan tak bukan adalah maraknya pilihan streaming lagu dengan format Advanced Audio Coding (AAC) yang lebih efisien dan memiliki fungsi lebih baik dari MP3. AAC dapat menghantarkan kualitas lebih baik dengan bit rate lebih rendah daripada format favorit pengguna Winamp tersebut.

Padahal MP3 merupakan cikal bakal konversi file musik dari ukuran besar hingga ke ukuran yang kompatibel untuk komputer. Sayangnya, penggunaan format MP3 ini memang menimbulkan tingginya kasus pembajakan musik. Sementara format AAC kini lebih dikenal sebagai format iTunes yang membatasi pengguna untuk melakukan tindak pembajakan. Farewell MP3, kamu akan selalu dikenang generasi 90-an!

(eng/agt)

Editor:

Agista Rully



MORE STORIES




REKOMENDASI