10 Jenis Burung Lovebird Paling Favorit Beserta Cirinya

Kamis, 04 Februari 2021 13:11 Penulis: Dita Tamara
10 Jenis Burung Lovebird Paling Favorit Beserta Cirinya
(credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Apakah kalian pecinta hewan? Hewan apa yang menjadi favorit kalian? Banyak sekali hewan-hewan lucu yang bisa dijadikan peliharaan, seperti kucing, anjing, kelinci, dan lainnya. Memiliki hewan peliharaan di rumah ternyata memiliki banyak sekali manfaat. Ketika kalian memilih untuk memelihara hewan, awalnya memang sedikit merepotkan karena harus memandikan, membeli makan, membersihkan kandang, dan juga harus selalu rutin membersihkan kotorannya agar hewannya terawat dan sehat.

Namun faktanya, memelihara hewan memberi dampak positif bagi psikologis anak karena hewan bisa memberikan ketenangan bagi orang-orang disekitarnya. Memelihara hewan selain dapat menumbuhkan rasa peduli terhadap anak, juga dapat membantu anak menjadi orang yang bertanggungjawab.

Ada banyak sekali hewan yang bisa dijadikan peliharaan. Tapi tahukah kalian dalam beberapa tahun terakhir lovebird cukup mencuri perhatian bagi para pecinta hewan. Dari banyak jenis burung yang ada, lovebird menjadi jenis burung yang banyak diminati. Selain karena memiliki suara yang unik, juga karena ada banyak  jenis lovebird dengan berbagai warna bulu yang cantik.

Lovebird adalah salah satu jenis burung kicau yang memiliki ukuran tubuh sangat kecil bekisar 13-17 cm saja, dengan berat badan hanya 40-60 gram. Awalnya burung ini hanya memiliki 9 spesies saja, tapi seiring perkembangan zaman, lovebird sering menjadi percobaan perkawinan silang agar menghasilkan warna bulu yang lebih bervariasi. Lovebird Topeng, lovebird Muka Salem, dan lovebird Fischer adalah jenis lovebird yang sering dikawin silang agar menghasilkan perubahan warna. Nah untuk kalian yang penasaran dan ingin lebih paham tentang burung lovebird, berikut jenis burung lovebird beserta cirinya:

 

1. Lovebird Muka Salem (Agapornis Roseicollis)

Jenis lovebird pertama adalah Muka Salem yang berasal dari daerah Namibia, Angola, dan Afrika Selatan. Lovebird Muka Salem memiliki ukuran tubuh sebesar 15 cm dan warna tubuh yang beragam. Umumnya, tubuh lovebird Muka Salem berwarna kuning, di sisi bulu dahi berwarna merah, disamping pipinya berwarna merah muda, bulu sayapnya berwarna hijau dengan ujung memiliki sedikit warna biru.

 

2. Lovebird Fischer (Agapornis Fischeri)

Lovebird ini dinamakan Fischer karena pertama kali ditemukan oleh Gustav Fischer. Jenis burung lovebird Fischer adalah satu jenis yang banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Habitat asli lovebird Fischer ada di daerah selatan dari danau Victoria di Tanzania Utara. Lovebird Fischer memiliki tubuh berukuran 14 cm yang didominasi oleh warna hijau, bagian dada sampai kepala berwarna orange, dan bagian mata dikelilingi warna putih. Makanannya adalah jagung dan millet.

 

3. Lovebird Madagaskar (Agapornis Canus)

Dinamakan lovebird Madagaskar karena burung ini berasal dari Madagaskar, Benua Afrika. Lovebird Madagaskar belum banyak dipelihara di Indonesia, dan merupakan jenis burung lovebird paling kecil diantara lovebird lainnya. Burung ini hanya memiliki tubuh berukuran 13 cm dengan berat 30-50 gram. Ciri-cirinya mempunyai kombinasi warna hijau dan abu-abu.

 

4. Lovebird Topeng (Agapornis Personatus)

Jenis burung lovebird selanjutnya adalah lovebird Topeng. Lovebird Topeng adalah jenis burung yang sangat unik dan menarik, karena mempunyai topeng berwarna hitam yang ada disekitar wajahnya. Burung yang ditemukan pertama kali di timur laut Tanzania, Brundi, dan Kennya. Ciri-cirinya memiliki tubuh berukuran 14 cm dengan warna bulu didominasi hijau, di leher berwarna kuning, serta di bagian kepala berwarna hitam.

 

5. Lovebird Muka Merah (Agapornis Pullaria)

Muka merah juga termasuk salah satu jenis burung lovebird paling favorit. Ciri-cirnya adalah dibagian wajah dan dahi berwarna merah dan besar tubuhnya berukuran 15 cm. Lovebird Muka Merah lebih banyak ditemui di daerah pesisir Afrika Tengah sampai Barat Ethiopia.

 

6. Lovebird Sayap Hitam (Agapornis Taranta)

Jika sebelumnya lovebird Madagaskar adalah jenis burung lovebird terkcil, maka lovebird Sayap Hitam menjadi jenis burung lovebird terbesari di dunia. Lovebird Sayap Hitam memiliki tubuh berukuran hingga 17 cm, dan mempunyai kombinasi tubuh berwarna hijau, mulut dan dahi berwarna merah, dan ujung sayap berwarna hitam. Burung yang menyukai jagung dan biji bunga matahari ini berasal dari Eritrea Selatan dan Ethiopia Selatan.

 

7. Lovebird Pipi Hitam (Agapornis Nigrigenis)

Lovebird Pipi Hitam mempunyai habitat di daerah hutan gugur dekat perairan seperti Air Terjun Victoria di Zambia. Burung ini memiliki ciri-ciri pipi yang berwarna hitam dan tubuh yang berwarna hijau kekuning-kuningan.

 

8. Lovebird Kerah Hitam (Agapornis Swinderniana)

Jenis burung lovebird Kerah Hitam berasal dari negara Afrika. Ciri-ciri dari Kerah Hitam adalah memiliki tubuh berukuran 13,5 cm dan memiliki warna kerah berwarna hitam.

 

9. Lovebird Lilian (Agapornis Lilianae)

Lovebird Lilian memiliki warna tubuh sebagian besar hijau, leher yang berwarna kuning, kepala berwarna merah, dan dahi berwarna orange. Habitat asli Lilian berada di Malawi, Mozambik, Tanzania, Zimbabwe Utara, dan Zimbabwe Tenggara.

 

10. Lovebird Albino

Lovebird Albino adalah jenis burung lovebird yang langka dan jarang dipelihara, salah satunya karena harga burung ini yang terbilang cukup mahal. Sesuai namanya, burung ini berwarna putih dengan sebagian mata berwarna hitam atau merah.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI