Tak Hanya Tinggalkan Teori, Stephen Hawking Juga Beri Quotes Inspiratif

Rabu, 14 Maret 2018 14:51 Penulis: Editor KapanLagi.com
Tak Hanya Tinggalkan Teori, Stephen Hawking Juga Beri Quotes Inspiratif
The Guardian

Kapanlagi Plus - Stephen Hawking meninggal dunia hari ini Rabu (14/3) di kediamannya di Cambidge. Ahli fisika dan Kosmologi ini meninggal di usia 76 tahun. Seperti yang diketahui, Stephen menderita Amyotropical Lateral Sceloris (ALS) selama 50 tahun.

Ahli fisika dan kosmologi asal Inggris ini divonis ALS saat usianya 21 tahun. Dokter menyatakan ia hanya bisa bertahan  hidup selama 2 tahun. Takdir berkata lain, Stephen tetap hidup hingga menginjak usia ke-76. Dengan begitu artinya Stephen hidup sebagai penderita ALS selama 50 tahun lebih.

Ahli fisika dan Kosmologi ini meninggal di usia 76 tahun.Ahli fisika dan Kosmologi ini meninggal di usia 76 tahun.

Panjangnya umur Stephen yang jauh melampaui perkiraan dokter tersebut tentu membuktikan bahwa ia berjuang dengan ALS hingga akhir hayat. Ia menginspirasi dunia dengan semangat hidup yang tinggi. Selain teori ‘black hole'nya yang terkenal itu, dilansir dari liputan6.com Stephen juga dikenal dengan quotesnya yang penuh motivasi. Diantaranya:

1. Ingatlah untuk melihat bintang-bintang di atas langit, jangan tundukkan kepalamu. Jangan pernah menyerah pada pekerjaan. Pekerjaan memberikanmu makna dan tujuan. Tanpanya, kehidupan akan terasa hampa.

2. Kalau kamu cukup beruntung menemukan cinta, ingatlah bahwa cinta itu ada dan jangan pernah kamu sia-siakan.

3. Pesan dari kuliah ini adalah, Black Holes ternyata tidak sehitam yang mereka gambar. Mereka bukan penjara yang kekal, yang dulu mereka pikir. Banyak hal yang bisa keluar dari Black Hole baik ke luar, maupun ke alam semesta lainnya. Jadi, kalau kamu merasa ada di Black Hole, jangan menyerah; (pasti) ada jalan keluar.

4. Seseorang harus punya sikap positif dan harus menciptakan lingkungan positif, di mana dia berada di dalamnya. Kalau orang tersebut tidak sempurna secara fisik, dia tidak boleh "cacat" secara psikis.

5. Kalau kamu difabel, mungkin itu bukan kesalahanmu, tapi tidak baik kalau kamu menyalahkan dunia atau berharap dunia mengasihanimu.

(kpl/mag)



MORE STORIES




REKOMENDASI