60 Ucapan Selamat Hari Guru Sedunia yang Penuh Makna, Ungkap Rasa Terima Kasih Mendalam

Selasa, 05 Oktober 2021 11:33 Penulis: Puput Saputro
60 Ucapan Selamat Hari Guru Sedunia yang Penuh Makna, Ungkap Rasa Terima Kasih Mendalam
Ilustrasi (credit: shutterstock)


Kapanlagi Plus - Siapapun tentu setuju, guru merupakan salah satu profesi paling mulia di dunia ini. Wajar saja, pasalnya berkat jasa guru, kita bisa mengenal dunia lewat ilmu pengetahuan yang luas. Tak heran, jika ada satu hari khusus yang didedikasikan untuk para guru yang berjasa. Secara internasional, hari guru sedunia diperingati tiap tanggal 5 Oktober.

Hari guru sedunia tentu jadi salah satu hari yang istimewa, khususnya bagi para guru seringkali disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Sepanjang hidupnya, guru tak saja mengajarkan pelajaran di sekolah. Guru juga seringkali memberi pelajaran hidup berharga lewat nasihat bijak. Karenanya, hari guru bisa jadi satu momen yang tepat untuk mengenang jasa-jasa dan mengungkapkan rasa terima kasih kita pada mereka.

Untuk mengenang jasa dan berterima kasih, berikut ucapan selamat hari guru sedunia yang penuh makna dan bisa tunjukkan rasa terima kasih mendalam.

1. Ucapan Selamat Hari Guru Sedunia Ungkapkan Terima Kasih

Tak bisa dipungkiri, guru pastilah menjadi salah satu sosok berjasa di kehidupan seseorang. Saking besarnya jasa dan pengaruh yang diberikan, rasanya segala yang kita miliki mungkin tak akan cukup untuk membalasnya. Namun, beberapa ucapan selamat hari guru sedunia yang tulus tentu bisa sedikit membuat guru merasa lebih dihargai jasa-jasanya.

1. "Terima kasih wahai para guru kamu, karena engkaulah kami dapat membuka jendela dunia."

2. "Ilmu yang telah engkau ajarkan adalah hadiah paling indah yang pernah engkau berikan, Terima kasih guru."

3. "Guru yang berhasil adalah guru yang mampu mengantarkan muridnya lebih berhasil darinya. Terima kasih."

4. "Terima kasih untuk ilmu-ilmu yang kau berikan pahlawan tanpa tanda jasaku."

5. "Seorang guru yang jujur harus berniat agar muridnya lebih pintar darinya, dan seorang murid yang jujur juga harus mengakui kepintaran gurunya."

6. "Seorang guru, sejatinya juga seorang murid, ia belajar banyak hal karena tak seorang pun yang bisa mengerti semua hal di dunia ini."

7. "Jika ditanya pekerjaan apa yang paling mulia, tentu jawabannya adalah guru. Mereka yang membantu mendidik dan mencerdaskan kehidupan manusia. Terima kasih guru."

8. "Guru memang bukan orang hebat, tapi semua orang hebat adalah berkat dari jasa seorang guru. Terima kasih guru."

9. "Kami selalu bersyukur atas apa yang diberikan kepada kami. Guru bukan hanya mengajar kami, akan tetapi juga membimbing kami. Terima kasih wahai para Guru."

10. "Kesabaran dan keikhlasanmu menjadikan ilmu bermanfaat bagi kami. Terima kasih Guru."

11. "Terimakasih karena engkaulah kami dapat membuka jendela dunia."

12. "Terima kasih atas segala yang engkau korbankan untuk kami bu guru. Demi kami menjadi pribadi yang kuat dan bertanggung jawab. Bukan hanya untuk diri kami sendiri, tetapi untuk bangsa dan negeri ini."

13. "Terima kasih telah sabar mendidikku dan tak pernah lelah membagikan ilmumu kepadaku."

14. "Karena seorang guru pun selalu mengajarkan kita untuk menghafal dan mengingat, bukan untuk melupakan. Terima kasih Guru."

2. Ucapan Selamat Hari Guru Sedunia Menyentuh Hati

Guru tak saja jadi pengajar di sekolah. Lebih dari itu, guru juga seringkali mempunyai jalinan kedekatan dengan murid-muridnya. Karenanya, setiap kata-kata yang diungkapkan murid pada gurunya haruslah selalu penuh hormat dan hangat. Berikut beberapa ucapan selamat hari guru sedunia yang menyentuh hati.

15. "Siswa tidak membutuhkan guru yang sempurna. Siswa membutuhkan seorang guru yang bahagia. siapa yang akan membuat mereka bersemangat untuk datang ke sekolah dan menumbuhkan kecintaan untuk belajar."

16. "Aku baru tahu, sumber cahaya di jalan gelapku adalah dirimu, Guruku."

17. "Untuk guru yang mulia, jasa kalian akan selalu kami kenang, tetaplah menjadi pelita untuk anak bangsa. Terima kasih atas apa yang kalian berikan pada kami, baik itu ilmu, pembelajaran, dan harapan semangat."

18. "Ilmu yang telah engkau ajarkan adalah hadiah paling indah yang pernah engkau berikan. Terimakasih guru."

19. "Guru sejati adalah yang mampu menghidupkan cinta dalam sanubari murid-muridnya untuk mencintai sesama karena Allah SWT."

20. "Maaf kalau tindakan kami seperti tidak menghargai ibu ketika sedang belajar. Kami harap Ibu mau memaafkan kami, dan Ibu jangan bosan mengajari kami. Sebab, tanpa guru kami tidak akan memiliki karakter serta ilmu. Terima kasih, Bu Guru."

21. "Apa yang sudah guru lakukan selama ini begitu berguna bagi saya. Saya tidak mampu membalas kebaikan guru. Saya hanya bisa mengucapkan terimakasih dan biarkan Tuhan yang membalasnya."

22. "Untuk guru-guruku tersayang, Semoga amal kalian jariah, jutaan orang kau bekali ilmu, meski tak semua bisa menggugu. Tapi, kau tetap berjuang karena itu tugasmu. Terima kasihku dari anak dan sekaligus muridmu."

23. "Jasa-jasamu sangat mulia sekali, engkau adalah guru terbaik yang pernah aku temui. Nasihat dan juga bimbingan darimu akan selalu aku ingat selama-lamanya. Semoga Allah SWT selalu melindungimu."

24. "Guruku Tersayang. Guru tercinta. Tanpamu apa jadinya aku."

25. "Maafkan aku yang masih belum maksimal dalam mengamalkan segala hal yang telah aku pelajari dari guru-guruku. Terima kasih untuk ilmunya dan aku masih akan terus berusaha."

26. "Terima kasih atas bimbingan dan ilmunya yang bermanfaat, amal kalian akan terus mengalir seiring dengan bermanfaatnya ilmu yang engkau berikan."

27. "Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru, namamu akan selalu hidup dalam sanubariku."

28. "Setiap hari ku dibimbingnya. Agar tumbuhlah bakatku. Kan kuingat selalu nasihat guruku. Terima kasihku ucapkan."

29. "Dulu aku seorang pemimpi. Lalu guruku membantuku untuk menjadi diriku yang sekarang, peraih mimpi."

30. "Semua rasa hormat dan kemuliaan aku berikan padamu, guru. Semua jasa-jasamu akan kuingat selalu."

3. Ucapan Selamat Hari Guru Sedunia Penuh Makna

Bagaimana pun guru akan selalu jadi sosok istimewa di kehidupan seorang murid. Seringkali guru dan murid mempunyai kedekatan layaknya orangtua dan anak. Oleh sebab itu, kata-kata tentang guru selalu dituliskan dalam kata-kata yang penuh makna. Seperti beberapa beberapa ucapan selamat hari guru sedunia yang punya makna mendalam.

31. "Guru ujung adalah tombak generasi tunas bangsa, gurulah yang pertama mengukir akan dijadikan apa generasi muda ini."

32. "Guru biasa memberitahukan, Guru baik menjelaskan, Guru ulung memeragakan, Guru hebat mengilhami."

33. "Guru yang baik itu memberi sesuatu yang bisa dipikirkan di rumah selain PR."

34. "Guru yang baik itu mengajarkan dari hari, bukan dari buku."

35. "Guru yang baik tahu bagaimana membawa yang terbaik dalam diri siswa." - Charles Kuralt

36. "Guru bisa mengubah hidup hanya dengan campuran yang tepat antara kapur dan tantangan."

37. "Guru bak pelita penerang dalam gulita. Jasamu tiada tara."

38. "Guru yang baik itu membuat siswa bodoh menjadi cerdas dan membuat siswa cerdas menjadi lebih cerdas."

39. "Guru yang baik itu ibarat lilin, membakar dirinya sendiri demi menerangi orang lain."

40. "Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Bukan karena tidak berjasa tapi karena kita tidak bisa membalas jasanya. Terima kasih guru."

41. "Seorang guru itu adalah orang yang menyentuh masa depan."

42. "Terima kasih, kau telah mengairi gurun dalam kepalaku dan menumbuhkan cinta dalam hatiku."

43. "Orang hebat bisa melahirkan beberapa karya bermutu, tapi guru yang bermutu dapat melahirkan ribuan orang-orang yang hebat."

4. Ucapan Selamat Hari Guru Sedunia Bijak

Guru tak saja mengajarkan apa yang ada di buku. Guru mengajar muridnya dengan sepenuh hati dan rasa sayang, layaknya mendidik anak sendiri. Guru sering kali memberikan pesan bijak kepada murid-muridnya. Oleh karena itu, dari sosok guru pun, para murid juga bisa belajar banyak hal tentang kebijaksanaan hidup. Berikut beberapa ucapan selamat hari guru sedunia yang mengandung pesan bijak.

44. "Dari semua pekerjaan keras di sekitar, salah satu yang paling sulit adalah menjadi guru yang baik."

45. "Guru sejati adalah yang melakukan apa yang dia katakan dan diajarkan kepada murid-muridnya."

46. "Guru tidak akan pernah berhenti hingga kau menjadi lebih baik lagi."

47. "Guru yang biasa saja akan bercerita. Guru yang baik akan menjelaskan. Guru yang hebat akan mendemonstrasikan. Guru yang luar biasa akan menginspirasi."

48. "Guru yang baik itu sangat bijaksana dan tahu hari esok pada mata anak-anak didiknya."

49. "Guru yang baik mengubah seorang pengekor menjadi pemimpin yang hebat."

50. "Pendidikan merupakan kunci untuk sukses dalam kehidupan, dan para guru yang akan memberikan kesan mendalam pada kehidupan murid-muridnya."

51. "Pengajaran yang baik itu hakikatnya adalah memberikan pertanyaan yang benar lebih daripada memberikan jawaban yang benar."

52. "Yang paling hebat bagi seorang guru adalah mendidik, dan rekreasi yang paling indah adalah mengajar." - KH Maimoen Zubair.

53. "Dengan belajar kau bisa mengajar, dengan mengajar kau bisa paham."

54. "Seorang guru itu adalah orang yang berusaha mengajarkan dan menginspirasi siswanya dengan keinginan untuk belajar."

55. "Seorang guru memengaruhi keabadian; dia tidak pernah tahu di mana pengaruhnya berhenti." - Henry Adams

56. "Seorang guru itu adalah orang yang berani mengajar dengan tidak berhenti belajar."

57. "Seorang guru itu adalah orang yang mengajar untuk menciptakan semua profesi."

58. "Seorang guru itu adalah orang yang menginspirasi bahwa selalu ada bebatuan di jalan yang menghadang dan bagaimana memanfaatkan batu tersebut."

59. "Siswa membutuhkan guru, selayaknya seseorang yang membutuhkan cahaya di kegelapan."

60. "Apa yang ingin dipelajari murid sama pentingnya dengan apa yang ingin diajarkan guru. Terima kasih."

Itulah di antaranya kata-kata tentang guru yang bisa jadi ucapan selamat hari guru sedunia yang jatuh pada 5 Oktober. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi!

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI