10 Cara Menggemukkan Badan Secara Alami Dan Cepat Tidak Perlu Obat-Obatan

Kamis, 09 Mei 2019 14:17 Penulis: Editor KapanLagi.com
10 Cara Menggemukkan Badan Secara Alami Dan Cepat Tidak Perlu Obat-Obatan
Ilustrasi gambar (Credit: Shutterstock)

Kapanlagi Plus - Memiliki tubuh yang ideal memang menjadi sebuah pencapaian tersendiri bagi sebagian orang. Definisi tubuh ideal pun berbeda setiap orangnya. Biasanya orang menganggap tubuh yang bagus dengan kelangsingan, pinggang ramping atau sesuai dengan tinggi badan (berat badan dan tinggi badan seimbang). Dan kebanyakan orang memang ingin langsing sehingga mereka rela menghabiskan banyak uang untuk dapat mengurangi berat badan mereka. Namun, lain lagi ceritanya kalau sebenarnya tidak sedikit orang yang menganggap tubuh mereka terlalu kurus guys. Sehingga memerlukan asupan makanan yang banyak supaya dapat menggemukkan badan secara alami.

Sama halnya ketika seseorang tidak percaya diri memiliki tubuh gemuk, tubuh kurus pun juga bisa membuat seseorang menjadi tidak nyaman sehingga ingin menambah berat badan. Namun, jangan langsung mengambil jalan pintas ya guys? Obat-obatan bukanlah salah satu opsi yang bisa kalian lakukan. Karena tidak semua hal yang instan berdampak baik buat kalian. Maka dari itu, untuk meminimalisir resiko-resiko buruk sebelum kalian mengambil jalan yang salah mendingan intip dulu cara menggemukkan badan secara alami berikut ini.

1. Jangan Biasakan Tidur Tengah Malam (Begadang)

Apakah kalian termasuk orang-orang yang suka terjaga tengah malam? Well, jika iya lebih baik kalian hentikan kebiasaan itu guys. Dengan seringnya kalian begadang tengah malam, hal itu jadi berdampak buruk bagi tubuh kalian sendiri. Karena, begadang pada malam hari dan tanpa mengonsumsi makanan apapun dapat menyebabkan berat badan turun. Hal itu karena tidak adanya keseimbangan nutrisi pada malam hari ketika begadang. Jadi, sebisa mungkin kalian tidur yang cukup.

2. Minum Susu

Cara ini dipercaya paling efektif sebagai cara menggemukkan badan secara alami. Karena kandungan gizi pada susu yang lengkap seperti kalori, lemak, dan protein yang dapat meningkatkan berat badan dan membuat tubuh menjadi berisi. Jadi, jangan lupa untuk minum susu setiap harinya di pagi hari setelah sarapan.

3. Biasakan Sarapan

Ilustrasi sarapan pagi (credit: Shutterstock)Ilustrasi sarapan pagi (credit: Shutterstock)

Cara menggemukkan badan dengan sarapan juga bisa dicoba. Memang terkadang jika kita terlalu sibuk dengan aktivitas sehari-hari kita seseorang jadi lupa sarapan pagi. Bahkan sengaja melewatkannya karena sudah menjadi kebiasaan. Namun tidak baik hal ini untuk dilakukan jika kalian ingin menambah berat badan, kenapa? Karena melewatkan sarapan sama dengan mencegah pertumbuhan berat badan yang juga berpengaruh terhadap daya tahan tubuh kalian guys. So, biasakan saran ya mulai sekarang.

4. Makan makanan yang kaya akan protein dan karbohidrat

Untuk menggemukkan badan secara alami, nggak cuman sayur dan susu aja yang dibutuhkan, kalian juga butuh mengonsumsi makanan yang mengandung protein seperti telur, daging, dan ikan, yang baik untuk pertumbuhan berat badan kalian. Selain protein juga ada karbohidrat. Eits, makanan karbo juga nggak melulu nasi guys, kalian bisa mengonsumsi varian makanan karbohidrat lainnya seperti kentang, ubi, singkong, dan tepung. Makanan yang kaya akan karbohidrat akan memasok kebutuhan kalori dalam tubuh yang berfungsi untuk menambah berat badan.

5. Minum Air Putih Yang Banyak

Ilustrasi air putih (credit: Shutterstock) Ilustrasi air putih (credit: Shutterstock)

Cara menggemukkan badan secara alami yaitu dengan sering minum air putih. Cara ini diyakini bisa membantu menggemukkan badan secara alami loh. Jadi, kalau biasanya kalian lebih sering meminum minuman selain air mineral, lebih baik hal itu kalian hindari. Karena selain tidak sehat, minuman kemasan atau yang lainnya dapat merusak kondisi tubuh kalian. Yang akhirnya jadi tidak sehat dan berat badan kalian jadi susah naik.

6. Rajin Olahraga Rutin

Walaupun tubuh kalian mungkin tidak ideal atau kurusan, tapi tetap jangan tinggalkan olahraga. Olahraga juga penting kalian lakukan untuk menjaga daya tahan dan kebugaran tubuh kalian. Karena ketika berolahraga, kalian akan jadi mudah lapar karena capeknya. Selain itu, gaya hidup sehat yang kalian terapkan dengan berolahraga juga dapat meningkatkan nafsu makan kalian sehingga berat badan kalian akan meningkat secara perlahan.

7. Rajin Minum Jus Buah Atau Smoothie

Ilustrasi jus dan smoothie (credit: Shutterstock)Ilustrasi jus dan smoothie (credit: Shutterstock)

Minum jus juga bisa kalian jadikan opsi sebagai cara menggemukkan badan loh. Karena buah-buahan mengandung banyak sekali nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kalian guys. Cobalah untuk minum jus secara rutin setiap hari, dan rasakan hasilnya. Atau, jika kalian bosan dengan jus kalian juga bisa minum smoothie hanya dengan menambahkan susu atau yogurt pada jus kalian.

8. Nyemil Makanan Ringan Yang Sehat

Pasti kalian udah tau kan kalau kebiasaan nyemil pasti bikin berat badan bertambah. Nah, ini yang harus kalian lakukan guys. Eits, tapi bukan sembarang camilan. Akan lebih baik jika kalian ngemil makan-makanan yang sehat seperti buah, atau sandwich sederhana yang bisa kalian buat sendiri seperti roti tawar dengan selai dan topping buah dan sayur. Akan lebih lengkap juga kalau kalian tambahkan susu. Camilan seperti inilah yang akan membantu menggemukkan badan kalian secara alami sekaligus menyehatkan.

9. Sering-Sering Makan

Ilustrasi makan (credit: Shutterstock)Ilustrasi makan (credit: Shutterstock)

Cara menggemukkan badan secara alami selanjutnya adalah sering-sering makan. Kalau kalian biasanya cuman makan 1 atau 2 kali aja dalam sehari, kali ini untuk menaikkan berat badan kalian dianjurkan untuk sering-sering makan. Namun tenang saja makan kali ini tidak harus dalam porsi besar ya guys. Cukup dengan porsi kecil saja namun sering, bisa sampai 5-6 kali dalam sehari.

10. Hindari Kebiasaan Minum Sebelum Makan

Mungkin cara ini memang membingungkan, tapi maksudnya adalah supaya kalian tidak cepat kenyang sebelum makan. Karena kalau kalian minum terlebih dahulu artinya kalian akan mengurangi porsi makan karena sebagian jatah makanan yang seharusnya kalian konsumsi tergantikan dengan air yang masuk duluan ke perut kalian.

Nah, itulah beberapa cara menggemukkan badan secara alami yang bisa kalian coba. Memang sulit untuk melakukan semua cara sekaligus. Namun, kalian juga dapat memilih beberapa cara saja yang menurut kalian paling efektif untuk membantu menggemukkan badan secara alami.

 

Penulis: Eva Nur Fauziyah

 

 

 

 

 

(kpl/mag/evv)



MORE STORIES




REKOMENDASI