Bingung Cari Rekomendasi Suplemen untuk Program Hamil? Pastikan Ada 10 Kandungan Ini di Dalamnya

Senin, 09 Mei 2022 18:11 Penulis: Dhia Amira
Bingung Cari Rekomendasi Suplemen untuk Program Hamil? Pastikan Ada 10 Kandungan Ini di Dalamnya
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Bagi mereka yang berumah tangga, kehadiran anak memang menjadi sebuah hadiah dan hal yang membahagiakan. Maka dari itu, bagi yang ingin memiliki momongan, maka kalian bisa melakukan berbagai cara salah satunya mengonsumsi suplemen. Namun, ada yang perlu diperhatikan dalam kandungan yang terdapat pada suplemen untuk program hamil.

Ya, ada banyak jenis suplemen dengan berbagai jenis vitamin di dalamnya. Kalian harus tahu, mana suplemen yang bisa membantu kalian dalam melancarkan program hamil. Ada beberapa kandungan yang perlu diperhatikan bagi rekomendasi suplemen untuk program hamil. Namun, perlu diingat ya KLovers, kalian juga perlu berkonsultasi pada dokter.

Karena, dokter lebih mengetahui kandungan vitamin mana yang bisa membantu kalian dalam melakukan program hamil. Dan suplemen mana yang baiknya dikonsumsi selama melakukan program hamil. Sehingga, program bisa terlaksana dengan baik dan juga sehat.

Apa saja ya kandungan yang perlukan bagi rekomendasi suplemen untuk program hamil tersebut? Berikut ini beberapa kandungan yang perlu bagi rekomendasi suplemen untuk program hamil yang wajib kalian perhatikan. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Vitamin B3

Kandungan yang perlu bagi rekomendasi suplemen untuk program hamil yang pertama yaitu, ada vitamin B3. Vitamin ini sangat baik dikonsumsi saat program hamil ataupun saat sedang mengandung. Kandungan vitamin B3 ini berfungsi untuk mengurangi risiko keguguran dan cacat lahir.

Vitamin ini juga memiliki manfaat lain seperti menurunkan kadar stres dan risiko insomnia, serta meningkatkan mood. Karena, mood juga bisa mempengaruhi hormon kalian loh KLovers. Kalian bisa memilih suplemen dengan kandungan B3 ataupun mengonsumsi makanan alami seperti ikan tuna, jamur, kacang, alpukat, dada ayam dan masih banyak lagi.

 

2. Vitamin B6

Kandungan yang perlu bagi rekomendasi suplemen untuk program hamil yang selanjutnya yaitu ada vitamin B6. Ya, vitamin B6 ini dapat meningkatkan kesuburan kalian dan pasangan karena kadar homosistein di dalam tubuh. Berdasarkan penelitian di dalam Nutrition Journal, menyatakan bahwa, homosistein adalah asam amino yang terdapat pada aliran darah.

Jika kadarnya meningkat, homosistein dapat menyebabkan penyakit jantung dan juga stroke. Sementara itu, kadar homosistein yang tinggi di dalam folikel juga dapat memengaruhi masa subur. Tidak heran bila vitamin B6 ini menjadi salah satu vitamin kesuburan untuk program hamil, terutama untuk wanita.

Kalian bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin B6, atau mengonsumsi makanan yang alami seperti, ikan, hati sapi, kentang, pisang, sayuran hijau, kacang-kacangan dan masih banyak lagi.

 

3. Vitamin B9

Masih dengan vitamin B yang menjadi salah satu kandungan yang perlu bagi rekomendasi suplemen untuk program hamil. Kali ini ada vitamin B9 yang juga disebut dengan folat. Perbedaan antara folat dan asam folat adalah folat merupakan bentuk murni dari B9.

Sementara itu, asam folat merupakan bentuk sintetis dari vitamin B9. Asupan asam folat yang rendah ini nyatanya dapat membuat fase luteal menjadi tidak normal loh KLovers. Fase luteal adalah rentang waktu dari ovulasi menuju awal menstruasi.

