Tata Cara Sholat Tahajud Yang Benar Lengkap dengan Niat Beserta Manfaatnya

Sabtu, 25 Mei 2019 12:17 Penulis: Editor KapanLagi.com
Tata Cara Sholat Tahajud Yang Benar Lengkap dengan Niat Beserta Manfaatnya
ilustrasi sholat (credit: shutterstock)

Kapanlagi Plus - Pastilah sebagian besar dari kita yang muslim sudah cukup sering mendengar atau bahkan sudah melaksanakan sholat sunnah yang satu ini. Sholat tahajud adalah salah satu sholat yang termasuk sunnah muakkad atau sunnah yang sangat dianjurkan. Selain itu, sholat tahajud juga merupakan salah satu sholat sunnah yang tak pernah ditingalkan oleh Rasulullah SAW. Sebagaimana yang dikatakan oleh
'Abdullah bin Qais bahwa 'Aisyah Radhiyallahun anhuma berkata: "Janganlah kalian meninggalkan shalat malam karena Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam tidak pernah meninggalkannya. Jika beliau sakit atau malas, beliau shalat dalam keadaan duduk."

Lalu, kapan kita melaksanakan sholat sunnah yang memiliki banyak manfaat ini? Sholat tahajud mulai dapat dilaksanakan setelah isya sampai masuknya waktu subuh. Namun, ada satu waktu dimana paling dianjurkan yakni pada sepertiga malam. Karena itulah waktu yang paling mustajabah untuk berdoa.
Sholat tahajud sendiri tidak memiliki batas maksimal jumlah rakaat. Kamu bisa melaksanakannya sebanyak-banyaknya dengan minimal sebanyak dua rakaat. Sementara itu, cara pelaksanaan sholat sunnah yang satu ini yakni dengan cara dikerjakan setiap dua rakaat. Banyak sekali manfaat bagi kita yang melaksanakan sholat tahajud seperti akan dikabulkannya doa hingga sebagai salah satu kunci masuk surga. Nah, sebelum menunaikan, sebaiknya kita simak dulu bagaimana tata cara sholat tahajud beserta manfaat yang lainnya.

Tata cara sholat tahajud 2 rakaat

1. Niat Shalat Tahajud

Ushallii sunnatat-tahajjudi rak'ataini (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta'aalaa.

Artinya: "Aku niat sholat sunnah tahajud dua rakaat (dengan menghadap kiblat) karena Allah Taala."

2. Takbirotul Ihram

3. Membaca Doa Iftitah atau doa sholat tahajud

Ada sebuah doa yang biasanya dipanjatkan Rasullullah SAW saat mengawali sholat tahajud dan digunakan sebagai doa iftitah. Kamu bisa membacanya sebagai pengganti doa iftitah, bacaan doanya yakni:

Allaahumma lakal hamdu anta qayyimus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa'dukal haqqu, wa liqaa'uka haqqun, wa qauluka haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru haqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallaahu 'alaihi wasallama haqqun wassaa'atu haqqun. Allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa 'alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu, wa maa akh-khartu, wa maa asrartu, wa maa a'lantu, wa maa anta a'lamu bihiminnii. antal muqaddimu, wa antal mu'akhkhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Artinya: "Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah."

Atau jika kamu masih belum hafal, boleh menggunakan doa iftitah seperti biasanya yaitu:

Kabiiraw walhamdu lilaahi katsiran wa subhaanallaahi bukrataw wa'ashiila, innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas samaawaati wal ardha haniifam muslimaw wamaa anaa minal musyrikiin, Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi Rabbil 'aalamiin, Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiina.

Artinya: "Segala puji yang sebanyak banyaknya bagi Allah. Maha Suci Allah pada pagi dan petang hari. Aku menghadapkan wajahku kepada Tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan dan kepasrahan diri, dan aku bukanlah termasuk orang orang yang menyekutukanNya. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah kepunyaan Allah, Tuhan semesta alam, yang tiada satu pun sekutu bagiNya. Dengan semua itulah aku diperintahkan dan aku adalah termasuk orang orang yang berserah diri."

4. Membaca Surah Al-Fatihah

5. Membaca Surah pendek

6. Ruku' dengan tuma'ninah

7. I'tidal dengan tuma'ninah

8. Sujud dengan tuma'ninah

9. Duduk di antara dua sujud dengan tuma'ninah

10. Sujud kedua dengan tuma'ninah

11. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua

12. Membaca Surah Al-Fatihah

13. Membaca Surah pendek

14. Ruku' dengan tuma'ninah

15. I'tidal dengan tuma'ninah

16. Sujud dengan tuma'ninah

17. Duduk di antara dua sujud dengan tuma'ninah

18. Sujud kedua dengan tuma'ninah

19. Tasyahud Akhir dengan tuma'ninah

20. Salam,

Setelah salam, disunahkan membaca bacaan wirid, tasbih, tahmid, takbir, sholawat, istigfar, kemudian dilanjutkan membaca doa sholat tahajud.

