Traveling Anti Mainstream Saat Mudik, Mampir ke Brebes Aja!

Selasa, 04 Juni 2019 12:02 Penulis: Wuri Anggarini
Traveling Anti Mainstream Saat Mudik, Mampir ke Brebes Aja!
┬ęShutterstock

Kapanlagi Plus - Traveling dan menjelajahi berbagai sudut destinasi wisata yang ada memang menawarkan keseruan tersendiri. Apalagi kalau tempat yang ditunjungi belum pernah dikunjungi sama sekali. Pasti bakal exciting banget menyambut rencana traveling yang ada. Tapi, mulai bosan dengan destinasi traveling yang itu-itu saja? Sekarang waktunya memanfaatkan momen mudik buat menjelajah kota-kota yang disinggahi, yuk!

Kalau mau liburan yang anti mainstream, kenapa nggak menjajal mampir ke Brebes aja? Eits, jangan salah, biarpun bukan destinasi wisata yang populer tapi ternyata ada banyak hal menarik yang bisa dikulik di sini. Faktanya, sebagai kabupaten terluas kedua di Jawa Tengah setelah Cilacap, Brebes memiliki potensi wisata dan alam yang tiada duanya. Hal ini bahkan juga diakui oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya.

“Kota yang terkenal sebagai penghasil telur asin dan bawang merah ini memiliki alam dan lanskap yang begitu mempesona. Kreativitas warganya untuk memberikan warna tersendiri pada setiap destinasi, juga menjadikan Brebes sebagai salah satu tujuan wisata alternatif di wilayah Pantai Utara Jawa,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, Selasa (4/6).

Mantan Dirut Telkom itu menyebut, Brebes memiliki berbagai jenis destinasi. Mulai dari cagar alam hingga pemandian air panas, air terjun hingga pantai, semua ada di sini. Ada juga bukit yang menawan, waduk dan perkebunan yang instagramable. Semua destinasi wisata di Brebes yang bisa menjadi jujukan saat mudik, bisa disimak dalam daftar #PesonaMudik2019 berikut ini.

1. Air Terjun Ranto Canyon

Air terjun yang eksotis ini terletak di daerah lereng pegunungan di selatan Brebes. Tepatnya di Desa Windusari, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes. Untuk menuju ke objek wisata ini, Anda butuh waktu sekitar 2,5 jam cari pusat kota. Air terjun Ranto Canyon menyuguhkan hijaunya pemadangan alam yang menjadi satu dengan tebing-tebing yang terjal. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10-29 meter dengan jarak trek berkisar 769 meter. Selian susur sungai, di sana juga tersedia wahana yang menguji adrenalin seperti cliff climbing dan snorkelling.

2. Curug Bentar

Wisata Curug Bentar merupakan tempat wisata yang harus Anda kunjungi karena pesona keindahannya tak ada duanya. Penduduk lokal daerah Bentar juga sangat ramah terhadap wisatawan lokal maupun mancanegara. Dengan ketinggian air terjun yang menjapai 35 meter, air terjun ini dihiasi dengan tebing batu di sisi-sisinya yang membentuk ukiran yang tampak sangat indah. Sesuai namanya, Curug Bentar berada di Desa Bentar, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah.

3.  Wisata Alam Kaligua

Perkebunan teh selalu menyuguhkan pemandangan hijau yang menarik dan udara yang segar. Tak terkecuali di Agrowisata Kaligua. Selain memiliki pemandangan perkebunan teh yang hijau dan menawan, destinasi ini juga memberikan kesempatan bagi Anda untuk menenangkan diri sekaligus refreshing. Wisata Alam Kaligua berada di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Objek wisata yang satu ini bisa dibilang destinasi favorit dan populer di daerah setempat. Beberapa fasilitas yang disediakan antara lain villa penginapan, area perkemahan, cafe, lapangan olahraga, sarana ibadah, dan area out bound.

4.  Waduk Malahayu Brebes

Wisata Waduk Malahayu Brebes merupakan salah satu dari peninggal zaman kolonial Belanda. Tepatnya berada di Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharja, Kabupaten Brebes. Selain digunakan sebagai irigasi, waduk ini dibuka oleh masyarakat sekitar sebagai tempat rekreasi. Kesejukan dan keindahan pemandangan di sini menjadikan banyak wisatawan yang memenafaatkan waktuya untuk berkemah.

5. Pantai Randusanga

Pantai Randusanga merupakan tempat favorit untuk melihat sunset di waktu sore. Lokasi ini sering dijadikan tempat nongkrong di Brebes yang paling favorit. Kawasan Pantai Randusongo juga terkenal dengan budidaya rumput laut dan ikan bandengnya. Hamparan pasir putih dengan ombak yang tenang menambha keeksotisan Pantai Randusanga yang juga menyediakan beberapa fasilitas memadai. Diantaranya arena balap motor, area perkemahan, restoran masakan laut, dan kios-kios wisata kuliner.

6. Candi Pangkuan

Objek wisata selanjutnya adalah Candi Pangkuan. Tempat rekreasi di Brebes ini sejatinya bukan sebuah bangunan candi. Melainkan hutan tua dengan sebuah artefak candi setinggi 50 cm yang dikelilingi pepohonan yang berumur ratusan tahun. Candi Pangkuan terletak di Desa Cilibur, Kecamtan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Candi ini dulunya ditemukan pertama kali oleh penduduk pribumi pada tahun 1965. Uniknya, banyak sekali monyet-monyet yang berkeliaran di sekitar candi. Pengunjung dapat menikmati sejuknya pepohonan yang rindang sekaligus bercengkrama dengan monyet-monyet.

7. Desa Wisata Ciseureun

Desa Wisata Cisereun terletak di lereng Gunung Kumbang, Kecamatan Ketanggung, Kabupaten Brebes. Objek wisata ini menjadi salah satu desa yang sangat terkenal di Brebes. Desa ini masih sangat kuat menjaga budaya dan tradisi daerah. Bila mengunjungi desa ini, Anda akan melihat banyak tradisi unik yang kuat di kehidupan masyarakat sekitar. Seluruh rumah di desa ini beratap seng dan berdinding kayu. Menurut kepercayaan setempat, dilarang menggunakan atap dari genteng, bertembok, dan berlantai smemen atau keramik. Uniknya lagi, masyarakat di desa ini pantang menanam bawang merah.

8. Bukit Panenjoan

Bukit Panenjoan berada di Desa Wanojo, tak jauh dari Jalan Raya Windusakti-Capar. Daya tarik dari objek wisata ini adalah pengunjung dapat menikmati cantiknya sunset di sore hari. Objek wisata ini juga menyediakan fasilitas kursi untuk bersantai, warung makan tempat wisata kuliner, dan gardu pandang. Banyak para wisatawan yang mengabadikan moment di gardu pandang Bukit Penjoan ini. Tidak sedikit wisatawa yang rela antre untuk mendapatkan view yang bagus dari panorama pemandangan sekitar bukit ini.

9.  Waduk Penjalin

Objek wisata selajutnya bernama Waduk Penjalin. Waduk yang dibangun tahun 1930 ini menyuguhkan panorama yang begitu indah. Luas waduk sekitar 1.5 km, berada di Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Lokasi yang memanjakan mata ini sangat cocok sebagai tempat wisata keluarga saat Anda mudik ke Brebes.

10. Kalibaya Park

Kalibaya Park berada di atas puncak Malio. Objek wisata Kalibaya Prak menyuguhkan pesona alam puncak gunung dengan pemandanagn langsung ke Waduk Malahayu. Tempat  ini dikelola langsung oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan dari Pemerintah Desa Pasir Panjang. Kalibaya Park menjadi salah satu tempat wisata paling indah di Brebes. Fasilitas yang disediakan antara lain outbound, gardu pandang, padang savana, ATV track, dan lain-lain.

(*/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI