Uang Rp75 Ribu Resmi Beredar Secara Terbatas, Marak Dijual Kembali dengan Harga Jutaan

Selasa, 18 Agustus 2020 18:11 Penulis: Tantri Dwi Rahmawati
Uang Rp75 Ribu Resmi Beredar Secara Terbatas, Marak Dijual Kembali dengan Harga Jutaan
(Credit: Liputan6.com/Faizal Fanani)


Kapanlagi Plus - Senin (17/8/2020) lalu jadi hari spesial bagi seluruh rakyat Indonesia. Ya, tepat di hari itu negara Indonesia tercinta menginjak usia 75 tahun. Berbagai perayaan digelar, salah satunya dengan merilis uang baru Rp75 ribu.

Dilansir dari cnbcindonesia.com, Bank Indonesia (BI) menerbitkan uang kertas pecahan Rp75 ribu sebagai uang khusus untuk memperingati 75 tahun Indonesia merdeka. Uang ini hanya dicetak sebanyak 75 juta lembar saja.

1. Dijual dengan Harga Selangit

Termasuk barang langka, uang ini pun lantas dijual kembali oleh sebagian orang. Setidaknya, di e-commerce Shoppee, ada yang menjualnya seharga Rp1,3 juta satu lembar.

Harga yang semakin melangit juga beredar di e-commerce Bukalapak. Dilansir dari cnbcindonesia.com, ada pelapak bernama Ridho Rizki Darmawan yang menawarkan uang tersebut sampai Rp50 juta satu lembar.

2. Diterbitkan Terbatas

Sekali lagi, tak heran jika uang ini banyak yang mengincar. Pasalnya, satu lembar uang Rp75 ribu hanya boleh dimiliki oleh satu identitas saja.

"Satu KTP tersebut berlaku untuk satu lembar UPK 75 Tahun RI dengan nominal Rp 75.000," ujar Perry Warjiyo pada cnbcindonesia.com saat perilisan uang edisi khusus HUT 75 RI, Senin (17/8/2020).

3. Harus Pesan Dulu

Adapun masyarakat yang ingin mendapatkannya harus terlebih dahulu memesan online lewat aplikasi pintar di website BI mulai 17 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB. Setelah melakukan pemesanan online maka bisa melakukan penukaran di seluruh kantor wilayah BI dan juga bank umum yang ditunjuk.

BI telah menunjuk lima bank umum yang bisa melayani penukaran uang edisi khusus ini. Kelima bank tersebut adalah Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA dan CIMB Niaga.

(kpl/tdr)



MORE STORIES




REKOMENDASI