Doa Sholat Tahajud

Untuk doa selepas sholat tahajud sendiri sebenarnya tidak ada doa yang khusus. Kamu bisa bebas berdoa atau memohon segala hal baik yang diinginkan. Terlebih jika kamu menunaikan sholat sunnah ini pada sepertiga malam dimana itu adalah waktu berdoa yang paling mustajabah. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

"Rabb kita Tabaraka wa Ta'ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: "Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, nisacaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya." (HR. Bukhari)

Manfaat Sholat Tahajud

ilustrasi berdoa (credit: shutterstock)ilustrasi berdoa (credit: shutterstock)

Seperti yang kita tau, sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang dianjurkan dan tentu saja memiliki banyak manfaat. Berikut manfaat sholat tahajud yang dilansir dari beberapa sumber:

1. Sholat Sunah yang Paling Utama Setelah Sholat Fardhu

Diantara sholat sunnah yang lainnya, sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang paling utama setelah sholat fardhu. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

"Salat yang paling utama setelah sholat fardhu adalah sholat malam" (HR. An Nasa'i)

2. Akan Dikabulkannya Doa

Jika kita berdoa selepas menunaikan sholat sunnah yang satu ini, terlebih jika dilaksanakan pada sepertiga malam, insyaallah segala keinginan dan doa baik kita akan dikabulkan oleh Allah SWT. Seperti yang telah disabdakan Rasulullah SAW, yaitu:

"Rabb kita Tabaraka wa Ta'ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: "Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya." (HR. Bukhari).

3. Sebagai Kunci Masuk Surga

Dengan melaksanakan sholat tahajud, selain dapat dikabulkannya doa kita, juga merupakan salah satu kunci untuk masuk surga selain dengan menyambung silaturrahim terhadap sesama.

"Wahai manusia, sebarkanlah salam, berilah makan (orang-orang yang membutuhkan), sambungkanlah silaturrahim, dan shalatlah pada malam hari ketika orang lain sedang tidur; niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat." (HR. Ibnu Majah)

4. Mendapatkan Kemuliaan dan Kewibawaan

Manfaat yang lain dari sholat tahajud yakni Allah SWT akan memberikannya kemuliaan serta kewibawaan.

"Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada shalat malamnya" (HR. Hakim; hasan)

5. Mendapatkan Kedudukan Terpuji

Tak hanya mendapatkan kemuliaan serta kewibawaan, dengan melaksanakan sholat tahajud secara rutin, Allah SWT akan mengangkat kedudukan kita ke tempat terpuji. Sebagaimana dalam firman Allah pada surah Al- Israa' ayat 79, yaitu:

"Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji." (QS. Al Israa': 79)

6. Sebagai Penghapus Sekaligus Pencegah Dosa

Selain akan dikabulkanya doa kita, sholat tahajud juga dapat menghindarkan kita untuk berbuat dosa sekaligus menghapus dosa kita. Pastilah sebagai manusia, kita tak pernah luput dari dosa. Dan dengan melaksanakan sholat tahajud dapat menjadi salah satu cara kita menebus dosa tersebut. Sebagaimana Rasullullah SAW bersabda,

"Dirikanlah salat malam, karena sesungguhnya salat malam itu adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kamu, (salat malam dapat) mendekatkan kamu kepada Tuhanmu (Allah), (salat malam adalah) sebagai penebus perbuatan buruk (dosa), mencegah perbuatan dosa, dan menghindarkan diri dari penyakit yang menyerang tubuh." (HR. Ahmad)

7. Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat dari sholat tahajud yang lainnya yakni sholat tahajud baik bagi kesehatan tubuh. Secara medis, dengan melaksanakan sholat tahajud diyakini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperlancar aliran darah dalam tubuh, menyehatkan serta membersihkan rongga paru-paru dan juga dapat membuat hati sekaligus pikiran menjadi tenang.

8. Mendapatkan Keringanan di Akhirat Nanti

Bagi seseorang yang melaksanakan sholat tahajud, selain sebagi salah satu jalan masuk surga, juga ia akan diringankan siksanya kelak pada hari kiamat. Sebagaimana dilansir dalam almanhaj, Al-Awza'i berkata,

"Aku mendengar barangsiapa yang lama melakukan shalat malam, maka Allah akan meringankan siksanya pada hari Kiamat kelak."

9. Salah Satu Sholat yang Dicintai Allah SWT

Sholat tahajud merupakan salah satu sholat yang dicintai oleh Allah SWT yang mana merujuk pada sholat yang dilakukan oleh Nabi Dawud Alaihissallam. Seperti yang dikatakan Jabir bin 'Abdillah Radhiyallahu anhu bahwa ia mendengar Rasulullah SAW bersabda:
"Shalat yang paling dicintai Allah adalah shalat Nabi Dawud Alaihissallam dan puasa yang paling dicintai Allah juga puasa Nabi Dawud Alaihissallam. Beliau tidur setengah malam, bangun sepertiga malam dan tidur lagi seperenam malam serta berpuasa sehari dan berbuka sehari."

10. Merupakan Kebiasaan dari Orang yang Shaleh

Terakhir, sholat tahajud adalah kebiasaan dari orang-orang yang shaleh terdahulu. Dengan melaksanakan sholat tahajud, insyaallah kita termasuk golongan-golongan orang tersebut.

"Biasakanlah dirimu untuk shalat malam karena hal itu tradisi orang-orang shalih sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa." (HR. Ahmad)

Seperti itulah tata cara sholat tahajud sekaligus dengan manfaatnya. Setelah kita mengetahui baik tata cara maupun manfaatnya, semoga kita bisa selalu dapat melaksanakannya ya.

Penulis: Devi Puspita

 

(kpl/mag/dev)



MORE STORIES




REKOMENDASI