Whatsapp dan Instagram Luncurkan Fitur Baru, Makin Keren?

Kamis, 23 Februari 2017 08:45 Penulis: Agista Rully
Whatsapp dan Instagram Luncurkan Fitur Baru, Makin Keren?
© independent.co.uk

Kapanlagi Plus - Salah satu platform messenger yang paling sering digunakan di smartphone adalah Whatsapp. Alasannya, Whatsapp mengantongi kecepatan dan fitur yang cukup sederhana dan juga menjamin keamanan berkirim pesan antar pengguna. Karena beberapa faktor tersebut, Whatsapp menjadi platform yang difavoritkan pengguna smartphone daripada LINE, BBM, atau instant messenger lainnya.

Hingga saat ini, aplikasi yang dikembangkan mulai tahun 2009 tersebut telah diunduh lebih dari 51 juta kali di sistem operasi Android. Jauh lebih banyak daripada aplikasi chatting pesaing seperti LINE, BBM, atau Telegram yang diunduh kurang dari 20 juta kali. Hal ini membuktikan bahwa pengguna smartphone lebih memilih Whatsapp untuk berkirim pesan.

Semakin banyak pengguna, tentunya Whatsapp semakin mengembangkan fitur yang mereka miliki terutama setelah diambil alih oleh Facebook pada tahun 2014 silam. Sebelum diakuisisi Facebook, Whatsapp pernah mengenakan biaya sekitar Rp 9.500 untuk penggunaan selama satu tahun. Namun kebijakan keamanan ini ditiadakan setelah perusahaan yang berlokasi di California ini diambil alih Facebook.

Fitur Whatsapp terbaru memungkinkan pengguna untuk membuat status foto yang menghilang dalam 24 jam © istimewaFitur Whatsapp terbaru memungkinkan pengguna untuk membuat status foto yang menghilang dalam 24 jam © istimewa

Kini, Whatsapp mengenalkan fitur baru yakni Whatsapp status. Sebetulnya fitur status telah lama ada di aplikasi berikon balon telepon hijau ini. Namun pada update terbarunya, Whatsapp membuat fitur status ini semakin mirip dengan aplikasi foto Snapchat atau Instagram Stories. Dengan fitur ini, pengguna dapat berbagi foto, video, atau gambar GIF dan menambahkan tulisan atau emoji. Mirip dengan snapchat, postingan tersebut akan hilang dalam kurun 24 jam. Makin keren?

Tak hanya Whatsapp, sebelumnya Instagram yang melengkapi aplikasi dengan fitur ini kini menambahkan fitur baru lagi. Bagi pemilik akun perdagangan, maka terdapat sebuah button khusus yang dapat menunjukkan produk yang dijual dengan menyentuh ikon belanja
di bagian kiri bawah foto. Fitur terbaru ini bisa dibilang menguntungkan bagi para pelaku bisnis online.

Sementara fitur Instagram terbaru memungkinkan pebisnis online memasarkan barang sekaligus dalam sebuah foto tanpa menuliskan di caption © istimewaSementara fitur Instagram terbaru memungkinkan pebisnis online memasarkan barang sekaligus dalam sebuah foto tanpa menuliskan di caption © istimewa

Sayangnya fitur terbaru Instagram yang dapat dimanfaatkan oleh para pebisnis online ini hanya berlaku bagi brand terkenal saja, seperti Victoria Secret, Bucchery, Nike, Gucci, dan sebagainya. Tapi tak menutup kemungkinan suatu saat fitur ini dapat digunakan oleh akun online shop mikro, termasuk toko online-mu karena tren toko online tak hanya menjamur di Indonesia saja.

Di era teknologi seperti saat ini, para developer aplikasi memang berlomba-lomba untuk mengembangkan fitur baru yang menarik pengguna. Meski demikian pengembangan ini tak selamanya memuaskan para pengguna, ada juga pengguna yang keberatan dengan keberadaan fitur Whatsapp yang mirip dengan Snapchat ini. Bagaimana pendapat kalian tentang fitur baru dua aplikasi favorit ini? Bagikan di kolom komentar ya.

(kpl/agt)

Editor:

Agista Rully



LATEST UPDATE




REKOMENDASI