Yuk, Uji Pengetahuanmu Dengan Jawab Maskot dari Asian Games 2018

Selasa, 27 Maret 2018 11:31 Penulis: Galuh Esti Nugraini
Yuk, Uji Pengetahuanmu Dengan Jawab Maskot dari Asian Games 2018
Maskot Asian Games 2018 (credit: instagram.com/asiangames2018)


Kapanlagi Plus - Hai KLovers, udah pada tahu belum maskot buat Asian Games 2018? Nah, maskot ini diambil dari ketiga jenis hewan khas Indonesia lho. Mereka dianggap mewakili karakter yang sesuai dengan berbagai cabang olahraga.

Tak hanya itu, mereka juga diberi nama yang lucu-lucu. Hal ini dimaksudkan agar publik mudah mengingatnya. Ya, ketiga maskot ini diberi nama Bhin Bhin, Atung, dan Kaka. Tahu gak, asal nama mereka dari mana?

Nama mereka ini ternyata merepresentasikan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Berawal dari berbagai keragaman yang ada di Indonesia. Maka dari situlah diambil tiga maskot sekaligus. Menarik ya!

Nah, sekarang KLovers coba tebak, Bhin Bhin, Atung, dan Kaka ini dari hewan apa sih? Gampang banget kan. Karena dilihat dari bentuknya saja harusnya KLovers sih udah tau.

1. Bhin Bhin

Bhin Bhin (credit: asiangames2018.id)Bhin Bhin (credit: asiangames2018.id)

Kasih petunjuk sedikit lah ya. Hewan bernama Bhin Bhin ini adalah hewan khas Indonesia yang tersebar di timur Indonesia. Ya, bisa juga dilihat dari rompi yang dikenakan. Hewan ini memakai rompi dengan motif yang berasal dari Suku Asmat, Papua. Kira-kira hewan apa ya?

2. Atung

Atung (credit: asiangames2018.id)Atung (credit: asiangames2018.id)

Jika Bhin Bhin berasal dari timur Indonesia, lain lagi dengan Atung. Hewan ini tersebar di Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur. Biasanya hewan ini lebih aktif di malam hari. Atung sendiri nanti akan memakai sarung dengan motif tumpal dari Jakarta. Gimana, udah tau kan Atung ini hewan apa?

3. Kaka

Kaka (credit: asiangames2018.id)Kaka (credit: asiangames2018.id)

Yang terakhir adalah Kaka. Kalau KLovers udah lihat gambar ilustrasinya Kaka, pasti udah bisa nebak dong. Hewan ini termasuk hewan langka di dunia lho. Populasinya sekarang saja tak lebih dari 60 ekor. Mereka biasa ditemui di Ujung Kulon. Kaka akan memakai baju adat asal Palembang nantinya. Jadi menurut KLovers, hewan apakah Kaka ini?

Untuk tahu jawabannya, KLovers bisa lihat dibawah ini. Semoga jawaban kalian benar semua ya. Selamat mencoba!

1. Yuk, Cari Tahu Jawabannya

Udah coba ditebak? Pasti udah tahu dong jawabannya apa? Yuk jawaban serta penjelasannya ada di bawah ini.

1. Bhin Bhin

Bhin Bhin diadopsi dari burung cendrawasih (credit: instagram.com/indonesiansport.info)Bhin Bhin diadopsi dari burung cendrawasih (credit: instagram.com/indonesiansport.info)

Bhin Bhin ini adalah maskot yang diadaptasi dari seekor burung cendrawasih. Dengan nama latin Paradisaea Apoda ini memang cendrawasih tersebar di timur Indonesia. Biasanya tersebar di Papua dan Pulau Aru.

Burung cendrawasih ini sering dijuluki burung dari surga lho. Karena keindahan dari bulu-bulunya. Burung cendrawasih ini diambil karena mempresentasikan strategi, harapannya agar para atlet khususnya atlet Indonesia bisa bersaing dengan menggunakan strategi yang baik.

2. Atung

Atung diadopsi dari rusa bawean (credit: instagram.com/indonesiansport.info)Atung diadopsi dari rusa bawean (credit: instagram.com/indonesiansport.info)

Atung adalah seekor rusa bawean. Nama bawean sendiri adalah tempat dimana rusa-rusa tersebut banyak dijumpai. Hewan ini memiliki nama latin Hyelaphus Kuhlii.

Nah, rusa bawean ini merepresentasikan kecepatan. Ya, rusa memang dikenal sebagai hewan yang memiliki kecepatan berlari yang baik.

3. Kaka

Kaka diadopsi dari badak bercula satu (credit: instagram.com/indonesiansport.info)Kaka diadopsi dari badak bercula satu (credit: instagram.com/indonesiansport.info)

Bagaimana, apakah kedua jawaban KLovers sudah benar? Hewan yang ketiga ini tentu KLovers sudah tahu. Kaka diadaptasi dari badak bercula satu. Badak yang dapat KLovers temui di suaka margasatwa Ujung Kulon.

Hewan dengan bahasa latin Rhinoceros Sondaicus ini memperlihatkan simbol kekuatan. Ya bagaimana tidak, melihat badak bercula satu yang besar seperti itu pasti mempunyai kekuatan dibaliknya.

Apakah KLovers telah menjawab betul dari ketiga hewan tersebut? Pasti lah ya. Sebentar lagi ajang olahraga terbesar se-Asia akan diselenggarakan. Acara akan berlangsung dari tanggal 18 Agustus sampai 2 September 2018.

Sebagai tuan rumah, KLovers tentu ikut mendukung acara tersebut. Bebagai persiapan telah dilakukan, mulai dari perbaikan fasilitas dan infrastruktur. Semoga Asian Games 2018 dapat berjalan lancar ya KLovers.

(kpl/gen)



MORE STORIES




REKOMENDASI