10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat dalam 1 Hari

Selasa, 11 Juni 2019 16:43 Penulis: Zaki Mursidan Baldan
10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat dalam 1 Hari
(c) shutterstock

Kapanlagi Plus - Terlebih bagi cewek, jerawat memang menjadi salah satu problem kecantikan yang menyebalkan. Bukan hanya dapat memengaruhi rasa percaya diri, bahkan bekas jerawatnya pun ternyata cukup sulit untuk dihilangkan. Apakah kamu termasuk yang pernah mengalami kesusahan saat ingin menghilangkan bekas jerawat?

Untuk diketahui ternyata bekas jerawat terbagi dalam tiga kategori, yaitu Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH), Post Inflammatory Erythema (PIE), serta Atrophic Scars. PIH adalah bekas jerawat berupa nada kehitaman atau kecokelatan yang disebabkan oleh melanin. Sedangkan kemudian PIE merupakan bekas jerawat berwarna kemerahan yang disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah. Yang terakhir, Atrophic Stars biasanya tampak sebagai lekukan di kulit.

Penyebab munculnya jerawat pun ada bermacam dan harus kamu waspadai. Misalnya saja tidak menangani jerawat dengan cepat dan tepat. Kemudian, kebiasaan memencet, mengelupas, dan memecahkan jerawat juga jadi pemicu yang ampu munculnya bekas jerawat yang menyebalkan. Memang sulit sih menahan godaan untuk memecah jerawat, tapi sebaiknya segera hentikan daripada wajahmu dipenuhi bekas jerawat, kan?

Sebenarnya asal kamu tahu, menghilangkan bekas jerawat dalam waktu yang cukup singkat itu bukan pekerjaan berat. Poin terpentingnya, kamu mengetahui apa bahan dan bagaimana langkah yang mesti dilakukan agar bekas jerawat tak lagi mengganggu kepercayaan diri. Tak perlu khawatir, berikut 10 cara paling efektif dalam menghilangkan bekas jerawat dengan cepat dalam waktu satu hari saja.

Makeup

Ini dia jurus pertama yang ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat. Makeup tentunya banyak menjadi pilihan para wanita demi mengembalikan rasa percaya diri akibat bekas jerawat. Agar kecantikanmu tetap terpancar sempurna, pastikan kamu memilih makeup yang tidak memiliki kandungan minyak dan noncomedogenic. Sebaliknya, akan lebih baik kalau kamu menjatuhkan pilihan pada makeup yang mengandung silica, titanium dioksida, dan zinc oksida.

Deretan bahan di atas diklaim tidak akan menyakiti sekaligus tidak akan menyebabkan kulit pengguna iritasi. Selain itu, bahan-bahan itu juga sangat efektif dalam menghilangkan minyak dari kulit dan menutupi kemerahan akibat jerawat. Concealer warna hijau bisa banget jadi pilihan untuk menyamarkan bekas jerawat, setelah itu baru kasih taburkan bedak tipis-tipis.

Minyak Zaitun

(c) pexels(c) pexels

Minyak yang satu ini dikenal memiliki beragam manfaat yang tak bisa disepelekan. Bukan hanya ampuh digunakan sebagai andalan dalam menjaga kesehatan, ternyata zaitun juga amat manjur buat menghilangkan bekas jerawat dengan cepat sekaligus membantu mempertahankan kulit cantik. Tahukah kamu ternyata zaitun memiliki kebaikan luar biasa dalam mencegah peradangan kulit, mencegah jerawat, dan menghilangkan bekasnya.

Zaitun memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan yang tinggi, dua nutrisi ini punya kemampuan brilian buat menghilangkan bekas jerawat. Langkah yang perlu kamu lakukan mudah banget, tinggal oleskan minyak zaitu di bekas jerawat secara merata kemudian diamkan selama 15 sampai 20 menit lalu bilas sampai bersih. Biar hasilnya maksimal, lakukan treatment tersebut secara rutin ya.

Madu

(c) pexels(c) pexels

Tak terhitung betapa banyaknya zat-zat bermanfaat yang dimiliki oleh madu. Mengonsumsinya secara rutin dapat menghadirkan beragam kebaikan buat tubuh. Kemudian dengan treatment yang tepat, madu juga bisa membantumu dalam menghilangkan bekas jerawat. Langkah yang bisa ditempuh adalah dengan mengoleskan madu murni pada bagian bekas jerawat. Lalu diamkan hingga madu mengering, kalau sudah tinggal bilas pakai air hangat.

Blueberry

Gemar menggunakan sesuatu bercita rasa blueberry sebagai toping? Sesekali tak ada salahnya untuk lebih cermat lagi dalam memanfaatkan buah yang satu itu. Misalnya dengan memanfaatkan blueberry sebagai penghilang bekas jerawat karena di dalamnya terkandung beberapa nutrisi yang ampuh untuk menyempurnakan kecantikan alami kulit wajah.

Caranya adalah dengan tumbuh blueberry sampai halus. Tapi sebelum itu jangan lupa untuk mencucinya sampai bersih ya. Setelah itu oleskan pada bekas jerawat, diamkan selama beberapa menit, dan rasakan sendiri manfaatnya.

Cuka Apel

Di dalam cuka apel terdapat kandungan nutrisi yang dapat membantu menghilangkan jerawat. Di antaranya, antiseptik dan alfa hidroksi. Meski banyak belum diketahui banyak orang, kamu bisa membuktikan sendiri kelebihan cuka apel yang satu ini. Lantas apa yang perlu dilakukan? Pertama gunakan kapas yang telah dibasahi oleh kapas pada bekas jerawat. Diamkan selama dua sampai tiga menit kemudian bilas sampai bersih dengan air.

Gula

Bahan dasar gula adalah tebu yang mengandung asam glikolat dan alfa hidroksi. Keduanya dipercaya sangat ampuh dalam membersihkan kulit mati sekaligus membentuk jaringan baru. Bukan hanya ampuh untuk jadi campuran dalam membuat makanan dan minuman lebih lezat, gula juga bermanfaat buat menghilangkan bekas jerawat dengan cepat. Caranya, gunakan sebagai scrub dengan menambahkan minyak zaitun dan air lemon. Oleskan pada bekas jerawat dan diamkan selama kurang-lebih 15 menit. Kalau sudah, bilas hingga bersih.

Kentang

(c) pexels(c) pexels

Bukan hanya ampuh untuk menghilangkan rasa lapar dengan memenuhi kebutuhan asupan karbohidrat dan protein tubuh, tapi kentang juga bisa diandalkan buat melenyapkan bekas jerawat dengan memanfaatkannya sebagai masker. Kalau nggak percaya bisa dibuktikan sendiri. Step-nya, iris kentang tipis-tipis dan tempelkan pada bagian atau bekas jerawat. Setelah itu diamkan selama 10 menit saja dan cuci wajah sampai bersih.

Baking Soda

Kalau kamu termasuk orang yang gemar membuat kue, tentunya nggak asing dong sama bahan yang satu ini? Kabar gembira ternyata baking soda bisa dimanfaatkan sebagai salah satu jurus menjaga dan mengembalikan kesehatan kulit, lho. Meski fungsi sebenarnya untuk membuat adonan kue jadi lebih mengembang, baking soda bisa bantu menghilangkan bekas jerawat. 

Penasaran sama caranya? Gampang, yang perlu kamu lakukan cuma siapkan beberapa sendok teh baking soda kemudian campurkan air secukupnya. Aduk hingga mengental lalu oleskan pada bekas jerawat. Bila sudah merata lakukan pijatan secara perlahan dan diamkan selama kurang lebih dua sampai tiga menit. Kalau sudah selanjutnya bilas dengan air hangat dan oleskan pelembap alami seperti minyak kelapa atau minyak zaitun. Terakhir, rasakan manfaatnya deh!

Es Batu

Yup, es batu bisa jadi cara ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat yang menyebalkan dan sedikit mengurangi percaya dirimu. Sifat dingin pada es ternyata dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit dan menjaga kelancaran sirkulasi darah pada kulit. Caranya, oleskan aja es batu pada bekas jerawat dan biarkan selama beberapa menit. Kulit jadi lebih segar dan siap-siap bekas jerawat hilang.

Bawang Putih

(c) pexels(c) pexels

Entah berapa banyak makanan yang bakal tambah nikmat dan lezat saat disajikan apabila bawang putih dimasukkan sebagai salah satu bahan masak. Makin istimewa, karena bila diteliti lebih dalam ternyata bawang putih juga sangat bisa diandalkan dalam membantu menjaga kecantikan dan kesehatan kulitmu. Di dalamnya terdapat beragam kandungan yang penting dan bermanfaat lho, salah satunya seperti senyawa thiacremonon sulfur sebagai anti bakteri untuk menghilangkan bekas jerawat.

Cara yang harus dilakukan mudah saja kok, karena bisa dilakukan kapan saja, bahkan di sela-sela kesibukan atau saat sedang bersantai di rumah. Langkah yang perlu dilakukan, potong satu siung bawang putih menjadi setengahnya. Lanjutkan dengan menempelkan dan menggosok perlahan potongan bawang putih ke area bekas jerawat di wajah. Diamkan sejenak kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih. Sebagai alternatif, kamu juga bisa menggunakan minyak bawang putih.

Itu tadi beberapa bahan-bahan luar biasa yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat yang sedikit menyebalkan dan dapat mengganggu penampilan. Kabar gembiranya, semua cara di atas menggunakan bahan yang alami sehingga minim efek samping. Buktikan sendiri dan segera say bye buat bekas jerawat mengganggu!

 

 

(kpl/zki)



MORE STORIES




REKOMENDASI