Tata Cara Mengerjakan Sholat Tahajud 11 Rakaat, Amalan Baik di Malam Hari

Penulis: Editor Kapanlagi.com

Diperbarui: Diterbitkan:

Tata Cara Mengerjakan Sholat Tahajud 11 Rakaat, Amalan Baik di Malam Hari ilustrasi Sholat (cr:Shutterstock)

Kapanlagi.com - Perlu diketahui bahwa mengerjakan sholat tahajud hukumnya sunnah muakkad atau sangat dianjurkan. Namun, banyak yang belum mengetahui tata cara mengerjakan sholat tahajud ini.

Sholat tahajud atau beberapa orang sering menyebutnya sholat malam adalah sholat sunnah yang dikerjakan di malam hari. Sholat sunnah malam ini dipercaya sebagai sholat sunnah malam yang paling luar biasa karena amalan ini membuat orang yang melaksanakannya dianggap terpuji oleh Allah SWT, seperti apa yang dikatakan dalam Alquran.


Tata cara mengerjakan sholat tahajud tidak terlalu berbeda dengan sholat sunnah pada umumnya, namun sholat ini dikerjakan setelah tidur. Sholat tahajud bisa dikerjakan kapan pun di malam hari dalam kurun waktu setelah isya' sampai masuknya waktu subuh. Tetapi ingat syaratnya tadi, dikerjakan setelah tidur. Walaupun begitu ada waktu yang paling dianjurkan untuk melaksanakan sholat tahajud, yaitu sepertiga malam terakhir. Sepertiga malam terakhir berarti lepas tengah malam hingga masuknya waktu subuh. Konon, jika mengerjakan sholat tahajud pada waktu tersebut, doa apapun akan dikabulkan oleh Allah SWT, insya Allah.

Apakah sholat tahajud boleh dikerjakan berjamaah? Atau harus sendirian?

Dikutip dari Merdeka.com, Syekh al-Batini mengatakan bahwa sholat tahajud yang dikerjakan secara berjemaah disebut ta'qib menurut kajian fikih klasik. Hukum ta'qib seperti sholat tahajud berjemaah adalah makruh. Seperti disampaikan Ibnu Muflih, sholat sunnah itu hendaknya dilakukan berjemaah satu kali saja. Jadi jika sudah mengerjakan tarawih berjemaah, sebaiknya sholat tahajud dikerjakan sendiri saja. Hal ini juga ditegaskan oleh Ibnu Najim dalam al-Bahr ar-Raiq Syarh Kanz Daqaiq dan al-Kasani di kitab Bada'i as-Shana'i fi Tartib as-Syara'i.

Tata Cara Mengerjakan Sholat Tahajud, Amalan Baik di Malam Hari


Berikut adalah tata cara mengerjakan sholat tahajud 2 rakaat :


Sholat sunnah ini dikerjakan 2 rakaat, 2 rakaat dengan jumlah rakaat tak terbatas. Tetapi, menurut hadits HR Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW tidak pernah mengerjakan sholat tahajud lebih dari 11 atau 13 rakaat (jumlah rakaat dengan witir). Jadi, ada baiknya kita mengikuti kebiasaan Rasulullah SAW.

Sebelum mengerjakan sholat tahajud, bacalah niatnya :

"Ushallii sunnatat-tahajjudi rak'ataini (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta'aalaa."

Artinya:

"Aku niat sholat sunnah tahajud dua rakaat (dengan menghadap kiblat) karena Allah Taala."

Setelah membaca niat sholat tahajud, lakukan sholat 2 rakaat dengan 2 kali sujud dan 1 kali salam.


Sebenarnya, tidak ada kewajiban untuk membaca doa tertentu di dalam sholat tahajud. Namun jika mengikuti kebiasaan Rasulullah SAW, beliau membaca doa berikut :


“Allahumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samawati wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta nurus samawati wal ardli wa man fî hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa'dukal haq. Wa liqa'uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan naru haq. Wan nabiyyuna haq. Wa Muhammadun shallallahu alaihi wasallama haq. Was sa'atu haq."


" Allahumma laka aslamtu. Wa bika amantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khashamtu. Wa ilaika hakamtu. Faghfirli ma qaddamtu, wa ma akhkhartu, wa ma asrartu, wa ma a'lantu, wa ma anta a'lamu bihi minni. Antal muqaddimu wa antal mu'akhkhiru. La ilaha illa anta. Wa la haula, wa la quwwata illa billah.”


Artinya :


" Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar."


" Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.”

Berikut adalah tata cara mengerjakan sholat tahajud 11 rakaat :


Tata cara mengerjakan sholat tahajud 11 rakaat dikerjakan 2 rakaat, 2 rakaat (2 rakaat sebanyak 4 kali), kemudian ditutup dengan sholat witir sebanyak 3 rakaat.

Berikut adalah tata cara mengerjakan sholat tahajud dan sholat witir:

Jika kamu sudah selesai menjalankan sholat sunnah tahajud dan telah selesai melakukan sholat sunnah lainnya, kamu bisa mengerjakan sholat witir. Sholat witir adalah sholat sunnah dengan jumlah rakaat ganjil yang dikerjakan untuk menutup ibadah sholat sunnah yang dikerjakan pada hari itu. Sholat witir dikerjakan dengan 3 rakaat. Tetapi, jika kondisi fisik tidak memungkinkan, silakan jalankan sholat witir 1 rakaat.


Berikut ini adalah tata cara mengerjakan sholat tahajud dan sholat witir :


Niat sholat witir 1 rakaat salam

"Ushallii sunnatal witri rok 'atan (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta'alaa."

Artinya:

"Saya niat sholat witir satu rakaat (menghadap qiblat) karena Allah ta'alaa."


Niat sholat witir 3 rakaat 1 kali salam


Berikut ini bacaan niat sholat witir dengan 3 rakaat yang diikuti dengan 1 kali salam.

"Ushallii sunnatal witri tsalaasa roka'aatin (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta'alaa."

Artinya :

"Saya berniat shalat witir tiga rakaat (menghadap kiblat) karena Allah ta'alaa".

Itulah tata cara mengerjakan sholat tahajud, amalan yang baik di malam hari. Mari kita mengamalkan amalan ini, sesuai dengan kebiasaan yang sering dilakukan Rasulullah SAW.

 

Penulis : Jihan Fadhilah

 

 

 

 

 

 

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/mag/jjj)

Rekomendasi
Trending