Sutopo, Tukang Becak Yang Sediakan Benda Ini Buat Penumpang

Agista Rully | Sabtu, 15 Juli 2017 08:18
Sutopo, Tukang Becak Yang Sediakan Benda Ini Buat Penumpang
merdeka.com

Kapanlagi.com - Seperti yang kita ketahui, masyarakat Indonesia memiliki tingkat kesadaran membaca yang rendah. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Central Connecticut State University pada Maret 2016, Indonesia menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat baca.

Prestasi yang tidak bisa dibanggakan memang namun nampaknya masih ada orang-orang yang memiliki hobi membaca. Sebab membaca memang membuka jendela dunia dan membuat seseorang makin bijak bukan?

Adalah Sutopo, seorang tukang becak. Terlepas dari profesinya yang seringkali dipandang sebelah mata, pria berusia 70 tahun ini memiliki kegemaran membaca sejak duduk di bangku SMP. Karena itulah, Sutopo ingin menularkan kegemarannya membaca pada siapa saja.

Sutopo, tukang becak yang sediakan buku untuk penumpang  merdeka.comSutopo, tukang becak yang sediakan buku untuk penumpang merdeka.com

Minat baca ini ditumbuhkan Sutopo dengan cara menyediakan setidaknya 20 buah buku di becak yang digunakannya bekerja. "Biasanya yang baca penumpang saya. Saat naik becak sambil membaca," ujar Sutopo dikutip dari merdeka.com.

"Kadang juga teman-teman penarik becak lainnya ikut membaca kalau pas lagi mangkal belum ada penumpang," imbuh pria berkacamata ini.

"Awalnya saya cuma sediakan beberapa buku saja kemudian ada penumpang yang tertarik lalu menyumbangkan buku ke saya. Dia kasih satu kresek berisi 10 buku," tutur pria pensiunan PNS Kodim Yogyakarta ini.

Setelah mendapatkan sumbangan tersebut, Sutopo membuatkan rak di atas kursi penumpang. Dengan begini penumpang lebih leluasa untuk meminjam buku. Adapun referensi yang paling banyak dikoleksi pria ini adalah buku rohani. Nah, siapa yang tertarik untuk naik becak Sutopo?

(mdk/agt)




LATEST UPDATE




REKOMENDASI