Viral Masker Bocor Dituang Minyak Kayu Putih, Eksperimen Ini Membuktikan Cara Yang Benar

Kamis, 14 Oktober 2021 10:00 Penulis: Jeffrey Winanda
Viral Masker Bocor Dituang Minyak Kayu Putih, Eksperimen Ini Membuktikan Cara Yang Benar
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Mulai dari masker hingga minyak kayu putih, dua benda ini adalah elemen penting untuk digunakan sehari-hari terutama kala musim pandemi COVID-19. Sudah jelas jika masker berguna untuk menjaga diri sekaligus pencegahan pertama dari penularan virus Corona. Sementara minyak kayu putih sendiri membuat pernapasan jadi lega sekaligus membuat tubuh tetap terasa hangat.

Bahkan, belakangan ini muncul ide untuk mengoleskan minyak kayu putih ke masker untuk membuat pernapasan semakin lega. Banyak orang yang melakukan cara ini buat mengurangi rasa pengap, susah bernapas, dan pusing ketika menggunakan masker selama berjam-jam.

Namun, baru-baru ini beredar sebuah video viral di dunia maya yang menjelaskan bahwa menuang minyak kayu putih pada masker malah bikin masker menjadi bocor dan nggak layak untuk dipakai lagi. Bagaimana sih faktanya?

Diawali dari Pembuktian Ketua PMI Sumatera Utara

(c) Youtube/VS Experiment(c) Youtube/VS Experiment

Perdebatan tentang baik tidaknya menuang minyak kayu putih ke dalam masker berawal dari video pembuktian yang dibuat oleh Ketua PMI Sumatera Utara. Dalam video tersebut menjelaskan jika masker yang telah dituang minyak kayu putih dapat membuat masker menjadi bocor dan merembes ketika terkena air.

Benar saja, masker yang bocor ketika kontak dengan air menjadi rusak dan nggak layak pakai. Video ini pun lantas menjadi perbincangan hangat di media sosial.

Pembuktian dengan Menuangkan Minyak Kayu Putih dan Mengoles Plossa Eucalyptus

(c) Youtube/VS Experiment(c) Youtube/VS Experiment

Untuk membuktikan kebenran dari kebocoran masker, channel YouTube VS Experiment membuktikan hal tersebut lewat sebuah video eksperimen. Dalam video ini membuktikan melalui 3 buah masker berbeda untuk menunjukkan keakuratannya.

Masker pertama tanpa minyak kayu putih, masker kedua dituang minyak kayu putih, serta masker satu lagi yang dioles dengan Plossa Eucalyptus yang memiliki bagian roller. Ketiga masker ini pun lantas direnganggkan dan kemudian dituangkan air sebagai pembuktian.

Benarkah Masker yang Kontak dengan Minyak Kayu Putih Bikin Bocor?

(c) Youtube/VS Experiment(c) Youtube/VS Experiment

Ketiga masker tersebut lantas digantung dan dituangkan air ke masing-masing permukaannya. Masker pertama tanpa tambahan apapun terlihat aman dan nggak bocor. Sedangkan masker kedua yang dituangkan minyak kayu putih mengalami kebocoran setelah air merembes dan menetes ke bawah. Sementara itu masker ketiga yang dioleskan Plossa Eucalyptus terbukti nggak menyebabkan kebocoran.

Sama-sama kontak dengan minyak kayu putih/eucalyptus, mengapa pengaplikasian secara dioles nggak bikin masker bocor? Ternyata Plossa Eucalyptus yang dioles membuat hasil olesan merata dan nggak berlebihan dibanding pengaplikasian minyak kayu putih dengan cara dituang.

Terungkap Hasil Visual Mikroskop Masker setelah Eksperimen Dilakukan

(c) Youtube/VS Experiment(c) Youtube/VS Experiment

Penuangan minyak kayu putih ke dalam masker terbukti membuat masker bocor. Hal ini dibuktikan dengan visual mikroskop di mana serat masker menjadi longgar dan nggak rapi. Sementara itu Plossa Eucalyptus yang dioles membuat hasil olesan merata dan nggak merusak serat di dalam masker.

See? Sebenarnya nggak masalah untuk menggunakan minyak kayu putih/eucalyptus ke masker. Namun ketahui cara penggunaannya yang benar ya agar nggak merusak masker!

Gunakan minyak kayu putih/eucalyptus berjenis roller seperti Plossa Eucalyptus. Minyak eucalyptus yang punya banyak kegunaan, seperti inhaler untuk melegakan hidung tersumbat dan meredakan stress, roll on yang bisa dioleskan di leher, pelipis, serta masker, serta bisa juga digunakan sebagai kerokan saat masuk angin hingga pijat relaksasi.

Dapatkan Plossa Eucalyptus di Toko Obat, Minimarket, atau di Enesis Official Store di Tokopedia dan Shopee.

Tonton video eksperimen selengkapnya dengan cara klik di sini ya!

(kpl/jef)

Reporter:

Jeffrey Winanda



MORE STORIES




REKOMENDASI