Transgender Indonesia Kini Bisa Punya KTP, Tidak Mengubah Status Apapun

Sabtu, 05 Juni 2021 13:05
Transgender Indonesia Kini Bisa Punya KTP, Tidak Mengubah Status Apapun
Dok. Disdukcapil Tangsel via IDN Times


Kapanlagi Plus - Transgender di Indonesia selama puluhan tahun sempat merasakan ketidaksetaraan. Adanya kategorisasi yang hanya laki-laki dan perempuan membuat kaum transgender kurang diakui.

Terbarunya, kini transgender khususnya transpuan akhirnya sudah bisa memiliki KTP. Diketahui ada 30 transpuan yang akhirnya bisa membuat e-KTP (KTP elektronik) di gedung milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) kota Tangerang Selatan.

1. Tanpa Ubah Status Apapun

Para transpuan ini cukup datang membawa Kartu Keluarga dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai dengan jenis kelamin awal. Kegiatan perekaman e-KTP ini adalah pilot project Kementerian Dalam Negeri.

"Dan tidak mengubah status apapun. Tidak mengubah status jenis kelamin. Jadi jenis kelamin yang 30 boleh dipastikan laki-laki semua," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangsel, Dedi Budiawan, Rabu (2/6/2021), dikutip dari IDN Times.

2. Tidak Ada Diskriminatif

Menurut Direktur Jenderal Dukcapil dari Kemendagri Zudan Arif Fakhrullah, situasi akan berubah setelah pemerintah mempermudah pembuatan e-KTP bagi sebanyak 297 transpuan di seluruh Indonesia, sesuai catatan yang dimiliki pemerintah.

"WNI semuanya harus dilayani setara atau non-diskriminatif," kata Zudan dalam pernyataan resminya, dikutip dari Vice.

Dalam e-KTP ini nantinya tidak ada kolom jenis kelamin transgender. Melainkan hanya ada dua pilihan jenis kelamin yakni laki-laki atau perempuan.

(vic/lmp)



MORE STORIES




REKOMENDASI