Viral Air Laut Jembatan Suramadu Tak Menyatu, Ini Penyebabnya

Rabu, 20 Maret 2019 18:01 Penulis: Sanjaya Ferryanto
Viral Air Laut Jembatan Suramadu Tak Menyatu, Ini Penyebabnya
Air Laut Tak Menyatu © Facebook


Kapanlagi Plus - Kamu mengenal Jembatan Suramadu sebagai jembatan yang menghubungkan Surabaya dan juga Bangkalan, Madura. Jembatan ini memiliki panjang 5.438 meter dan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia.

Baru-baru ini, viral penampakan sesuatu yang tak biasa di laut bawah jembatan Suramadu. Dalam video yang tersebar, terlihat jika air laut tersebut seperti terpisah dan menjadi 2 bagian.

 

1. 2 Sisi Air Yang Tak Menyatu

Terlihat jika 2 sisi air tersebut seolah tak mau menyatu. Satu sisi berwarna keruh, sementara sisi lainnya berwarna jernih.

Tentu saja fenomena ini menjadi pembicaraan di social media. Diperkirakan jika fenomena tersebut terjadi saat air tawar bertemu dengan air laut yang kadar garamnya tinggi, sehingga keduanya enggan untuk bercampur.

2. Perbedaan Kadar Garam

Sebenarnya fenomena ini bukanlah yang pertama kali. Sebelumnya memang sudah ada fenomena air yang tak mau menyatu seperti ini di beberapa belahan dunia lain.

Penyebabnya kurang lebih sama, yaitu perbedaan kadar garam. Selain itu, arus bawah laut yang besar, perbedaan suhu dan kerapatan air juga diduga menjadi penyebab hal ini terjadi.

(kpl/frs)



MORE STORIES




REKOMENDASI