Ketika fase luteal lebih pendek dari 10 hari, hal ini disebut sebagai cacat fase luteal. Jika ini terjadi, proses ovulasi jelas akan terganggu sehingga siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Berbagai jenis sayuran mengandung vitamin B9 yang baik untuk promil di antaranya buncis, sayuran hijau gelap, asparagus, dan brokoli.

 

4. Vitamin B12

Dan kandungan yang perlu bagi rekomendasi suplemen untuk program hamil untuk vitamin B yang terakhir yaitu, ada vitamin B12. Ya, dengan mengonsumsi vitamin B12, maka lhp dalam kesuburan juga bisa berpengaruh besar. Vitamin B12 memiliki peran untuk menjaga metabolisme sel tubuh, serta produksi komponen genetik dalam sel telur dan sperma.

Hal ini sangat baik dikonsumsi untuk mereka yang akan melakukan program hamil bagi istri ataupun sang suami. Kalian bisa memilih suplemen ataupun memilih makanan sehat seperti, ikan salmon, susu, fermentasi susu, telur, dan masih banyak lagi.

 

5. Vitamin D

Selain vitamin B, ada pula vitamin lain yang bisa kalian pilih sebagai kandungan yang perlu bagi rekomendasi suplemen untuk program hamil. Ya, salah satunya vitamin D. Fungsi utama dari vitamin D yaitu menjaga kesehatan tulang dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Namun, vitamin D juga termasuk salah satu vitamin kesuburan untuk program hamil atau promil loh KLovers. Bagi wanita yang kekurangan vitamin ini nyatanya lebih berisiko mengalami masalah ovulasi dan meningkatkan risiko endometriosis.

Endometriosis merupakan salah satu penyebab sulit hamil pada sebagian besar wanita. Selain itu, vitamin D ini juga dapat mengembalikan perkembangan folikel pada wanita. Folikel adalah kantung dalam ovarium berisi sel telur yang belum matang.

Saat wanita mendapatkan cukup vitamin D, maka folikel akan lebih mudah melepaskan sel telur yang lebih optimal dan siap dibuahi. Selain mengonsumsi suplemen dengan kandungan vitamin D, kalian juga bisa mendapatkannya secara alami loh KLovers.

Misalnya saja, kalian bisa rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi. Selain itu, kalian juga bisa mengonsumsi makanan sehat dan alami seperti, susu, minyak ikan cod, salmon, tuna, hati sapi, sereal dengan gandum utuh dan masih banyak lagi.

 

6. Vitamin C

Kandungan yang perlu bagi rekomendasi suplemen untuk program hamil yang lainnya ada vitamin C, yang merupakan salah satu vitamin kesuburan untuk program hamil karena kaya akan anti oksidan. Kandungan ini tidak hanya membantu menangkal radikal bebas, tetapi juga meningkatkan kesuburan.

Sementara pada wanita, vitamin C dapat membantu menstabilkan kadar hormon dalam tubuh. Kemudian, kandungan vitamin C juga dapat menguatkan dinding pembuluh darah dan melawan infeksi yang dapat mengganggu proses ovulasi. Semakin baik kualitas sperma pria dan proses ovulasi pada wanita, maka semakin besar pula peluang terjadinya kehamilan.

Ada banyak banget loh makanan yang memiliki kandungan vitamin C tinggi, misalnya saja buah buahan seperti jeruk, mangga, tomat, stroberi, lalu ada kacang polong, dan kentang, paprika, cabai merah, brokoli dan masih banyak lagi.

 

7. Vitamin E

Kandungan yang perlu bagi rekomendasi suplemen untuk program hamil berikutnya ada pula vitamin E, yang juga menjadi salah satu vitamin juga suplemen kesuburan yang disarankan saat melakukan persiapan kehamilan. Manfaat dari vitamin E salah satunya yaitu, membantu menebalkan dinding rahim yang tipis.

Ketebalan dinding rahim yang ideal memang penting bagi pembuahan dan kehamilan. Selain itu, kalian juga bisa mengatasi sindrom ovarium polikistik. Atau sebuah kondisi yang bisa membuat wanita mengalami ketidakseimbangan hormon dan memperlambat proses metabolisme. Sehingga kandungan vitamin satu ini sangat baik dikonsumsi.

Ada banyak sekali makanan alami dan sehat yang bisa menjadi asupan sehat selain mengonsumsi suplemen seperti, alpukat, ubi jalar, sayuran hijau, biji-bijian, kacang almond, kacang tanah, bayam, sayur bit, labu kuning dan masih banyak lagi.

 

8. Asam Folat

Selain dari vitamin, kalian juga bisa memilih kandungan sehat lainnya, salah satunya asam folat. Dilansir dari American Pregnancy Association merekomendasikan wanita di usia subur mengonsumsi 400 mikrogram suplemen atau vitamin asam folat setiap hari untuk program hamil.

Asam folat merupakan vitamin B kompleks yang digunakan oleh tubuh untuk membuat sel darah merah. Setidaknya, asam folat dikonsumsi mulai dari satu bulan sebelum kalian dan pasangan berusaha untuk hamil sehingga dapat mengurangi risiko komplikasi hingga 72%.

Namun, selain suplemen asam folat, kalian juga bisa mengonsumsi makanan yang tinggi akan asam. Ya, ada banyak sekali makanan alami yang mengandung banyak asam folat, misalnya saja bawang, kentang, sayuran hijau, buah sitrus, asparagus, telur, dan masih banyak lagi.

 

9. Zat Besi

Kandungan yang perlu bagi rekomendasi suplemen untuk program hamil yang lainnya yaitu, ada zat besi. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa, wanita yang tidak mendapatkan asupan seperti zat besi yang cukup dapat mengalami anovulasi. Hal ini membuat kualitas sel telur buruk daripada mereka yang memiliki cadangan zat besi yang cukup dalam darahnya.

Kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan telur yang disimpan di indung telur melemah, dan menjadi tidak dapat hidup. Parahnya lagi, jika pembuahan terjadi, anemia membuat sel-sel janin tidak membelah dan tumbuh dengan baik. Sehingga, penting mengonsumsi zat besi untuk promil ataupun sedang mengandung.

Kalian bisa mengonsumsi yang baik dengan kandungan zat besi di dalamnya. Selain itu, kalian juga bisa mengonsumsi makanan sehat dan alami yang banyak mengandung zat besi seperti jagung, alpukat, aprikot, jeruk, kulit kentang, daun bayam, dan masih banyak lagi.

 

10. Kalsium

Dan kandungan yang perlu bagi rekomendasi suplemen untuk program hamil yang terakhir ada kalsium. Ya, kalsium bukan hanya berfungsi untuk tumbuh kembang saja ya KLovers, namun juga bisa menjadi asupan yang baik bagi mereka yang akan melakukan promil.

Bahkan, ahli gizi menganjurkan wanita yang ingin hamil untuk memenuhi asupan kalsium sekitar 1.000 mg sehari atau bahkan lebih. Tak hanya untuk pertumbuhan tulang dan gigi, suplemen penyubur kandungan ini juga diperlukan untuk hati, saraf, dan otot janin yang sehat. Kalsium tidak dapat dihasilkan oleh tubuh sehingga kebutuhannya harus dipenuhi dari luar, yaitu dari makanan dan suplemen.

Sehingga, kita tidak kekurangan kalsium. Ada banyak sekali makanan yang bisa kalian gunakan sebagai asupan harian yang sehat dan alami, seperti ikan salmon, brokoli, tahu, biji wijen, almond, ikan sarden, sayuran hijau, keju, susu dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa kandungan yang perlu bagi rekomendasi suplemen untuk program hamil yang bisa KLovers konsumsi. Namun, ada baiknya KLovers berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter ya, mana yang baik untuk menjadi suplemen bagi tubuh kalian.

 

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI